Thursday, August 24, 2017

Samsung Rilis Galaxy Note 8, Dual Camera, Layar Quad HD+ Super AMOLED Infinity Display 6.3 inchi

Samsung Galaxy Note 8
Samsung ingin mengubur dalam-dalam kenangan jelek terhadap Galaxy Note 7. Upaya tersebut sebenarnya sudah dimulai dengan Galaxy S8 dan S8+ yang menjadi smartphone Android paling populer saat ini. Namun tentu pengguna tetap bertanya-tanya apakah seri Galaxy Note akan dilanjutkan atau malah dimatikan karena masalah baterai di Galaxy Note 7. Samsung memutuskan untuk melanjutkan seri Galaxy Note ini dengan merilis seri baru untuk Galaxy Note, yaitu Galaxy Note 8.

Bila ditengok ke belakang, seri Galaxy Note merupakan pelopor smartphone berlayar lebar yang dulu sempat dikenal dengan nama Phablet. Tentu dengan pengalaman dan penjualan yang tidak sedikit, Samsung ingin terus melanjutkan seri ini. Untuk itulah Galaxy Note 8 hadir dengan segala baru, termasuk ukuran layar yang 6,3 inchi.

Layar yang makin lebar ini menunjukkan keinginan Samsung untuk Do Bigger Things with Samsung Galaxy Note8, the Next Level Note.

Dalam peluncurannya semalam, DJ Koh, president of Mobile Communications Business, Samsung Electronics mengatakan bahwa Samsung mengapresiasi antusiasme dari komunitas Note yang sangat bersemangat. Menurut Koh, Mereka terus menjadi inspirasi bagi Samsung dan Galaxy Note 8 adalah produk Note yang diancang Samsung untuk mereka.

Pertanyaannya apa saja yang ditawarkan Galaxy Note 8 ini untuk komunitas atau pengguna Galaxy Note yang setia? 

1. Infinity Display

Konsep Infinity Display tentu kini bukan asing lagi setelah pertama kali diperkenalkan Samsung pada Galaxy S 8 dan S8+. Galaxy Note8 memiliki layar terbesar di antara Note lainnya. Hal ini membuatnya nyaman dalam genggaman satu tangan. 

Dengan layar berkualitas Quad HD+ Super AMOLED Infinity Display sebesar 6.3 inci, pengguna dapat melihat lebih banyak tanpa perlu banyak melakukan scrolling yang bikin capek. Galaxy Note8 memberikan ruang yang lebih luas bagi pengguna untuk menonton, membaca dan menulis, menjadikannya sebuah smartphone termutakhir untuk multitasking.

Galaxy Note8 kini hadir dengan fitur baru App Pair yang dapat memberikan pengguna kemampuan untuk membuat sejumlah pasangan aplikasi di Edge panel. Secara bersamaan, kedua aplikasi tersebut dapat dijalankan dengan mudah, seperti menonton video sambil mengetik pesan, atau melakukan conference call sambil membuka nomor kontak dan agenda.

Layar Galaxy Note 8 berukuran 6,3 inchi
Infinity Display

2. S Pen yang Ditingkatkan Kemampuannya

Pada Galaxy Note8, peningkatan kemampuan S Pen membuka cara baru untuk menulis, menggambar dan berinteraksi  dengan smartphone maupun berkomunikasi dengan teman. 

S Pen hadir dengan ujung yang lebih tipis, peningkatan pada sensitivitas tekanan, dan berbagai fitur baru lainnya. Dengan SPen baru ini pengguna dapat mengekspresikan diri dalam berbagai cara yang tidak dapat diberikan oleh stylus atau smartphone lain. Misalnya, Live Message membantu mengungkapkan uniknya kepribadian pengguna dan bercerita dengan ekspresif. 

Dengan Galaxy Note8, sekarang pengguna dapat berbagi animasi teks atau gambar melalui berbagai platform yang mendukung format GIFs (AGIF). Hal ini menjadi suatu cara baru untuk berkomunikasi dengan S Pen dalam menghidupkan pesan pengguna dengan interaksi yang lebih hidup serta emosional.

Always On Display akan memberitahu pengguna Galaxy notifikasi terbaru tanpa membuka kunci smartphone. Terlebih lagi dari Galaxy Note 8, Screen off memo akan memberikan lebih banyak ruang bagi pengguna ruang pencatatan hingga 100 halaman. 

Seketika S Pen dilepaskan, proses pencatatan maupun edit sudah dapat dilakukan di Always On Display. Bagi pengguna yang aktif bepergian ke luar negeri atau ketika surfing ke situs web berbahasa asing, fitur S Pen Translate yang ditingkatkan akan membantu menerjemahkan, tak hanya kata per kata namun satu kalimat secara keseluruhan, hingga 71 bahasa. Selain itu S Pen juga dapat mengkonversi secara langsung satuan hitung beserta mata uang asing dengan cepat, semua hanya dengan mengarahkan S Pen di atas teks yang ditargetkan.


Galaxy Note 8
3. Dual Camera

Kamera merupakan pertimbangan penting saat membeli smartphone, terutama untuk seri flagship seperti Ga;axy Note. Samsung sangat memahami hal ini dan menyesuaikannya dengan trend yang ada saat ini, yaitu dual camera. Galaxy Note8 dilengkapi dua kamera belakang 12MP, dengan Optical Image Stabilization (OIS) pada lensa wide-angle dan lensa telephoto. 

OIS akan memberikan jaminan hasil foto yang lebih tajam. Untuk proses pengambilan gambar yang lebih canggih, fitur Live Focus dari Galaxy Note8 dapat mengatur kedalaman ruang foto. Fitur ini memberikan pengguna kemampuan untuk mengatur efek ‘bokeh’ dalam preview mode, maupun setelah foto diambil.

Dalam mode Dual Capture, kedua kamera belakang dapat mengambil gambar sekaligus dan menghasilkan dua gambar, lalu pengguna dapat menyimpan kedua gambar tersebut; satu foto closeup dari lensa telephoto dan satu foto sudut lebar yang memperlihatkan seluruh latar belakang foto dengan lensa wide-angle.

Lensa wide-angle mempunyai sensor Dual Pixel dengan rapid Auto Focus, jadi pengguna dapat menangkap gambar yang lebih tajam dan lebih jernih bahkan dengan pencahayaan minim. Melengkapi kemampuan kameranya, Galaxy Note8 mempunyai kamera depan Smart Auto Focus berukuran 8MP untuk selfie dan video chat yang lebih tajam.

Selain fitur tersebut di atas Galaxy Note 8 juga menghadirkan fitur Galaxy yang sudah ada sebelumnya, pertama Tahan Air dan Debu (IP684) yang ada pada smartphone dan S Pen. Pengguna bahkan dapat menulis ketika layar basah.

Kedua Pengisian Daya Nirkabel, Galaxy Note8 mendukung kemampuan wireless charging terkini, sehingga pengguna dapat melakukan pengisian daya dengan cepat dan mudah.

Ketiga, Keamanan: Galaxy Note8 menawarkan pilihan otentikasi biometrik—termasuk pemindai iris mata dan sidik jari. Samsung Knox6 menyedikan keamanan defensegrade pada hardware dan software. Melalui Secure Folder, pengguna bisa memisahkan data profesional dari data pribadi.

Keempat, Performa Tangguh dengan RAM 6GB, prosesor 10nm, serta memori yang bisa ditambah hingga 256GB.

Kelima Samsung DeX yang memberikan pengalaman desktop, hanya dengan menggunakan smartphone. Pengguna dapat menyimpan dokumen di perangkat smartphone, mengerjakan pekerjaan, dan menggunakan Samsung DeX apabila membutuhkan layar yang lebih besar. Galaxy Note8 juga
dilengkapi fitur Bixby.

Galaxy Note8 akan tersedia pada pertengahan September, dengan opsi warna Midnight Black, Orchid Grey, Maple Gold dan Deepsea Blue.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Note 8 dapat dilihat di sini. Sayangnya untuk Indonesia, Samsung belum mengungkapkan berapa harga Samsung Galaxy Note 8 ini.

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...