Wednesday, July 20, 2016

Kini Siapapun Bisa Menjadi Verified User Twitter

Verified User Icon
Centang biru, tanda verified user di Twitter sangat menarik. Saya terkadang bermimpi ingin punya centang biru tersebut. Intinya saya ingin seperti pesohor lainnya, memiliki identitas asli di Twitter sehingga makin berhati-hati berinteraksi di sana. Namun tampaknya verified user tersebut hanya untuk para pesohor semacam selebritis, seperti artis, pemain film, penulis/wartawan terkenal, musisi dan politikus serta pejabat negara.

Dari beberapa pengamatan terhadap akun verified user di Twitter memang tidak mensyaratkan jumlah minimum follower. Ini artinya penekanannya pada orang atau bisnis yang mengaku memiliki akun tersebut. Nah tentunya hal ini cukup bagus bagi interaksi di Twitter karena bisa meminimalisasi penyalahgunaan yang selama ini menjadi bisul yang tak kunjung sembuh di Twitter.

Kita banyak melihat pengguna yang anonim atau setengah anonim menyebarkan kebencian, hate speech, berita hoax dan pertengkaran yang tidak berkesudahan. Di Indonesia lebih lagi dari itu, pernah karena "berkelahi" di Twitter menjadi benar-benar berkelahi di dunia nyata. Ini sesuatu yang sangat tidak lucu karena pada dasarnya media sosial seperti Twitter dibuat untuk sharing dan saling terhubung.

Tentu harus ada upaya agar interaksi di Twitter bisa berjalan dengan baik. Untunglah Twitter cukup memahami hal ini dengan merilis verified user untuk siapa saja. Ini artinya centang biru tersebut tidak lagi hanya diperuntukkan bagi sebagian pengguna yang selama ini memiliki level ketenaran tertentu seperti artis atau selebritis, tetapi juga pengguna biasa yang mau memverifikasi akun mereka.

Demikianlah pagi ini saya mencoba untuk memverifikasi akun Twitter (@InsideErick) saya. Untuk melakukannya harus melalui beberapa tahap seperti screen shot berikut ini.




Sebelum melakukan verifikasi akun, pengguna Twitter terlebih dahulu harus memperbaiki akun mereka dan melengkapi beberapa hal. Pertama nama akun harus sesuai dengan nama asli atau nama panggung. Untuk kelancaran sepertinya lebih baik menggunakan nama asli. 

Kedua adalah menambahkan tanggal lahir dan nomor ponsel. Nantinya nomor ponsel tersebut akan diverifikasi terlebih dahulu dengan memasukkan kode yang dikirimkan Twitter. Jika pengguna tidak memasukkan nomor ponsel akan terlihat seperti ini.




Setelah semua persiapan dilakukan, kini tinggal ke langkah selanjutnya, seperti berikut ini. 


Setelah klik NEXT, pengguna diharuskan mengisi form isian yang cukup banyak dan mengupload foto identitas pribadi. Saya berhenti pada langkah kedua ini karena beberapa syarat yang tidak bisa saya penuhi, yaitu confirmed email address yang biasanya tidak membolehkan email seperti  GMail, tetapi email pribadi seperti anu@anu.com. 

Hal kedua yang tidak bisa saya penuhi adalah syarat situs, minimal dua situs, mungkin satu situs pribadi yang dikelola sendiri dan yang kedua situs lain yang merupakan bagian dari kegiatan sehari-hari untuk diverifikasi. Sayangnya saya cuma punya satu situs berupa blog pribadi dan tempat nge-blog yang lain memakai nama alias.

Namun demikian saya tetap berminat untuk memverifikasi akun di Twitter. Beberapa waktu ke depan saya akan mempersiapkan situs lain atas nama sendiri dan syarat lain yang diperlukan agar bisa diverifikasi dengan mudah oleh Twitter.

Saya rasa ini langkah sangat bagus yang ditempuh Twitter. Pengguna dengan centang biru semua tweet-nya publik (jadi tidak bisa dikunci) sehingga kehati-hatian dalam melakukan tweet sangat penting karena akan lebih mudah bagi Twitter untuk memantaunya. Dengan upload ID ke Twitter, saya rasa akan lebih mudah dalam pengawasan sehingga mereka yang centang biru akan selalu berhati-hati sehingga interaksi lebih nyaman.

Namun bagi sebagian besar pengguna Twitter yang memang dari "sananya" ingin melakukan sesuatu di Twitter, fitur verified user ini bukan sesuatu yang perlu diikuti. Saya rasa meskipun sudah dibuka lebar-lebar untuk publik, mungkin hanya sebagian kecil pengguna saja yang akan memverifikasi akun mereka karena berbagai alasan seperti syarat yang dirasa terlalu berat atau ketidakinginan untuk tampil sesuai dengan identitas diri.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi verified user yuk lakukan verifikasi!


Update: Meskipun dibuka untuk umum, bukan berarti proses verifikasi akun akan mudah. Dibukanya verifikasi akun untuk publik ini lebih kepada membuka peluang bagi pengguna Twitter yang bagus dan bermanfaat banyak bagi publik namun belum terjaring oleh Twitter. Sebagaimana diketahui, pengguna aktif Twitter per bulan lebih dari 300 juta, namun verified user hanya sekitar 187.000.

Thursday, July 14, 2016

8 Alat Penting untuk Hunting Pokemon Go

Pokemon Go
What a hell Pokemen Go! Game yang baru berumur beberapa hari ini sudah membuat gila banyak orang. Di mana-mana pemain Pokemon Go berkumpul, bergerombol untuk menangkap karakter yang dihadirkan di game yang berbasis Augmented Reality tersebut.

Banyak tempat yang menolak pemain Pokemon Go untuk datang menangkap karakter yang menggemaskan di Pokemen Go, namun tentu lebih banyak lagi tempat-tempat yang bersedia bahkan memberikan promo agar pemain Pokemon Go mau datang dan menangkap Pokemon di tempat mereka. Game ini adalah kegilaan berikutnya setelah kegilaan Flappy Bird yang hadir beberapa waktu yang lalu.

Pertanyaannya, apakah anda sudah menangkap Pokemon pertama Anda? Apakah sulit atau mudah? Nah agar lebih mudah menangkap Pokemon Go ada beberapa tools yang harus Anda miliki. Beberapa tools ini mutlak ada dan beberapa lebih kepada asesoris yang membuat Anda cukup keren ketika berburu Pokemon.

1. Data Plan 

Bagaimana mau menangkap Pokemon jika Anda data punya data plan? Kepemilikan paket data adalah hal yang mutlak. Khusus untuk berbuburu Pokemon Go, usahakan data plan Anda cukup besar agar Anda tak terhenti berburu pokemon hanya gara-gara paket data habis. 

Tentu juga dengan kemajuan koneksi saat ini, paket data 4G LTE rasanya lebih bagus karena kedepatannya lebih baik. Dengan koneksi yang lancar Anda akan lebih mudah berburu Pokemon. Beberapa data plan berbagai operator di Indonesia dapat dilihat berikut ini.

3. XL

2. Baterai, Baterai Cadangan, dan Power Bank

Oleh karena game Pokemon Go berbasis lokasi sehingga memerlukan GPS dan penggunaan kamera secara simultan, hal ini membuat baterai lebih cepat terkuras. Untuk itu, sebelum berburu Pokemon ada baiknya baterai diisi penuh. Selain itu persiapkan juga baterai cadangan dan power bank.

Sebagaimana data plan, baterai yang terisi penuh juga hal yang mutlak. Baterai cadangan dan power bank bisa jadi asesoris tambahan. Bayangkan saja jika Anda dalam berburu Pokemon tidak bisa menemukan colokan listrik sehingga hal ini harus diantisipasi dengan baik sebelumnya.

3. Air Minum

Air Minum
Berburu Pokemon Go mengharuskan Anda menjelajahi beberapa tempat yang mungkin jauh dari kondisi ideal, misalnya ketersediaan air minum atau bilamana Anda haus tentu sangat repot jika Anda harus menghentikan perburuan karena perlu membeli minum terlebih dahulu. 

Untuk mencegahnya, Anda harus membawa air minum, entah itu air minum dalam kemasan atau air dalam botol yang dipersiapkan dari rumah. Hal ini penting untuk menghindari Anda dari dehidrasi. Perjalanan yang mungkin saja sangat jauh membuat Anda kehilangan banyak cairan sehingga perlu disiasati dengan membawa air minum yang cukup. Akan tidak lucu nantinya Anda mengalami dehidrasi karena berburu Pokemon!

4. Pelindung Sinar Matahari

Perlu juga dipersiapkan lotion pelindung sinar matahari sehingga menghindari Anda dari teriknya sinar matahari yang membakar kulit selagi berburu Pokemon. Alat ini bisa menjadi asesoris tambahan yang sangat bagus untuk melindungi kulit saat berburu Pokemon.

5. Tas yang Lega

Oleh karena berburu Pokemon tidak hanya di satu tempat, Anda harus membawa tas yang cukup lega untuk diisi dengan cemilan, air minum, power bank, baterai cadangan dan banyak lainnya. Tas kecil membuat persediaan yang dibawa menjadi terbatas.

6. Cemilan

Wafer, biskuit, permen dan banyak jenis cemilan lainnya perlu juga dibawa. Barang-barang ini penting untuk menunda lapar dan mampu membuat Anda bersosialisasi dengan mudah dengan pemain Pokemon lainnya ketika bertemu di Poke Stop. Saya tidak menyarakan Anda membawa rokok, karena rokok jelek bagi kesehatan!

7. Pepper Spray
Pepper Spray

Meskipun bergembira ria berburu Pokemon, segi keamanan tidak boleh Anda abaikan. Namun Anda tidak perlu membawa senjata tajam atau pistol, cukup pepper spray yang sangat ampuh untuk menghindarkan Anda dari penjahat atau gerombolan iseng lainnya. Pepper Spray sangat dianjurkan bagi pemain Pokemon perempuan, namun bukan berarti pemain pria tidak membutuhkannya.

8. Kondom

Ini Accidentally. Banyak orang tidak bisa menyangka apa yang akan terjadi bila mereka bertemu dengan orang lain pertama kali. Ketika bertemu seseorang di Poke Stop hal yang di luar dugaan bisa saja terjadi. Nah Anda harus bersiap. 

Demikian 8 alat yang perlu yang Anda persiapkan sebelum berburu Pokemon. Selamat berburu!

Monday, July 11, 2016

Review: Andromax A, Smartphone 4G LTE Advanced Harga 600 Ribuan

Andromax A
Pernah membayangkan sebuah smartphone 4G LTE Advanced yang harganya sangat murah bahkan jauh lebih murah dibandingkan smartphone 3G HSDPA? Itu belum seberapa. Pernah membayangkan harga smartphone 4G LTE Advanced yang setara harga modem? 

Kini ada Andromax A dari Smartfren. Andromax A hanya seharga Rp649.000 atau sekitar US $50 saja. Bagaimana kemampuan Andromax A ini? Berikut ini review  Andromax A.

What's In The Box

1. Smartphone Andromax A 4G LTE Advanced
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. SIM Smartfren 4G LTE
1. Paket Bonus Data 2GB  + 6GB (malam) selama satu minggu

Seperti biasa, boks smartphone dari Smartfren berwarna merah menyala. Kalau dilihat dari ukuran boks, boks ini mungkin terlalu besar untuk perangkat kecil dengan ukuran 4,5 inchi. Di dalam boks terdapat Andromax A, buku panduan, kartu garansi dan lainnya. Seperti biasa, setiap membeli Andromax Smartfren disediakan data gratis yang cukup besar untuk seminggu, yaitu 2GB plus 6GB. Ini salah satu keunggulan membeli perangkat Andromax dibandingkan dengan perangkat lainnya karena harga data kini terutama data 4G tidaklah murah.

Desain dan Hardware

Dari sisi desain, tidak ada yang istimewa dari Andromax A. Perangkat dengan harga sangat murah sangat wajar tidak memperhitungkan nilai ketipisan, berat dan segi estetik lainnya dari perangkat. Namun ini bukan berarti Andromax A ini perangkat yang jelek. 

Bagian belakang atau back cover Andromax A ini cukup tebal dan kuat meskipun berbahan plastik. Namun demikian sangat mudah dibuka meskipun hampir menutupi keseluhan bagian belakang ponsel.

Posisi port charger berada di sisi kiri ponsel (tidak di bawah seperti biasanya). Sementara posisi tombol ON/OFF dan volume segaris di sisi kanan. Andromax A sepenuhnya berbahan plastik. Bagian belakang yang agak kasar  sangat menguntungkan ketika menggenggam ponsel sehingga grip sangat baik. Berikut foto Andromax A.








Dari sisi hardware, Andromax A memberikan hardware yang cukup bagus. Hal ini dibuktikan oleh spesifikasi Andromax A yang menggunakan processor Snapdragon 210 Quad Core 1.1GHz Cortex A7, GPU Adreno 304, Internal Memory 8GB ROM + 1 GB RAM dan Batere 1.950 mAh. 

Snapdragon 210 1,1 GHz sudah sangat mampu melakukan tugas-tugas multitasking seperti membuka email, media sosial, chatting, ambil foto dan beberapa tugas sederhana lainnya. Meskipun ketika membuka kamera dan pada saat setelah mengambil foto terdapat jeda, jeda ini tidak menganggu. 

Kinerja

Untuk tugas-tugas sederhana Andromax A ini sangat bisa diandalkan. Selama menggunakan Andromax A ini saya dapat memeriksa dan mengirim email, chatting, bersosial media dan mengambil foto. Tentu ada keterbatasan untuk memainkan game berat sehingga saya tidak memaksakan untuk memainkan game yang menguras banyak ROM dan RAM ponsel. Namun demikian game kesukaan saya seperti Subway surfer bisa dimainkan. Keuntungan lainnya adalah adanya fitur Sunlight Visibility Improvement sehingga menatap layar di bawah cahaya matahari tetap terasa nyaman.

Dari layar yang hanya berkualitas FWVGA seluas 4,5 inchi memang tak akan seindah layar dengan kualitas lebih baik seperti 720p. Namun layar ini sudah lebih dari cukup untuk melihat objek dengan jelas. 

Hal yang bagus lagi dari Andromax A ini adalah bahwa Smartfren tidak mengikutkan aplikasi bawaan yang banyak sehingga ruang penyimpanan yang sebesar 8GB tersisa cukup lega. Ini seperti sebuah smartphone Androd One/Nexus karena aplikasi yang ada hanya aplikasi standar dan aplikasi Google. Hal ini juga berakibat positif bagi kinerja keseluruhan ponsel yang bisa dikatakan lancar tanpa hambatan berarti.

Fungsi-fungsi dasar smartphone seperti GPS juga berjalan normal, calling, kirim SMS dan fungsi sebagai modem juga bekerja dengan baik. Untuk sebuah smartphone 4G LTE dengan harga hanya Rp649.000 saya sangat menyarankan Andromax A ini. Smartphone ini meskipun sangat murah tetap bisa diandalkan untuk melakukan berbagai tugas dan bisa berfungsi sebagai ponsel kedua yang baik.

Kinerja Kamera

Andromax A memiliki kamera depan dan belakang dengan ukuran piksel yang sama, yaitu 5 megapiksel. Saya paling sering menggunakan kamera belakang yang hasilnya cukup baik karena objek terekam dengan jelas. Saya bisa katakan bahwa untuk sebuah smartphone kasta terbawah kamera yang ada di Andromax A ini sudah sangat bagus. Berikut foto yang diambil dengan kamera Andromax A.

Dalam ruang malam hari dengan cahaya lampu

Dalam ruang, siang hari dengan cahaya lampu


Jarak dekat

Jarak dekat

Detail



Add caption

Siang hari, cahaya matahari terang

Siang hari cahaya matahari terang





Kinerja Baterai

Andromax A memiliki baterai 1.950 mAh. Untuk pemakaian seperti yang saya lakukan, baterai dapat bertahan lebih dari 6 jam. Saya menggunakannya sebagian besar untuk media sosial, seperti Google Plus dan Twitter. Sesekali menonton video YouTube dan mengambil beberapa foto. Selain itu, saya kadang juga memanfaatkan Andromax A ini untuk modem karena jaringan 4G LTE Smartfren yang cukup stabil di sekitar Tajur, Ciawi dan kota Bogor. 

Jaringan 4G LTE Advanced Smartfren

Salah satu keunggulan membeli Andromax adalah jaringan 4G LTE Smartfren yang cukup merata di berbagai wilayah. Saya sangat merasakan hal ini karena jika saya ke Puncak atau ke Pelabuhan Ratu, sinyal 4G LTE Advanced Smartfren masih bisa ditemukan dan berinternet tetap lancar. 

Khusus di sekitar jalan raya Tajur dan sekitar kota Bogor, jaringan 4G LTE Advanced Smartfren kecepatannya cukup bagus. Di sekitar Ciawi misalnya saya bisa memperoleh kecepatan hampir 20 Mbps dan bila agak ke dalam, misalnya daerah Katulampa masih bisa sekitar 4-5 mbps. Berikut salah satu pengujian yang saya lakukan di dekat mall Botani Square, Bogor.


Kesimpulan

Bagi mereka yang ingin merasakan kecepatan koneksi 4G LTE Advanced namun terhalang oleh harga perangkat yang mahal, saya sarankan untuk membeli Andromax A ini. Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh pengguna dengan membeli Andromax A ini, yaitu:

1. Teknologi  Voice Over LTE (VoLTE) sehingga bisa melakukan panggilan voice melalui jaringan 4G LTE

2. Dual Mode – Dual On Active 4G LTE FDD-TDD-Edge, pengguna tetap bisa menggunakan nomor lainnya (misalnya untuk WhatsApp) sehingga tetap bisa chatting tanpa harus mengganti nomor.

3. Sunlight Visibility Improvement, tetap nyaman melihat layar di bawah sinar matahari

4. Jaringan 4G LTE Advanced Smartfren yang kini sudah ada di hampir 200 kota di Indonesia.

Demikian Review Andromax A semoga bisa membantu keputusan pembelian Anda.

Naik Kereta Api Argo Parahyangan Ekonomi Premium Tuuut Tuuut Tuuut Siapa Hendak Turut Dari Bandung ke Jakarta

Gerbong Kereta Argo Parahyangan Ekonomi Premium Satu hal yang saya senangi kalau bepergian, baik untuk mengurus urusan ini maupun urusa...