Monday, July 11, 2016

Review: Andromax A, Smartphone 4G LTE Advanced Harga 600 Ribuan

Andromax A
Pernah membayangkan sebuah smartphone 4G LTE Advanced yang harganya sangat murah bahkan jauh lebih murah dibandingkan smartphone 3G HSDPA? Itu belum seberapa. Pernah membayangkan harga smartphone 4G LTE Advanced yang setara harga modem? 

Kini ada Andromax A dari Smartfren. Andromax A hanya seharga Rp649.000 atau sekitar US $50 saja. Bagaimana kemampuan Andromax A ini? Berikut ini review  Andromax A.

What's In The Box

1. Smartphone Andromax A 4G LTE Advanced
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. SIM Smartfren 4G LTE
1. Paket Bonus Data 2GB  + 6GB (malam) selama satu minggu

Seperti biasa, boks smartphone dari Smartfren berwarna merah menyala. Kalau dilihat dari ukuran boks, boks ini mungkin terlalu besar untuk perangkat kecil dengan ukuran 4,5 inchi. Di dalam boks terdapat Andromax A, buku panduan, kartu garansi dan lainnya. Seperti biasa, setiap membeli Andromax Smartfren disediakan data gratis yang cukup besar untuk seminggu, yaitu 2GB plus 6GB. Ini salah satu keunggulan membeli perangkat Andromax dibandingkan dengan perangkat lainnya karena harga data kini terutama data 4G tidaklah murah.

Desain dan Hardware

Dari sisi desain, tidak ada yang istimewa dari Andromax A. Perangkat dengan harga sangat murah sangat wajar tidak memperhitungkan nilai ketipisan, berat dan segi estetik lainnya dari perangkat. Namun ini bukan berarti Andromax A ini perangkat yang jelek. 

Bagian belakang atau back cover Andromax A ini cukup tebal dan kuat meskipun berbahan plastik. Namun demikian sangat mudah dibuka meskipun hampir menutupi keseluhan bagian belakang ponsel.

Posisi port charger berada di sisi kiri ponsel (tidak di bawah seperti biasanya). Sementara posisi tombol ON/OFF dan volume segaris di sisi kanan. Andromax A sepenuhnya berbahan plastik. Bagian belakang yang agak kasar  sangat menguntungkan ketika menggenggam ponsel sehingga grip sangat baik. Berikut foto Andromax A.








Dari sisi hardware, Andromax A memberikan hardware yang cukup bagus. Hal ini dibuktikan oleh spesifikasi Andromax A yang menggunakan processor Snapdragon 210 Quad Core 1.1GHz Cortex A7, GPU Adreno 304, Internal Memory 8GB ROM + 1 GB RAM dan Batere 1.950 mAh. 

Snapdragon 210 1,1 GHz sudah sangat mampu melakukan tugas-tugas multitasking seperti membuka email, media sosial, chatting, ambil foto dan beberapa tugas sederhana lainnya. Meskipun ketika membuka kamera dan pada saat setelah mengambil foto terdapat jeda, jeda ini tidak menganggu. 

Kinerja

Untuk tugas-tugas sederhana Andromax A ini sangat bisa diandalkan. Selama menggunakan Andromax A ini saya dapat memeriksa dan mengirim email, chatting, bersosial media dan mengambil foto. Tentu ada keterbatasan untuk memainkan game berat sehingga saya tidak memaksakan untuk memainkan game yang menguras banyak ROM dan RAM ponsel. Namun demikian game kesukaan saya seperti Subway surfer bisa dimainkan. Keuntungan lainnya adalah adanya fitur Sunlight Visibility Improvement sehingga menatap layar di bawah cahaya matahari tetap terasa nyaman.

Dari layar yang hanya berkualitas FWVGA seluas 4,5 inchi memang tak akan seindah layar dengan kualitas lebih baik seperti 720p. Namun layar ini sudah lebih dari cukup untuk melihat objek dengan jelas. 

Hal yang bagus lagi dari Andromax A ini adalah bahwa Smartfren tidak mengikutkan aplikasi bawaan yang banyak sehingga ruang penyimpanan yang sebesar 8GB tersisa cukup lega. Ini seperti sebuah smartphone Androd One/Nexus karena aplikasi yang ada hanya aplikasi standar dan aplikasi Google. Hal ini juga berakibat positif bagi kinerja keseluruhan ponsel yang bisa dikatakan lancar tanpa hambatan berarti.

Fungsi-fungsi dasar smartphone seperti GPS juga berjalan normal, calling, kirim SMS dan fungsi sebagai modem juga bekerja dengan baik. Untuk sebuah smartphone 4G LTE dengan harga hanya Rp649.000 saya sangat menyarankan Andromax A ini. Smartphone ini meskipun sangat murah tetap bisa diandalkan untuk melakukan berbagai tugas dan bisa berfungsi sebagai ponsel kedua yang baik.

Kinerja Kamera

Andromax A memiliki kamera depan dan belakang dengan ukuran piksel yang sama, yaitu 5 megapiksel. Saya paling sering menggunakan kamera belakang yang hasilnya cukup baik karena objek terekam dengan jelas. Saya bisa katakan bahwa untuk sebuah smartphone kasta terbawah kamera yang ada di Andromax A ini sudah sangat bagus. Berikut foto yang diambil dengan kamera Andromax A.

Dalam ruang malam hari dengan cahaya lampu

Dalam ruang, siang hari dengan cahaya lampu


Jarak dekat

Jarak dekat

Detail



Add caption

Siang hari, cahaya matahari terang

Siang hari cahaya matahari terang





Kinerja Baterai

Andromax A memiliki baterai 1.950 mAh. Untuk pemakaian seperti yang saya lakukan, baterai dapat bertahan lebih dari 6 jam. Saya menggunakannya sebagian besar untuk media sosial, seperti Google Plus dan Twitter. Sesekali menonton video YouTube dan mengambil beberapa foto. Selain itu, saya kadang juga memanfaatkan Andromax A ini untuk modem karena jaringan 4G LTE Smartfren yang cukup stabil di sekitar Tajur, Ciawi dan kota Bogor. 

Jaringan 4G LTE Advanced Smartfren

Salah satu keunggulan membeli Andromax adalah jaringan 4G LTE Smartfren yang cukup merata di berbagai wilayah. Saya sangat merasakan hal ini karena jika saya ke Puncak atau ke Pelabuhan Ratu, sinyal 4G LTE Advanced Smartfren masih bisa ditemukan dan berinternet tetap lancar. 

Khusus di sekitar jalan raya Tajur dan sekitar kota Bogor, jaringan 4G LTE Advanced Smartfren kecepatannya cukup bagus. Di sekitar Ciawi misalnya saya bisa memperoleh kecepatan hampir 20 Mbps dan bila agak ke dalam, misalnya daerah Katulampa masih bisa sekitar 4-5 mbps. Berikut salah satu pengujian yang saya lakukan di dekat mall Botani Square, Bogor.


Kesimpulan

Bagi mereka yang ingin merasakan kecepatan koneksi 4G LTE Advanced namun terhalang oleh harga perangkat yang mahal, saya sarankan untuk membeli Andromax A ini. Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh pengguna dengan membeli Andromax A ini, yaitu:

1. Teknologi  Voice Over LTE (VoLTE) sehingga bisa melakukan panggilan voice melalui jaringan 4G LTE

2. Dual Mode – Dual On Active 4G LTE FDD-TDD-Edge, pengguna tetap bisa menggunakan nomor lainnya (misalnya untuk WhatsApp) sehingga tetap bisa chatting tanpa harus mengganti nomor.

3. Sunlight Visibility Improvement, tetap nyaman melihat layar di bawah sinar matahari

4. Jaringan 4G LTE Advanced Smartfren yang kini sudah ada di hampir 200 kota di Indonesia.

Demikian Review Andromax A semoga bisa membantu keputusan pembelian Anda.

Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...