Monday, April 4, 2016

ASUS Zenfone 3 Muncul di Situs Red Dot

Rumor tentang ASUS Zenfone 3 sudah beredar sejak lama. Beberapa waktu yang lalu sempat muncul di situs geek bench, namun tidak lama kemudian rumor tersebut kembali hilang. Kali ini rumor yang lebih heboh muncul di situs Red Dot 21 yang memunculkan rendering image dari Zenfone 3 dan Zenfone 3 Deluxe.

Dari situs tersebut dapat diketahui seberapa bagus ASUS Zenfone 3 dan Zenfone 3 Deluxe nantinya. Untuk ASUS Zenfone 3, ASUS memberikan lapisan kaca 2,5 D di bagian depan dan belakang serta curved metal frame. 

Zenfone 3

Zenfone 3 Deluxe

Menurut Red Dot Zenfone 3 nantinya akan diperkuat dengan berbagai fitur umum yang sudah ada di smartphone kelas atas lainnya seperti USB Type C, front flash untuk selfie, laser focus, finger print plus optional smart flip cover.

Dari rendering image yang ditampilkan oleh Red Dot ada beberapa hal (jika rumor ini benar) yang merupakan jawaban ASUS terhadap persaingan di pasar smartphone yang semakin sengit.

Pertama adalah curved metal frame. ASUS tidak mau ketinggalan dibandingkan vendor lain yang ramai-ramai merilis smartphone dengan bahan metal. Namun pendekatan ASUS sepertinya tidak fully metal dengan memberikan lapisan kaca 2,5D di bagian depan dan belakang ASUS Zenfone 3. Curved metal frame dan lapisan kaca 2,5D ini akan memberikan kesan premium di Zenfone 3.

Kedua tersedianya USB Type C yang kini semakin mainstream. Ponsel kelas atas selalu memberikan USB Type C sebagai salah satu fitur andalan. Dengan juga memberikan USB Type C berarti Zenfone 3 ini akan mengimbangi dari segitu fitur yang disediakan.

Ketiga adalah desain yang menurut saya sama sekali baru. Bila kita lihat desain Zenfone 2 dengan berbagai variannya, penempatan tombol volume yang berada di bawah kamera merupakan sesuatu yang umum. Di Zenfone 3 nantinya tombol volume ini kemungkinan besar akan ada di sisi kanan atau kiri smartphone. Selain itu, tampaknya di Zenfone 3 kesan Zen akan makin mengemuka dengan desain bagian belakang smartphone yang baru yang merupakan desain yang sama yang saya lihat di ZenBook.

Keempat adalah peningkatan fitur kamera terutama untuk selfie dengan menambahkan flash untuk kamera depan.

Sementara untuk Zenfone 3 Deluxe, ASUS memberikan material fully metal. Sebagaimana diketahui, Zenfone Deluxe merupakan lini Zenfone kelas atas yang biasanya harganya lebih mahal dari Zenfone standar sehingga tidak heran untuk Zenfone 3 Deluxe ASUS tidak hanya memberikan frame metal, tetapi bagian belakannya fully metal sehingga kesan premiumnya makin terasa.

Namun, kapan Zenfoen 3 ini akan dirilis sampai sekarang belum ada berita yang cukup bisa dipercaya kebenarannya. Bila kita lihat jadwal pameran IT atau gadget terdekat, mungkin ajang Computex merupakan ajang yang bisa digunakan ASUS untuk merilis Zenfone 3. Semoga saja nanti di ajang Computex Zenfone 3 bisa dirilis.

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...