Tuesday, March 7, 2017

Review Andromax B: Smartphone 4G LTE Supermurah Smartfren

Pernah punya Andromax A atau seri Andromax murah lainnya dari Smartfren? Jangan khawatir Anda kekurangan pasokan smartphone 4G LTE murah dari Smartfren karena beberapa waktu yang lalu, Smartfren lagi-lagi merilis smartphone 4G LTE supermurah, yaitu Andromax B. Sebagaimana biasa, Andromax B ini ditujukan untuk entry level. Namun bagaimana kinerjanya? 
Berikut ini pengalaman saya menggunakan Andromax B. Dengan harga sekitar 800 ribuan, Andromax B ini seperti pendahulunya, Andromax A murah dan menawarkan koneksi 4G LTE Smartfren yang menjanjikan kecepatan dan kestabilan.

What's In The Box

1. Smartphone Andromax B 4G LTE Advanced
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. SIM Smartfren 4G LTE

Smartfren selalu mengandalkan boks warna merah menyala. Desain boks ini sangat konvensional dan mungkin terlalu besar untuk smartphone dengan layar hanya 4,5 inchi. Namun demikian, Smartfren tentu punya alasan tersendiri dengan tetap menghadirkan boks konvensional tersebut.

Di dalam boks warna merah menyala, pembeli memperoleh Andromax B, buku panduan, kartu garansi, charger dan kabel data serta SIM Smartfren yang sudah terpasang, tetapi belum diaktifkan sehingga ketika membeli, pembeli harus langsung mengaktifkan SIM tersebut di Smartfren.

Desain dan Hardware

Tentu tidak banyak hal dari sisi desain yang diharapkan dari sebuah smartphone 4G LTE murah seperti Andromax B. Namun bukan berarti Andromax B ini tidak menarik. Andromax B ini cukup menarik, lumayan tipis dan penutup bagian belakangnya keren. 

Spesifikasi Andromax B
OS: Android 6 Marshmallow
UIM/SIM Slot: Dual On Active 4G LTE FDD-TDD+EDGE
Network 4G LTE Advanced dan GSM
Processor Snapdragon 210 Quad Core 1.1 GHz Processor Cortex A7
GPU: Adreno 304
Internal: 8GB ROM + 1GB RAM
Storage: Micro-SDHC up to 32 GB
Battery: 1950 mAh with Smart Optimizer

Bila dilihat dari spesifikasi di atas, Andromax B ini tidak berbeda jauh dengan Andromax A yang dirilis Smartfren tahun lalu. Perbedaan yang cukup signifikan adalah layar IPS yang ada di Andromax B dan sistem operasi yang sudah Android 6, Marshmallow. 

Penempatan tombol-tombol di Andromax B juga tidak berbeda dari Andromax A. Posisi port charger berada di sisi kiri ponsel (tidak di bawah seperti biasanya). Sementara posisi tombol ON/OFF dan volume segaris di sisi kanan. Andromax A sepenuhnya berbahan plastik. Baik Andromax B maupun Andromax A dibuat oleh Haier.

Berikut ini foto dari Andromax B:

Andromax B dengan VoLTE
Gratis Internet 4G Setahun

Bagian belakang Andromax B

Tombol ON/OFF dan Volume

Port headphone

Port untuk mengisi baterai
Secara keseluruhan Andromax B mengalami peningkatan dari sisi OS Android dan layar IPS dibandingkan dengan Andromax A. Sisi prosesor tidak mengalami peningkatan dan layar tetap 4,5 inchi. Namun untuk sebuah smartphone 4G LTE murah spesifikasi yang dihadirkan oleh Andromax B ini sudah lebih dari cukup. 

Kinerja Andromax B

Berbicara soal kinerja, Andromax B tidak menjanjikan kinerja wah layaknya smartphone di atas kelasnya. Andromax B ini dengan berbagai keterbatasan dari sisi spesifikasi masih sangat bagus untuk melakukan berbagai kegiatan dasar pengguna smartphone seperti menelpon, chatting via WhatsApp (aplikasi chatting lainnya), mengirim dan menerima email, mengambil foto dan video, SMS, layanan GPS seperti Google Maps dan lainnya. Tentu saja dengan RAM yang hanya 1GB terdapat jeda bila Anda mengklik suatu aplikasi dengan eksekusi tugas yang dilakukan oleh Andromax B. Namun sejauh penggunaan yang saya lakukan hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja secara keseluruhan.

Pengguna juga dapat menggunakan Andromax B ini untuk bermedia sosial. Saya sendiri selama menggunakan Andromax B ini menggunakannya untuk Twitter, Path dan Google Plus. 

Bermain game di Andromax B tetap bisa dilakukan, namun tentu game yang tak menuntut grafis tinggi atau kinerja tinggi dari prosesor. Game seperti My Tom, Subway Surfer dapat dijalakan dengan lancar meskipun terdapat satu dua kali jeda/lag bila mengeksekusi tugas selama bermain game.

Game lainpun selama tidak menuntut kinerja tinggi tetap bisa dimainkan, namun tentu terbatas mengingat ROM hanya 8GB sehingga Anda perlu segera membeli memori tambahan untuk tetap bisa mendownload dan memainkan game tersebut.

Dari sisi layar, layar IPS yang ditawarkan oleh Andromax B ini tentu lebih baik daripada layar Andromax A. Namun demikian, untuk dapat melihat objek dengan jelas saya mengatur kecerahannya ke maksimum sehingga hal ini berpengaruh kepada kinerja baterai. Layar seluas 4,5 inchi ini sebenarnya lebih dari cukup untuk sebuah smartphone (Ingat iPhone 4 hingga 5S hanya 4 inchi), namun tentu bagi Anda yang terbiasa layar minimal 5 inchi akan terasa kecil.

Seperti halnya Andromax A, Smartfren memberikan fitur SVI, Sunlight Visibility Improvement sehingga menatap layar di bawah cahaya matahari tetap terasa nyaman. 

Tidak berbeda dengan yang saya sarankan untuk Andromax A, fungsi-fungsi dasar smartphone seperti GPS berjalan normal, calling, kirim SMS dan fungsi sebagai modem juga bekerja dengan baik. Untuk sebuah smartphone 4G LTE dengan harga hanya Rp849.000 saya  menyarankan Andromax B ini. Smartphone ini meskipun sangat murah tetap bisa diandalkan untuk melakukan berbagai tugas dan bisa berfungsi sebagai ponsel kedua yang baik.

Kinerja Kamera Andromax B

Smartfren memberikan kamera deoan dan belakang berkekuatan 5 megapiksel untuk Andromax B ini. Fokus saya tetap pada kamera belakang dan saya kira hasilnya tidak berbeda dengan Andromax A. Kamera Andromax B ini bisa diandalkan untuk menangkap objek dengan jelas. Untuk sebuah smartphone murah 4G LTE kemampuan kamera Andromax B ini sudah cukup baik.

Berikut ini beberapa foto yang saya ambil dengan Andromax B:






Saya ras foto yang diambil dengan kamera belakang Andromax B ini sudah sangat cukup untuk sebuah smartphone 4G LTE murah. Objek dapat ditangkap dengan jelas tidak blurry dan cukup detail. Tentu saja bila Anda membandingkannya dengan smartphone yang berada di atas Andromax B akan jauh berbeda. Andromax B ini ditujukan untuk entry level dan foto yang dihasilkan sudah cukup dan memenuhi kualitas entry level tersebut.

Kinerja Baterai Andromax B

Andromax B memiliki baterai sebesar 1.950 mAh. Daya baterai Andromax B ini sama besarnya dengan Andromax A sehingga kinerjanya juga tidak jauh berbeda. Dalam penggunaan normal, baterai Andromax B ini bisa bertahan sekitar 3-4 jam terus-menerus. Namun jika Anda hanya menggunakannya sesekali bisa lebih dari jumlah tersebut.  


Kinerja Koneksi 4G LTE Advanced Smartfren

Bila Anda membeli seri Andromax dari Smartfren hal yang harus Anda pahami adalah bahwa Anda hanya bisa memiliki koneksi 4G LTE dari Smartfren. Hal ini memiliki konsekuensi, tidak hanya kepada pengguna, tetapi juga kepada Smartfren sendiri agar memastikan koneksi 4G LTE mereka merata, kencang dan stabil.

Saya sudah sejak awal Smartfren merilis koneksi 4G LTE menggunakan seria Andromax mereka. Bahkan dulu sejak Smartfren masih berupa operator CDMA saya sudah menggunakannya. Tentu saja terdapat peningkatan yang sangat signifikan dari operator CDMA ke operator 4G LTE.

Selama penggunaan berbagai jenis seri Andromax saya mengalami pasang surut kecepatan koneksi 4G LTE Smartfren. Namun demikian koneksi 4G LTE mereka di sekitar wilayah Bogor bisa dikatakan cukup merata dan stabil. Soal kecepatan mungkin masih bisa diterima karena Smartfren tampaknya lebih mengejar kepada pemerataan koneksi 4G LTE di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk Andromax B ini saya menguji kecepatan koneksi 4G LTE Smartfren di berbagai tempat di Bogor. Rata-rata kecepatan tertinggi mencapai 14 Mbps. Kecepatan sebesar ini sudah sangat baik, apalagi jika sebarannya sangat merata. Berikut ini dua screenshot hasil uji kecepatan Smartfren 4G LTE dengan menggunakan Andromax B.



Bila wilayah Anda sudah di-cover koneksi 4G LTE Smartfren, Andromax B ini merupakan pilihan bagus dan murah untuk berselancar di jaringan 4G. Perlu juga Anda ketahui bahwa Smartfren memberikan paket murah untuk Andromax B, yaitu dengan hanya mengisi pulsa sebanyak Rp60.000,00 setiap bulan, Anda bisa menikmati internet gratis sebesar 30GB selama setahun. Itu artinya sekitar 2GB lebih setiap bulan gratis diberikan oleh Smartfren. Saya rasa dengan paket tersebut memiliki Andromax B ini semakin menarik.

Kesimpulan

Andromax B ini memiliki peningkatan dari Andromax A. Beberapa hal yang bisa membuat Andromax B ini menjadi pilihan adalah sebagai berikut.

1. Murah, hanya Rp849.000,00.
2. Bundling paket internet gratis setahun dengan isi pulsa Rp60.000,00 per bulan.
3. Kinerja tidak mengecewakan, cukup bisa diandalkan untuk berbagai tugas dasar dan media sosial.

Demikian review Andromax B, Smartphone 4G LTE supermurah dari Smartfren. Semoga bisa membantu keputusan pembelian Anda.

BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...