Thursday, December 15, 2016

Review: Logitech M187 Mini Mouse Wireless

Logitech M187 Mini Mouse Wireless
Mouse adalah perangkat kecil yang sangat penting. Bagi saya yang agak kesulitan menggunakan touch pad di laptop, mouse adalah dewa penyelamat. Nah, tentu sangat banyak jenis mouse ini, mulai yang konvensional (memiliki kabel) maupun yang sudah menggunakan teknologi bluetooth (wireless). Kali ini saya akan mereview sebuah mouse yang sudah sebulan ini saya gunakan, yaitu Logitech M187 Mini Mouse Wireless. 

Spesifikasi

Dimensi : 49,4 mm (1,94 inci) x 81,9 mm (3,22 inci) x 31,8 mm (1,25 inci)
Berat : (termasuk baterai): 51,9 g (1,83 oz)
Dimensi Receiver : 14,4 mm (0,57 inci) x 18,7 mm (0,74 inci) x 6,1 mm (0,24 inci)
Berat Receiver: 1,8 g (0,06 oz)
Teknologi sensor: Advanced Optical Tracking
Resolusi Sensor: 1000
Jumlah tombol: 3
Roda Scroll (Y/T): Ya
Usia baterai: (Usia baterai selama 6 bulan*)
Jenis baterai: 1 baterai AAA
Jarak pengoperasian wireless: Sekitar 10m*
Teknologi wireless: Konektivitas wireless 2.4 GHz terkini
Antarmuka: Receiver USB
OS yang Didukung:
Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10
Mac OS X 10.5 atau versi terbaru
Linux kernel 2.6 +
OS Chrome

Dari spesifikasi terlihat bahwa mouse ini cukup kecil, ringan dan mudah dipasangkan (plug and play). Benar-benar tidak ada kesulitan ketika pertama kali menggunakan mouse ini. Badan mouse yang kecil ini sangat saya sukai karena akan lebih mudah dipakai, tidak memakan banyak space. Logitech M187 ini sangat ringan, kecil dan bagi anda yang memiliki telapak tangan cukup besar mungkin terasa sangat mini. Namun justru menurut saya inilah kelebihannya, kecil, mudah dipegang, sangat ringan sehingga enak digunakan. Bentuk Logitech M187 Mini Mouse yang  begitu kecil ini membuatnya dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam tas, tas jinjing atau saku celana untuk kemudahan portabilitas.

Logitech M187 Mini Mouse Wireless

Penggunaan

Menggunakan Logitech M187 Mouse Mini ini juga sangat mudah. Dalam paket pembelian sudah disediakan sebuah baterai yang diklaim oleh Logitech akan tahan sekitar 6 bulan. Di dalam mouse juga telah disediakan nano receiver yang tinggal dimasukkan ke port USB di laptop. Bentuk nano receiver begitu mungil sehingga dapat ditinggalkan di port USB tanpa perlu khawatir kehilangan ataupun merusaknya. Jika ingin melepasnya, cukup simpan di dalam mouse.  Sejauh ini saya jarang melepaskan nano receiver tersebut dari laptop dan tidak hilang atau rusak. Dengan roda scroll browsing internet, scrolling halaman-halaman teks juga berjalan dengan baik.

Sejauh menggunakan, Logitech M187 Mini Mouse ini sangat puas. Mouse ini tidak ribet, ukurannya kecil, ringan, plus nano receiver yang tidak perlu dicopot dari port USB sehingga portabilitasnya sangat tinggi. Melakukan klik kiri, tengah atau kanan dapat dilakukan dengan mudah.  

Harga

Logitech memberikan harga Rp229.000 untuk Logitech M187 Mini Mouse ini dan tentunya saya tidak membelinya langsung dari Logitech melainkan di Lazada. Ketika itu harganya Rp132.900,00. Untuk harga seratus ribuan memang sangat banyak pilihan mouse, namun mouse mini mungkin sedikit dan di antara yang sedikit itu adalah Logitech M187 Mini Mouse ini.  Saya rasa harga yang saya bayarkan untuk mouse ini sangat sepadan. Kinerjanya bagus, penggunaannya mudah dan memang sesuai yang saya butuhkan, sebuah mouse mini yang enak dilihat dan digunakan.

Logitech M187 Mini Mouse Wireless

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...