Tuesday, May 31, 2016

ASUS Rilis Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, Zenfone 3 Ultra dengan Harga Murah

Penantian yang cukup lama terhadap Zenfone 3 akhirnya berakhir sudah. Kemarin, di ajang Computex 2016 di Taiwan, ASUS secara resmi merilis tiga jagoan baru mereka sebagai pelanjut Zenfone 2 yang populer, yaitu Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra. Acara rilis Zenfone 3 tersebut disiarkan secara LIVE melalui channel YouTube.

Sekilas, ASUS is up their game. ASUS memperkuat posisi mereka di pasar dengan mengikuti arus mainstream dengan merilis smartphone yang good looking dari sisi desain dan bermaterialkan bahan premium, yaitu kaca dan logam. Untuk Zenfone 3 ASUS menggunakan material logam dan kaca, sedangkan Zenfone 3 Deluxe dan Zenfone 3 Ultra ASUS menggunakan fully metal.

Keputusan ini suatu yang masuk akal karena vendor kini sudah meninggalkan bahan plastik untuk smartphone kelas menengah ke atas sehingga jika masih menggunakan plastik, Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe dan Zenfone 3 Ultra akan kurang bagus dari sisi material. 

Tentunya bukan dari sisi desain dan material saja yang jadi perhatian ASUS. Dari sisi spesifikasi, sangat banyak peningkatan yang dilakukan oleh ASUS. Coba kita simak spesifikasi berikut ini.

1. Zenfone 3

Zenfone 3
Zenfone 3 ditujukan ASUS pagi pasar Mainstream. Hal ini bisa kita lihat dari spesifikasi yang cukup bagus dengan harga Zenfone 3 yang murah, mulai dari 249 USD. Dengan harga tersebut pengguna akan memperoleh smartphone dengan spesifikasi Android Marshmallow, layar LCD full HD seluas 5.5-inchi, prosesor Snapdragon 625, kamera belakang 16 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel, baterai 3000 mAh,  sensor sidik jari, USB-C 2.0, RAM 4GB, adan ROM 64GB (plus sd card slot). Zenfone 3 dibuat dari dua panel yang berbeda, yaitu panel depan dengan material kaca dan panel belakang kaca dan frame-nya dengan material logam. Zenfone 3 tersedia dalam berbagai pilihan warna, yaitu gold, blue, black dan white.



2. Zenfone 3 Deluxe

Zenfone 3 Deluxe
Sebagaimana diketahui, Snapdragon 820 kini menjadi pilihan berbagai vendor untuk seri flaship mereka. Sebut saja Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, HTC 10 dan banyak lainnya. ASUS juga tidak mau ketinggalan dengan merilis seri flgaship Zenfone 3 Deluxe untuk bisa bersaing di kelas atas dengan harga yang lebih bersahabat.

Zenfone 3 Deluxe menggunakan material aluminium unibody dengan konstruksi antena yang tidak terlihat. Bila Zenfone 3 berbasis menggunakan layar LCD, Zenfone 3 Deluxe menggunakan layar Super AMOLED seluas 5,7 inchi Full HD dan Android Marshmallow. Snapdragon 820 menjadi pilihan untuk prosesor di Zenfone 3, kamera belakang 23 megapiksel, USB-C 3.0, RAM 6GB dan ROM 256GB (plus sd card slot). Warna yang disedikan ASUS pada Zenfone 3 Deluxe adalah gray, silver, dan gold.

ASUS mematok harga Zenfone 3 Deluxe ini, cukup murah, yaitu hanya 499 USD.






  3. Zenfone 3 Ultra

Seberapa besar phablet yang besar? Kalau pertanyaan ini diajukan kepada ASUS, mereka akan menjawabnya dengan Zenfone 3 Ultra dengan ukuran layar raksasa, yaitu 6,8 inchi. ASUS menyasar konsumen yang sangat suka hiburan pada Zenfone 3 Ultra ini dengan konstruksi yang sama dengan Zenfone 3 Deluxe, tetapi layar jenis LCD yang jauh lebih besar, yaitu 6,8 inchi full HD. Spesifikasi Zenfone 3 Ultra yang lain adalah prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 652 dengan RAM 4GB, kamera belakang 23 megapiksel, USB-C 3.0 dengan DisplayPort dan baterai a 4.600 mAh. Zenfone 3 Ultra tersedia dalam warna gray, silver, dan pink.

Zenfone 3 Ultra
ASUS mematok harga Zenfone 3 Ultra ini juga cukup murah, hanya 479 USD . 

Selain peningkatan di spesifikasi Zenfone 3, desain dan material, ASUS juga berusaha meningkatkan sisi suara di Zenfone 3 serta digunakannya sensor kamera Sony yang merupakan peningkatan dari seri sebelumnya.

 

Tentu saja semua yang diberikan ASUS tersebut bisa menyenangkan pengguna yang selama ini sudah sangat lama menunggu kehadiran Zenfone 3. Sayangnya ASUS tidak menyebutkan kapan Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe dan Zenfone 3 Ultra tersedia di pasar.

Khususnya di Indonesia, sebagai pengguna smartphone ASUS saya berharap ASUS segera merilis seri Zenfone 3 ini di Indonesia. Mengingat ASUS saat ini merupakan nomor dua di pasar Indonesia, posisi ini harus dapat dipertahankan dengan cara tiada lain merilis secepat mungkin Zenfone 3 di Indonesia.

Sumber Foto: Android Headline

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...