Thursday, May 26, 2016

ASUS Zenfone 3 Gunakan CPU Qualcomm Snapdragon 820

Sumber: Android Headline
Setelah beberapa vendor merilis smartphone andalan mereka dengan CPU Qualcomm Snapdragon 820, ASUS juga akan mengandalkan Snapdragon 820 di Zenfone 3, smartphone andalan terbaru mereka yang akan segera dirilis di ajang Computex 2016 di Taiwan. 

Berdasarkan bocoran terbaru, ASUS Zenfone 3 dengan code name ASUS Z016D ini sepertinya akan mengandalkan Snapdragon 820 untuk tetap bisa bersaing dengan vendor besar lain, semisal Samsung. Namun tentu ASUS tidak akan mengikuti pola harga premium seperti Galaxy S7.

Bocoran di GFX Bench memperlihatkan bahwa Zenfone 3 dengan Android Marshmallow (6.0.1) nantinya akan ditopang oleh Snapdragon 820 yang akan dikombinasikan dengan GPU Adreno 530 untuk performa grafik yang lebih baik. Selain itu, layar Zenfone 3 adalah Full HD seluas 5,5 inchi meskipun ada kemungkinan untuk seri tertentu seluas 6 inchi. Yang menarik adalah bahwa Zenfone 3 sepertinya akan mempertahankan RAM sebesar 4GB yang telah mereka mulai pada Zenfone 2 sebelumnya plus ROM sebesar 128GB (kemungkinan besar dengan tambahan fitur SD Card Storage).

Di sisi kamera sebelumnya rumor menyebutkan bahwa Zenfone 3 akan menggunakan kamera belakang berkekuatan 23 megapiksel. Namun dari GFX Bech terlihat bahwa Zenfone 3 menggunakan kamera belakang dengan kekuatan 21 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel. Kamera belakang ini akan bisa merekan video dengan kualitas Ultra HD.

Mengingat akan ada beberapa seria dari Zenfone 3 ini, kemungkinan hasil uji GFX Bench merupakan flagship dari Zenfone 3. Saya memperkirakan akan ada setidaknya 3 Zenfone 3 dari sisi luasnya layar, yaitu Zenfone 3 5 inchi, Zenfone 3 5,5 inchi dan Zenfone 3 6 inchi.

Seperti disebutkan oleh CEO ASUS sebelumnya ada kemungkinan bahwa satu atau dua dari ketiga seri tersebut akan menggunakan CPU MediaTek. Hal ini akan membuat perbedaan yang cukup signifikan dari sisi harga dibandingkan dengan seri flagship yang berbasis Snapdragon 820. Perkiraan saya kemungkian besar Zenfone 3 dengan layar 5 dan 6 inchi akan berbasis MediaTek, sementara seri flagship 5,5 inchi akan berbasis Snapdragon 820.

Selain itu, nantinya seperti yang pernah dilakukan oleh ASUS sebelumnya akan ada perbedaan dari sisi kamera dan storage yang akan membedakan seri Zenfone 3 yang satu dari yang lainnya. Taktik seperti ini bukan sesuatu yang baru bagi ASUS untuk menyesuaikan smartphone mereka dengan daya beli konsumen.

Namun beberapa sensor sepertinya tidak akan hadir di Zenfone 3 misalnya Altimeter, Heart Rate dan Thermometer. Akan tetapi, ini baru berupa bocoran, spesifikasi pasti dapat diikuti saat peluncurannya di hari Senin tanggal 30 Mei nanti.

Mengingat tanggal rilisnya yang semakin dekat, yaitu 30 Mei, bocoran ASUS Zenfone 3 akan semakin banyak dalam beberapa hari ke depan. Tentunya suatu hal yang lazim mengingat bocoran ini diperlukan untuk makin membuat penasaran. Tentunya tak sabar untuk melihat ASUS Zenfone 3 hadir di pasar.

Naik Kereta Api Argo Parahyangan Ekonomi Premium Tuuut Tuuut Tuuut Siapa Hendak Turut Dari Bandung ke Jakarta

Gerbong Kereta Argo Parahyangan Ekonomi Premium Satu hal yang saya senangi kalau bepergian, baik untuk mengurus urusan ini maupun urusa...