Friday, March 11, 2016

Update ASUS Zenfone Selfie ke Versi Firmware 1.15.40.1238

Zenfone Selfie
Sekitar tiga hari yang lalu, Zenfone Selfie yang saya pakai memunculkan pesan adanya update software. Update software ini ternyata bukan ke versi Android Marshmallow, tetapi masih berada di Lollypop. Besaran data yang perlu didownload sekitar 253 MB, lumayan besar juga.

Demikianlah, saya akhirnya melakukan update ke versi firmware terbaru yang ditawarkan ASUS, yaitu versi  1.15.40.1238. Versi terbaru ini menurut ASUS akan memberikan stabilitas yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Selain itu ada juga perbaikan di sisi kamera, SIM card dan APN setting.

Sayangnya update terbaru tersebut juga membawa aplikasi bawaan baru, yaitu CM Security atau Cheetah Mobile Security yang mampu untuk menghindarkan Zenfone Selfie dari virus, spyware, dan malicious ads. Namun karena pada dasarnya Android adalah sistem operasi yang sudah aman dari sananya, penambahan aplikasi bawaan ini menjadi mubazir. Untungnya bisa di-uninstall dengan mudah.

Setelah melakukan update, memang terasa stabilitas yang lebih baik ketika menggunakan Zenfone Selfie. Kamera juga terlihat ada peningkatan dari sisi performanya. 

Tentang aplikasi bawaan ini tentu sangat tergantung ke pengguna. Bagi saya sendiri aplikasi bawaan adalah hal yang kurang saya sukai. Bloatware ini membuat kinerja smartphone lebih rendah dari yang semestinya sehingga vendor perlu memikirkan ulang kebijakan bloatware mereka.

Demikian juga ASUS. Bagi saya, kalaupun ASUS menambahkan bloatware akan lebih baik jika bloatware tersebut bisa di-uninstall dengan mudah sehingga bisa membebaskan memori perangkat lebih banyak. Aplikasi-aplikasi yang sebenarnya sudah banyak tersedia di Google Play, sudah seharusnya tidak dibuat lagi oleh vendor kemudian dipasang di smartphone. Akan lebih baik jika vendor fokus menghasilkan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan tidak membuat aplikasi lalu mengikutertakan aplikasi yang banyak di perangkat mereka.

Nah segeralah update Zenfone Selfie Anda!

Ke Bengkulu Ngopi Sambil Menikmati Sunset dan Jejak di Fort Marlborough

Welcome to Bengkulu Ke Bengkulu untuk ngopi? Bengkulu cukup dekat dari Jakarta, hanya memakan waktu 50 menit jika menggunakan pesawa...