Monday, March 21, 2016

Review | Andromax R2: Smartphone VoLTE Murah Kinerja Bagus

Andromax R2
Tahun lalu Smartfren merilis Andromax R sebagai bagian dari diperkenalkannya jaringan baru 4G LTE Advanced Smartfren. Tahun ini, Smartfren merilis generasi kedua dari Andromax R tersebut dengan peningkatan kemampuan yang sangat signifikan, terutama dengan adanya fitur Voice over LTE atau VoLTE. Andromax R2 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang memiliki fitur VoLTE tersebut.

Bagaimana kemampuan Andromax R2 tersebut? Apakah fitur yang diberikan cukup bagus dibandingkan dengan seri terdahulu? Bagaimana kemampuan VoLTE?

Ikuti Review Andromax R2 berikut ini.

Preview
Andromax R2 merupakan smartphone 4G LTE Advanced Smartfren yang paling bagus sejauh ini bahkan dari seluruh smartphone seri Andromax yang pernah dirilis oleh Smartfren. Andromax R2 cepat, stabil serta fitur VoLTE dan desain yang eye catching layaknya smartphone premium.

What's In The Box

1. Smartphone Andromax R2 4G LTE Adavnced
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. SIM Ejector
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. SIM Smartfren 4G LTE
1. Paket Bonus Data 2GB + 6GB selama satu minggu

Seperti biasa packaging smartphone Smartfren mengandalkan warna merah menyala. Kotak berwarna merah ini mudah dibuka dan saat membuka akan ditemukan paket seperti di atas. Untuk unboxing Andromax R2 bisa dilihat video berikut ini.



Desain dan Hardware

Andromax R2 seperti generasi sebelumnya berbentuk bar, namun lebih enak digenggam dan dipandang. Secara desain, Andromax R2 merupakan loncatan yang sangat signifikan. Frame logam diselingkar ponsel menambah kesan premium Andromax R2. Saya kira, Smartfren bersama partnernya Hisense sangat serius mendesain  Andromax R2. Hal ini menjadikan Andromax R2 smartphone seri Andromax Terbaik dari segi desain yang pernah dirilis oleh Smartfren.

Desain Andromax R2 ini memakai konsep unibody. Hal ini membuat baterainya tidak bisa dicopot. Untuk memasukkan SIM Card dan SD Card disediakan SIM ejector dalam paket pembelian. Sepengetahuan saya, desain unibody ini merupakan pertama kali di seri Andromax yang dirilis Smartfren.

Saya mengapresiasi pendekatan Smartfren ketika mendesain Andromax R2. Desain R2 yang dirancang Smartfren dan Hisense membuat Andromax R2 smartphone yang stylist, keren dan premium dengan frame logam di bagian pinggir ponsel.

Biasanya setiap seri Andromax, bagian belakang atau back cover selalu bisa dibuka. Untuk Andromax R2 ini tidak bisa dibuka. Dengan back cover berbahan plastik, memang terkadang agak licin. Back cover ini juga mudah tergores atau terkena kesan pemakaian. Oleh karenanya Smartfren sudah melapisinya dengan lapisan plastik tipis.

Dari segi prosesor, Smartfren meningkatkan prosesor Andromax R2 menjadi Snapdragon 415 Octa Core 1.4 GHz Cortex A53 plus GPU Adreno 405 dengan RAM 2GB dan ROM 16GB yang bisa diekspansi dengan micro SD Card up to 32GB. Peningkatan ini sangat signifikan dibandingkan dengan seri Andromax R terdahulu dan menjadikan Andromax R2 ini sangat bagus di segi spesifikasi.

Di sisi baterai, Andromax R2 juga mengalami peningkatan menjadi 2320 mAh. Oleh karena desain Andromax R2 yang unibody, baterainya tidak bisa dicopot.  

Berikut ini foto-foto Andromax R2:

Layar Andromax R2

Speaker grill dan port charging

Volume button dan slot Micro SD Card

Back cover Andromax R2


Port headphone
Slot SIM Crad dan ON/OFF buttom
Kinerja

Seperti apa ekspektasi Anda terhadap sebuah smartphone dengan harga kurang dari dua juta rupiah? Jika ekspekstasi tersebut cukup tinggi, terutama terkait dengan fitur dan kinerja, Anda bisa mengandalkan keduanya kepada Andromax R2 Smartfren.

Dari pengalaman pemakaian, saya menemukan hal yang mengasyikkan kerika menggunakan Andromax R2. Andromax R2 ini sangat mampu digunakan untuk tugas sehari-hari dan menjadi smartphone utama saya sejak awal bulan ini.

Kinerjanya bagus, tidak mengalami lag ketika melakukan multitasking. Saya mengujinya dengan menonton video YouTube berkualitas high definition sekaligus melakukan download APK aplikasi dan terus menggunakan Twitter dan Google Plus. Hasilnya semua tugas tersebut berjalan dengan mulus.

Andromax R2 ini juga saya uji untuk menjalankan berbagai game yang saya sukai seperti Asphalt Nitro, Riptide GP2, Candy Crush dan beberapa game lainnya. Semua game ini berjalan dengan mulus.

Tugas lain adalah tugas keseharian yang saya lakukan, seperti download attachment email dan membukanya di aplikasi doc, pdf dan berbagai kegiatan lain seperti chatting, menonton YouTube, mendengarkan musik, ambil foto dan membaginya ke media sosial, melakukan SMS dan calling di jaringan 4G dan lainnya. Bisa dikatakan semua tugas tersebut berjalan dengan lancar. Hal lain yang saya lakukan dengan Andromax R2 adalah mendengarkan musik. Dengan suara Dolby Digital Plus mendengarkan musik lebih mengasyikkan.

Saya rasa Andromax R2 mengalahkan ekspektasi saya terhadap kemampuan smartphone dengan harga di bawah dua juta rupiah. Smartphone ini cepat, stabil dan mampu memenuhi berbagai tugas secara simultan.

Layarnya yang seluas 5 inchi berkualitas HD 720p sudah sangat cukup untuk menikmati konten video dan browsing internet. Layar ini dilapisi Dragon Trail jadi tidak perlu kahwatir kalau tergores.



Jika diuji dengan benchmark hasil dari Andromax R2 adalah sebagai berikut.

Hasil tes Antutu

Hasil tes Vellamo chrome browser
Hasil tes di atas tentu saja tidak wah atau tidak tinggi. Namun hasil tes benchmark bukanlah segalanya. Saya merasakan bahwa Andromax R2 ini sangat mampu melakukan berbagai tugas dengan baik.

Kamera

Kamera memperoleh peningkatan paling signifikan di Andromax R2. Besar megapikselnya dinaikkan menjadi 13 megapiksel AF BSI sensor dengan Dual LED Flash + Hand Motion Control (Kinetic), sedangkan kamera depannya berkekuatan 5 MP wide angle dengan LED Flash + Hand Motion Control (Kinetic).  

Fitur kamera yang paling sering saya pakai ketika menguji kamera sebuah smartphone adalah fitur autonya. Saya berkesimpulan, fitur auto ini merupakan fitur apa adanya sebuah kamera smartphone sehingga ketika hasilnya jelek bisa mengecewakan pengguna. Kamera Andromax R2 ini menghasilkan foto yang jelas, fokus dan kualitasnya baik.

Contoh foto hasil bidikan kamera Andromax R2 adalah sebagai berikut.

Auto

HDR
Auto (Indoor)
Auto (Indoor)

Makro
Night Mode
 Kinerja Baterai

Baterai Andromax R2 berkekuatan 2320 mAh. Untuk pemakaian seperti yang saya lakukan, baterai ini dapat bertahan hingga 7-8 dengan pemakaian sedang. Baterai tentu saja akan cepat habis jika bermain game secara online dan atau menonton video YouTube tanpa henti. Dalam uji coba yang saya lakukan dengan kebiasaan saya dalam menggunakan smartphone untuk keperluan tugas bermedia sosial, browsing internet, menonton beberapa video YouTube, mengambil foto, menggunakan GPS/aplikasi peta, baterainya mampu bertahan dengan baik. Dari posisi 90% di pagi hari (pukul 07.00) pagi, baterai akan tersisa sekitar 15% di pukul 16.00. Saya rasa konsumsi baterainya cukup bisa diandalkan.


Koneksi 4G LTE Smartfren dan VoLTE

Dalam pengujian yang saya lakukan, koneksi 4G LTE Advanced di Bogor sangat merata. Hal ini sangat menguntungkan karena saya bisa melakukan panggilan di berbagai tempat. Hasil uji kecepatan bisa dilihat sebagai berikut.


Uji kecepatan koneksi 4G LTE Smartfren
Seperti sudah dikemukakan di atas, Andromax R2 dilengkapi dengan fitur VoLTE. Pengguna bisa melakukan panggilan dengan kualitas suara HD di jaringan 4G LTE. Hal ini saya coba dan ternyata memang kualitas suaranya sangat jernih.

Lain-lain

Ada beberapa hal lain yang patut dilihat dari Andromax R2. Salah satunya adalah adopsi apps permission ala Marshmallow. Meskipun berbasis Lollypop, Andromax R2 ini bagus untuk privasi pengguna karena adanya apps permission tersebut. Pengguna bisa menolak ijin terhadap akses yang diminta aplikasi tertentu terhadap perangkat, seperti kamera, kontak dan lainnya. 

Apps permission
Fitur lain yang diberikan Smartfren di Andromax R2 adalah paket berlangganan True Unlimited dengan hanya Rp75.000,00. Ini keuntungan tersendiri ketika memiliki Andromax R2 karena pengguna bisa melakukan video call sepuasnya, browsing internet tanpa khawatir kuotas karena memang ulimited.

Andromax R2 juga menyediakan pilihan apakah aplikasi diinstall di SD Card, di memori ponsel atau sistem yang menentukan. Dalam percobaan saya, ketika saya pilih install di SD card terdapat beberapa kali gagal menginstal aplikasi sehingga saya lebih memilih ditentukan sistem. 

Kesimpulan

Untuk harga hanya Rp1.699.000,00, Andromax R2 memposisikan diri sebagai smartphone bundling paling menjanjikan saat ini. Andromax R2 ini cepat, stabil plus koneksi 4G LTE Advanced Smartfren dengan fitur VoLTE-nya memberikan sangat banyak keuntungan bagi pengguna. Andromax R2 ini bisa dikatakan sebagai smartphone VoLTE murah dengan kinerja yang bagus. Plus paket berlangganan True Unlimited Smartfren juga sangat menguntungkan pengguna karena tidak perlu khawatir lagi kalau-kalau kuota jebol. 

Demikian Review Andromax R2. Semoga bermanfaat.

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...