Saturday, October 15, 2016

Review: Andromax M3Y, Modem MiFi 4G LTE Smartfren Koneksi Cepat Kuota Besar

Andromax M3Y
Bila Anda ingat, hampir setahun yang lalu, saya melakukan review terhadap modem Andromax M2S. Review ini merupakan salah satu artikel terpopuler di Socio Geeks dengan hampir 50.000 hits. 

Tahun ini Smartfren merilis generasi berikutnya dari Andromax M2S tersebut dan penamaannya tidak jauh dari M2S, yaitu M3Y. M3Y diberikan beberapa upgrade yang perlu untuk pengguna agar semakin nyaman dalam menggunakan modem MiFi. Salah satu yang sangat penting adalah kapasitas baterai yang kini mencapai 3000 mAh. 

Saya dalam seminggu terakhir menggunakan Andromax M3Y ini. Berikut ini review pengguna sehari-hari Andromax M3Y tersebut.

Desain dan Spesifikasi

Dari sisi desain, Andromax M3Y memiliki desain yang berbeda dibandingkan Andromax M2S. Bila Andromax M2S berbentuk pipih tipis dan kurang melengkung sudut-sudutnya, Andromax M3Y memiliki sudut yang lebih melengkung dan sedikit lebih tebal dibandingkan Andromax M3Y. 

Dari sisi desain, bisa dikatakan desain Andromax M3Y ini lebih segar dibandingkan Andromax M2S dengan tampilan indikator berada dalam satu lingkaran. Jadi semua indikator, mulai dari kekuatan baterai, kekuatan sinyal WiFi yang dipancarkan dan kekuatan sinyal 4G LTE Smartfren berada di dalam satu lingkaran yang kadang agak sulit untuk memantaunya.

Tombol ON/OFF juga berada di dalam lingkarang tersebut sehingga lingkaran tersebut menjadi pusat perhatian pengguna. Ini tentu sebuah upaya yang bagus, di mana pengguna tinggal memperhatikan satu titik dan tidak repot jika harus menekan sisi atau pinggir modem untuk mematikan datau menyalakan Andromax M3Y.

Andromax M3Y  sedikit lebih tebal dan tentu lebih berat dibandingkan dengan M2S. Hal tak lain karena kapasitas baterainya yang meningkat dari 2000 mAh mennjadi 3000 mAh. Peningkatan baterai ini merupakan hal yang sangat saya syukuri karena bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan Andromax M2S.

Dari sisi spesisifikasi juga terdapat peningkatan lain, yaitu sebagai berikut.
• Chipset Qualcomm MDM 9307
• Mendukung WiFi 2.4 Ghz
• Mendukung sampai dengan 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
• Mendukung Mobile WiFi App untuk penyetelan lebih ringkas
• Fungsi Wireless Storage, berbagi musik, video dan file lainnya melalui koneksi WiFi
• MicroSD slot, support up to 32GB
• Baterai 3000mAh 

Bila M2S menggunakan Chipset Qualcomm MDM 9320, Andromax menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu MDM 9307. Selain itu, Andromax M3Y bisa digunakan oleh pengguna yang lebih banyak, yaitu 32 pengguna, bandingkan dengan M2S yang hanya 15 pengguna. Dari sisi produsen, Andromax M2S diproduksi oleh LG Innotek, sementara Andromax M3Y diproduksi oleh Haier.

Dengan peningkatan dari sisi spesifikasi tersebut, Andromax M3Y ini bisa diandalkan sebagai modem oleh banyak pengguna. Baterai yang naik drastis juga merupakan keuntungan lain sehingga bisa berinternet lebih lama dalam satu kali pengecasan baterai.

Berikut foto-foto dari Andromax M3Y.

Box Andromax M3Y

Paket pembelian Andromax M3Y tidak
menyediakan kepala charger

Keterangan di sisi samping boks
Andromax M3Y 
Box Andromax M3Y setelah unboxing

Baterai 3000 mAh Andromax M3Y

Penutup bagian belakang Andromax M3Y

Slot kartu 4G LTE Smartfren dan slot micro SD Card

Pengalaman Menggunakan Andromax M3Y

Setelah membuka boks Andromax M3Y, mengecasnya untuk pertama kali (saya mengecas Andromax M3Y untuk pertama kali lebih dari 5 jam), langkah berikutnya adalah mendaftarkan nomor Smartfren. Semua cara yang diperlukan untuk mendaftar ada di boks (diikutsertakan di dalam boks). Demikian juga pengaturan atau mengganti pengaturan default ada caranya di boks.

Jika Anda tidak mau repot mendaftar secara online, saya sarankan ketika membelinya langsung daftarkan nomor tersebut di Gallery Smartfren tempat membeli. Ini akan lebih mudah dan Anda bisa langsung menggunakan Andromax M3Y seperti yang saya lakukan.

Untuk memperoleh Andromax M3Y ini ada dua cara, yaitu membeli Andromax M3Y dan Anda akan memperoleh paket internet gratis selama satu bulan sebesar 30GB. Bisa juga Anda membeli paket Smartfren 30GB seharga 300 ribu rupiah, gratis Andromax M3Y. Kedua cara ini sama saja karena pada akhirnya Anda akan memperoleh Andromax M3Y.

Pertama kali menyalakan Andromax M3Y hal yang perlu Anda lakukan adalah menyambungkannya ke perangkat. Anda perlu memasukkan password WiFi yang ada di belakang Andromax M3Y. Kebiasaan saya adalah tidak mengubah password default ini karena toh yang menggunakan saya sendiri dan mubazir juga diubah.

Setelah itu, Anda perlu mendownload aplikasi My Link untuk mengontrol pemakaian kuota Andromax M3Y tersebut. Sekali lagi jangan membuang apapun yang disertakan di dalam boks kemasan Andromax M3Y karena tata cara pengguna aplikasi My Link juga diikutsertakan oleh Smartfren di dalam boks.

Bagaimana dengan paket kuota yang disertakan dalam pembelian Andromax M3Y? Jawabannya adalah sebagai berikut.

1. Paket pembelian disertaia dengan kuota 30 GB  dengan pembagian ( kuota 18 GB kuota utama 24 jam dan 12 GB kuota bonus 24 jam) masa berlaku 1 bulan 
2. Bonus Kuota 19GB x12 didapatkan pada bulan ke-2 s/d bulan ke 13 (selama 12 bln atau 12x isi ulang pulsa minimal Rp 100 ribu) Jika tiap bulan isi pulsa minimal Rp100 ribu akan mendapatkan bonus kuota 19 GB setiap bulan dengan rincian 7GB berlaku 24 jam dan 12GB berlaku malam jam 01.00-06.59
3. Kuota Utama 18 GB dapat diakumulasi pada bulan berikutnya apabila tidak habis sebelum 1 bulan, dan apabila isi ulang pusal Rp 20 ribu pada hari ke 29 akan menambah masa aktif kuota 1 bulan.

Paket pembelian ini sangat menarik karena kuotanya cukup besar. Ini adalah kelebihan lain dari Andromax M3Y ini.

Setelah itu saya menggunakan Andromax M3Y sebagai modem untuk terhubung ke internet. Perlu diketahui saya sudah sangat lama berlangganan Smartfren, mulai sekitar tahun 2013 yang lalu (masih CDMA) dan sekarang sudang 4G LTE. Jadi saya sedikit banyaknya mengetahui coverage area Smartfren terutama koneksi 4G LTE.

Tahun lalu sewaktu mereview Andromax M2S, di rumah saya masih memperoleh koneksi 4G LTE yang ditandai dengan sinyal berwarna biru penuh di Andromax M2S. Namun ketika menggunakan Andromax M3Y di rumah tidak ada lagi sinyal biru tersebut, meskipun koneksi tetap bisa dilakukan. Ini tentu sangat disayangkan.

Namun sepanjang perjalanan di kota Bogor, terutama di sepanjang jalan raya. sinyal 4G LTE Smartfren sangat kuat. Saya mencoba melakukan test kecepatan seperti berikut ini.







Bisa saya simpulkan, meskipun di rumah sinyal 4G LTE Smartfren sekarang hilang, namun secara keseluruhan Andromax M3Y ini sangat membantu saya untuk terkoneksi ke internet. Saya mencoba menguji kecepatannya sepanjang perjalanan dari dan pulang kantor, dengan mendownload file hampir 1GB aplikasi Real Racing 3 hanya butuh waktu sekitar 7 menit. Ini artinya bila Anda berada di dalam jangkauan sinyal 4G LTE Smartfren, Andromax M3Y sangat membantu serta bisa digunakan banyak pengguna.

Pengalaman menggunakan sepanjang perjalan kantor ini mengasyikkan. Anda tinggal menaruh Andromax M3Y ini di dashboard mobil, lalu terhubung dan siap digunakan. Bila Anda membawa sejumlah temanpun, mereka juga bisa menikmati koneksi kencang 4G LTE Smartfren melalui Andromax M3Y ini. Menonton video di YouTube kini tak perlu mengalami buffering berkat koneksi wifi dari Andromax M3Y.

Soal daya tahan baterai saya tak ragukan Andromax M3Y ini, jauh lebih tahan dibandingkan Andromax M2S. Perbedaannya cukup mencolok. Bila penggunaan sendiri saja dan digunakan terus-menerus baterai bisa bertahan sehari lebih, bahkan kadang saya hanya melakukan pengecasan sekali saja untuk beberapa hari (hal ini sangat tergantung kepada seberapa sering anda menggunakannya). 

Kesimpulan

Dari pengalaman pemakaian yang saya lakukan, bila berada di jangkauan sinyal 4G LTE Smartfren, Andromax M3Y ini sangat bagus Anda miliki. Andromax M3Y ini menghasilkan koneksi 3G LTE yang kencang dan stabil. Dengan harga Rp299.000, Anda tidak perlu membeli smartphone 4G LTE yang mahal hanya untuk menikmati koneksi 4G LTE. Untuk itu Anda perlu melihat apakah wilayah tempat tinggal Anda dijangkau oleh sinyal 4G LTE Smartfren. Namun demikian, oleh karena Smartfren merupakan operator 4G LTE yang memiliki coverage 4G LTE terluas saat ini, Anda cukup percaya diri untuk membeli Andromax M3Y ini, terutama bagi pengguna di Pulau Jawa.

Ketahanan baterai dan tambahan storage micro SD Card merupakan kelebihan lain yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membeli Andromax M3Y ini. Baterai yang tahan lebih sehari (penggunaan terus-menerus) merupakan hal penting untuk tetap terkoneksi ke internet.

Demikian review Andromax M3Y, semoga membantu keputusan pembelian Anda.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...