Friday, April 14, 2017

Review DelCell Power Bank Note Polymer Battery Real Capacity 10500 mAh

DelCell Power Bank Note
Saat ini, kebutuhan terhadap power bank sepertinya hampir sama dengan kebutuhan perangkat seperti smartphone. Setiap pengguna yang membeli smartphone, bisa dipastikan akan membeli power bank, bukan karena tidak percaya terhadap daya tahan baterai smartphone tersebut, tetapi lebih kepada usaha berjaga dari ketiadaan daya pada satu kondisi tertentu.

Tentu saja sangat banyak produsen yang menawarkan berbagai macam power bank. Saya sendiri telah mencoba berbagai mereka Power Bank, di antaranya ASUS, Samsung, dan Xiaomi. Bisa dikatakan semua power bank yang tersebut mampu memenuhi kebutuhan daya, namun harganya bisa dikatakan agak kurang bersahabat.

Oleh karena itu saya mencoba membeli power bank murah (terutama saat promo) hanya Rp130.000 untuk daya sebesar 10.500 mAh, yaitu DelCell. Pengalaman menggunakan power bank DelCell yang mengklaim real capacity ini saya uraikan berikut ini.

Spesifikasi

Spesifikasi DelCell Power Bank Note Polymer Battery Real Capacity, 10.500 mAh

Kapasitas: 10.500mAh Real Capacity
Input : DC 5 V - 1A
Output : DC 5V - 2.1A
Dimensi : 15 x 8 x 1 cm
1 Tahun Garansi

Bila dilihat dari sisi spesifikasi bisa dikatakan tidak ada yang istimewa. Masukan sebesar 1A membuat DelCell ini sukup lama untuk diisi, sementara keluarannya sebesar 2,1A membuat proses pengisian berlangsung cukup cepat. DelCell menyediakan kabel built-in Micro USB yang digunakan untuk melakukan pengecasan perangkat. Kabelnya sangat pendek jadi ketika mengisi perangkat harus sangat dekat dengan power bank.

Kabel built-in Micro USB tersebut hanya bisa berfungsi jika perangkat memiliki colokan untuk micro USB. Sementara sekarang sudah cukup banyak yang meninggalkan micro USB dan beralih ke USB Type C. Untuk mengatasinya DelCell punya colokan sehingga kabel USB Type C yang untuk perangkat dipasangkan ke colokan ini kemudian disambungkan ke perangkat. 

Selain itu, DellCell ini memiliki teknologi cut off. Ini sangat membantu ketika melakukan pengisian karena pengisian akan otomatis berhenti jika perangkat telah penuh diisi.

Desain

Dilihat dari desain, DelCell berupa persegi panjang yang cukup tebal dan berat. Bila Anda pernah melihat bentuk smartphone dengan layar lebih besar dari 5 inchi, bentuk DelCell mirip dengan smartphone tersebut. Bedanya hanya karena tidak punya layar. Desain kemasan juga seadanya, hanya berupa boks tipis yang tidak begitu menarik untuk dilihat.  

Foto DellCell dapat dilihat sebagai berikut.

Kabel Micro USB untuk mengisi
perangkat

Spesifikasi DellCell Power Bank
Note 10.500 mAh

Bila melakukan pengecasan
lampu indikator akan menyala

Kinerja

Saya membeli DelCell Power Bank Note 10.500 mAh ini di Lazada dengan harga Rp129.000,00. Menurut saya harga tersebut cukup murah untuk sebuah power bank dengan daya 10.500 mAh yang menjanjikan real capacity. 

Setelah dikirimkan, hal pertama yang dilakukan adalah mengisi baterai power bank DelCell ini. Ketika akan melakukan pengisian lampu indikator isi DelCell menunjukan setengah. Jadi ada sekitar 50% daya yang tersedia ketika pertama kali dibeli, namun saya memutuskan untuk tetap melakukan pengecasan.

DelCell diisi hingga penuh dan tidak kurang dari 6 jam lamanya. Saya sengaja membiarkan tetap diisi walaupun indikator telah menunjukkan penuh. Setelah diisi selama 6 jam barulah kemudian saya gunakan untuk membuktikan klaim real capacity tersebut.

Ternyat klaim real capacity tersebut benar adanya. Saya bisa mengisi ulang baterai Zenfone 3 yang memiliki kapasitas baterai sebesar 2.650 mAh sebanyak tiga kali plus baterai modem XL Go 1.500 mAh satu kali. Setelah itu indikator baterai power bank DelCell menunjukkan masih tersisa satu lampu. Tentu saja kondisi baterai perangkat yang diisi tidak kosong sama sekali ada sekitar 10-15% baterai tersisa. 

Saya rasa DellCell Power Bank Note Polymer Battery Real Capacity merupakan pilihan yang cukup murah untuk daya sebesar 10.500 mAh. Sering sekali power bank mengklaim real capacity, ternyata setelah mengisi satu kali dan hanya satu perangkat, dayanya langsung habis. Di DelCell Power Bank Note hal ini tidak terjadi. Indikator baterai akan berkurang atau bahkan tidak berkurang bila hanya mengisi perangkat dengan kapasitas baterai 1.500 mAh seperti modem. 

Setelah menggunakan power bank DelCell ini selama 2 bulan, power bank ini menunjukkan kinerja yang stabil dan belum terlihat bermasalah, misalnya daya berkurang jauh setelah mengisi saru perangkat dari kondisi power bank penuh.

Dari pengalaman menggunakan saya merekomendasikan DelCell Power Bank Note Polymer untuk dibeli. Hal ini karena harganya murah dan klaim real capacity tersebut benar adanya. Meskipun proses pengisian agak lama, saya rasa tidak masalah karena bisa diisi sewaktu akan tidur dan di pagi harinya sudah terisi penuh kembali.

Review DelCell Power Bank Note Polymer Battery Real Capacity 10500 mAh

DelCell Power Bank Note Saat ini, kebutuhan terhadap power bank sepertinya hampir sama dengan kebutuhan perangkat seperti smartphone. S...