Friday, May 11, 2018

5 (Lima) Alasan Mengapa ASUS Zenfone Max Pro M1 Disukai Pengguna Smartphone Indonesia

Zenfone Max Pro M1
Pada akhir bulan April yang lalu, ASUS membuat gebrakan dengan merilis smartphone yang sudah ditunggu-tunggu pengguna smartphone Indonesia, yaitu Zenfone Max Pro M1. Zenfone Max Pro M1 merupakan smartphone segala MAX. ASUS dengan berani memberikan motto limitless gaming karena Zenfone Max Pro M1 ini tak akan habis-habisnya bisa digunakan untuk bermain game. Namun tentu bukan itu saja yang menjadi kekuatan ASUS Zenfone Max Pro M1.

Saya sudah mengikuti ASUS beberapa tahun terakhir. Pada awalnya ASUS membuat gebrakan dengan merilis smartphone yang secara spesifikasi bagus, namun dengan harga yang sangat terjangkau. Namun gebrakan tersebut beberapa waktu terakhir kurang terdengar karena hadirnya vendor yang cukup intens merilis smartphone seperti ASUS. Untuk itulah, ASUS kembali ke khittah mereka dengan merilis Zenfone Max Pro M1, di mana secara spesifikasi mengalahkan saingan mereka, namun harganya juga sangat murah. 

Berikut ini saya uraikan alasan mengapa ASUS Zenfone Max Pro M1 yang baru dirilis ASUS akan menjadi smartphone pilihan dan disukai pengguna smartphone Indonesia.

1. Harganya Sangat Murah

Bila dibandingkan dengan smartphone lain di kelas 2 jutaan, ASUS Zenfone Max Pro merupakan smartphone spesifikasi tinggi dengan harga termurah. 

Anda ingin bukti?

Coba cek di online market seperti Lazada, smartphone dengan spesifikasi full view, layar 6 inchi, full HD+, baterai berkekuatan besar dan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 636 dengan harga 2, 3 juta. Pasti tidak akan Anda temukan. Yang akan Anda temukan malah sebaliknya, spesifikasi lebih rendah atau setara dengan harga yang lebih mahal.

Beberapa vendor malah berani menjual smartphone dengan prosesor yang lebih tua, lebih rendah skor AnTuTu-nya dibandingkan Zenfone Max Pro M1 dengan harga sampai dua kali lipat. Sebut saja Xiaomi Redmi Note 5 yang memiliki spesifikasi setara, namun dihargai Rp2.499.000. Demikian juga dengan Huawei Nova 2 Lite, Honor 9 Lite bahkan Samsung A6 dan A6+ yang ditenagai oleh Exynos 7870 dan Snapdragon 450 dijual dengan harga 3,7 juta dan 4,9 juta. Belum lagi Vivo V9 misalnya atau Vivo V7+ atau Oppo. 

Semua vendor di atas tak ada yang bisa mengalahkan harga Zenfone Max Pro M1 yang hanya Rp2.199.000 di flash sale dan Rp2.299.000 setelah flash sale. Dengan harga yang sangat murah ini, konsumen smartphone Indonesia sangat diuntungkan karena bisa memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi, tetapi ramah di kantong.

Faktor harga merupakan faktor yang sangat menentukan pembelian. Jika harga murah, konsumen Indonesia biasanya menyukai smartphone tersebut. Mereka tidak lagi memikirkan hal lain karena harga sudah cocok. Namun di ASUS Zenfone Max Pro M1, harga murah ini diberikan kelebihan lain yang tidak dimiliki banyak vendor lain, yaitu spesifikasi yang lebih baik. Jadi bukan asal murah.

2. Baterai Besar 5000 mAh plus Fast Charging

Salah satu faktor yang juga menentukan keputusan pembelian adalah daya tahan baterai. Pengguna tidak ingin terlalu sering mengecas smartphone karena memakan waktu dan kalau mengecas mereka tidak ingin lama-lama.

ASUS memahami hal ini dengan memberikan Zenfone Max Pro M1 baterai besar berkekuatan 5000 mAh. Dengan baterai besar ini, pengguna tidak perlu khawatir lupa membawa power bank. Cukup isi penuh di pagi hari, Zenfone Max Pro M1 bisa melayani seharian. Baterai besar tersebut juga bisa menghilangkan kekhawatiran saat bermain game, di mana biasanya pengguna khawatir kalau sering atau lama bermain game baterai harus sering dicas. Berdasarkan pengujian, gamer dapat memainkan Mobile Legend hingga 12 jam lamanya dengan Zenfone Max Pro M1.

Dengan motto Limitless Gaming, kini pengguna smartphone Indonesia bisa bermain game sepuasnya. Baterai 5000 mAh Zenfone Max Pro M1 bisa melayani mereka yang suka bermain game lebih lama tanpa khawatir kehabisan baterai. Lebih bagusnya lagi, jika baterai Zenfone Max Pro M1 habis, bisa dicas dengan sangat cepat dengan fast charging.


3. Layar Full HD+ Didukung Cristal Clear 2K Resolution

Beberapa vendor juga bermain di layar full view dengan resolusi 18:9 seperti Zenfone Max Pro M1. Sayangnya cukup jarang yang memiliki kualitas full HD+ crystal clear 2k resolution. Kalaupun ada harganya sudah jauh lebih mahal dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1. Kebanyakan vendor hanya sampai berani di kualitas layar HD+, namun harganya juga setara atau lebih mahal daripada Zenfone Max Pro M1.

Jika layar hanya dapat mendukung resolusi HD, maka tidak ada gunanya memutar video beresolusi 2K atau dengan kualitas tinggi di layar tersebut sebab perangkat hanya memutar ulang konteks pada grafis HD. Inilah sebabnya mengapa Zenfone Max Pro M1 dilengkapi dengan layar layar ultra-slim berukuran 1660x1080, Full HD+ ultra-tipis dengan aspek ration 18:9. Kecerahan layar naik hingga 450 nit, dan memiliki rasio kontras 1500: 1. Sebagian besar ponsel kelas menengah di pasar memiliki layar HD 5,45 inci atau 5,7 inci. Sangat sedikit yang dilengkapi dengan layar beresolusi tinggi seperti Zenfone Max Pro M1.


4. Sistem Operasi Android Pure 8.1

Mungkin bukan hanya saya yang kaget ketika ASUS merilis Zenfone Max Pro M1 tanpa ZenUI yang selama ini menjadi andalan ASUS di setiap smartphone yang mereka rilis. Untuk Zenfone Max Pro M1, ASUS berani memutuskan untuk meninggalkan ZenUI dan beralih ke Android Pure Oreo 8.1 atau android murni tanpa kustomisasi. Ini sebuah kemajuan yang sangat saya senangi karena dari dulu saya jarang sekali menggunakan ZenUI dan memilih menggunakan launcher yang lebih sederhana seperti Pixel Launcher.


OS Android Pure 8.1 ini cepat, sederhana dan cerdas. Perubahan ini juga dibuat berdasarkan pengalaman pengguna, karena seri Zenfone Max ditujukan untuk para gamer, banyak di antaranya lebih menyukai OS Android Pure dengan beberapa penyesuaian fitur. Dari feedback tersebut, ASUS akhirnya memutuskan untuk menggunakan Android Pure untuk merespon keinginan pengguna.

5. Teknologi Dual Camera yang Sedang Trend

ASUS memahami bahwa teknologi dual camera kini tengah populer. Untuk itu, Zenfone Max Pro M1 juga dibekali oleh teknologi dual camera ini. 
 
Dual camera Zenfone Max Pro M1

ZenFone Max Pro M1 menawarkan kamera ganda, di mana kamera kedua berfungsi untuk menghasilkan tingkat kedalaman foto, menghasilkan efek bokeh yang lebih akurat dalam mode potret. Dengan satu lensa berfokus pada gambar jarak dekat dan yang lain pada objek yang jauh, pengguna dapat dengan mudah membuat foto subjek dengan latar belakang yang buram. Mode real-time beauty digabungkan dengan lampu kilat LED Softlight juga menyajikan hasil foto terbaik pengguna saat berselfie atau memotret wajah. 

Dengan lima alasan tersebut di atas, Zenfone Max Pro M1 akan jadi primadona pengguna smartphone Indonesia. Harga murah, spesifikasi tinggi, layar bagus full view full HD+, dua camera dan sistem Android murni akan menarik sangat banyak pengguna smartphone Indonesia. Mereka yang suka bermain game mobile juga sangat diuntungkan karena tak khawatir lagi kehabisan baterai. 

Tertarik untuk membeli ASUS Zenfone Max Pro M1? Anda bisa membelinya di Lazada.

Review Zenfone Max Pro M1 (RAM 4GB/ROM 64GB) Smartphone Gamers Limitless Gaming

Zenfone Max Pro M1 RAM 4GB ROM 64GB Sebagaimana sudah diketahui bahwa ASUS merilis tiga versi Zenfone Max Pro M1 yang fonemenal di pas...