Saturday, February 20, 2016

Smartfren Rilis Andromax R2 dan E2 & Layanan VoLTE Pertama di Indonesia

Grup Band Nidji turut memeriahkan
rilis Andromax R2 dan E2
Smartfren sepertinya tidak pernah tinggal diam dan membuat persaingan antaroperator telekomunikasi di Indonesia di koneksi 4G LTE terus memanas. Belum lagi dinobatkan sebagai operator dengan jaringan 4G LTE Advanced terluas di Indonesia, Smartfren Telecom kembali maju selangkah dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya dengan merilis teknologi VoLTE atau Voice over LTE pertama di Indonesia.

VoLTE merupakan layanan berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE. VoLTE memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon maupun video call dengan kualitas suara yang lebih baik, stabil, dan jernih namun tetap hemat baterai. 

Bertempat di X2 Club Plaza Senayan, kemarin (19/2) Smartfren Telecom secara resmi merilis layanan VoLTE mereka dengan merilis perangkat smartphone terbaru mereka untuk VoLTE, yaitu Andromax R2 dan E2. Dalam kesempatan tersebut, Merza Fachys, Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, mengungkapkan bahwa suatu kebanggaan bagi Smartfren karena Smartfren merupakan operator pertama yang menyediakan layanan VoLTE di Indonesia serta meluncurkan ponsel pintar dengan harga terjangkau yang sudah memiliki fitur VoLTE. Kami akan terus berupaya untuk membuka akses teknologi bagi masyarakat Indonesia seluas-luasnya dengan menghadirkan teknologi terkini yang berkualitas.

Christian Daiegnault, Chief Technical Officer PT Smartfren Telecom, menambahkan bahwa VoLTE merupakan salah satu cara berkomunikasi terdepan di era 4G. VoLTE menyajikan kualitas suara yang sangat jernih dan juga memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video call hanya dengan mengaktifkan opsi video pada layar. Layanan ini sekarang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Smartfren di 85 kota di Indonesia.

Tentu saja untuk bisa menikmati layanan VoLTE ini dibutuhkan perangkat yang memiliki fitur VoLTE. Untuk itulah dalam kesempatan yang sama, Smartfren Telecom merilis dua buah smartphone baru dengan kemampuan VoLTE, yaitu Andromax R2 dan Andromax E2. Kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup bagus dengan harga khas Smartfren, yaitu murah dan sangat terjangkau.

Andromax R2 dan E2 merupakan generasi lanjutan dari seri Andromax R dan Andromax E (EC dan Es) terdahulu dengan perbaikan spesifikasi yang sangat signifikan. Menurut  Sukaca Purwokardjono, Division Head Smartphone Business, PT Smartfren Telecom Andromax R2 & E2 merupakan wujud keseriusan Smartfren dalam menggarap pasar ponsel entry-level di Indonesia. Selain itu, Smartfrenberharap langkah  menyematkan fitur VoLTE pada kedua ponsel pintartersebut dapat mempercepat penetrasi 4G LTE dan mendukung transformasi digital di Indonesia sehingga dapat mewujudkan ekosistem digital yang tidak kalah dengan negara lain.

Andromax R2

Spesifikasi Andromax R2
Meskipun ditujukan untuk pasar yang sama, yaitu entry level, Andromax R2 secara spesifikasi lebih baik dibandingkan saudaranya E2. Smartfren menyematkan prosesor Snapdragon 415 Octa Core dengan RAM sebesar 2GB dan ROM sebesar 16GB untuk memastikan aAndromax R2 memiliki kinerja yang baik. Para pecinta fotografi dan selfie juga dimanjakan dengan kehadiran kamera utama beresolusi 13 MP dengan Dual LED Flash serta kamera depan beresolusi 5 MP wide angle yang juga dilengkapi dengan LED Flash. Pengguna juga dapat menikmati fitur gesture remote yang memungkinkan pengguna untuk selfie secara beramai-ramai. Tidak hanya itu, Andromax R2 memiliki layar high definition berukuran 5 inchi dengan kaca pelapis Dragontrail yang menjaga goresan pada layar sehingga menjadikan ponsel terlindungi dengan baik. 

Dapat disimpulkan Andromax R2 merupakan smartphone yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap smartphone dengan fitur mumpuni, namun harganya tidak mahal. Andromax R2 memiliki desain stylish dengan sentuhan metal frame untuk tampilan yang premium dan tangguh. Andromax R2 juga memiliki desain yang ergonomis sehingga nyaman untuk digenggam.

Smartfren menjual Andromax R2 ini dengan harga Rp1.699.000.

Andromax E2

Berbeda dengan Andromax R2, Andromax E2 bisa dikatakan sebagai smartphone dengan fitur VoLTE termurah yang pernah ada di Indonesia. Namun, bukan berarti Andromax E2 ini diberikan spesifikasi apa adanya oleh Smartfren. Meskipun harganya hanya Rp899.000,00, Andromax E2 memiliki fitur yang cukup baik. 

Smartfren membekali Andromax E2 dengan jaringan 4G LTE FDD (Frequency Division Duplex) dan TDD (Time Division Duplex) serta fitur VoLTE yang pada umumnya hanya ada pada ponsel pintar kelas premium. Tidak hanya didukung dengan fitur canggih berbasis internet, Andromax E2 juga menggunakan OS Android Lollipop dengan friendly user interface yang mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi pengguna entry-level.

Spesifikasi Andromax E2
Produk yang ditujukan bagi pengguna ponsel pintar kelas pemula ini telah memiliki layar LCD FWVGA berukuran 4,5 inchi yang telah dilengkapi dengan fitur smart screen yang memungkinkan pengguna untuk membuka layar dengan mengetuknya sebanyak dua kali saja. Andromax E2 juga memiliki dua buah kamera depan dan belakang beresolusi 5 MP yang telah dilengkapi dengan LED Flash untuk memastikan pengguna dapat mengabadikan momen dengan baik meskipun dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Dengan dua smartphone entry level berharga sangat terjangkau ini, Smartfren tentu berharap bisa menambah pelanggan 4G LTE Advanced mereka. Saya rasa fitur VoLTE ini merupakan fitur yang sangat menarik dan perlu dicoba konsumen sesegera mungkin.

Untuk menikmati fitur VoLTE dan koneksi cepat ala 4G LTE Advanced Smartfren, pengguna pun tidak perlu khawatir membayar mahal. Smartfren telah menyediakan berbagai paket data dengan harga yang menarik. Untuk Andromax R2 dan E2, Smartfren memberikan paket internet True Unlimited (hanya Rp75.000,00 dari seharunya Rp300.000,00) untuk memastikan agar pelanggan memperoleh layanan internet yang memuaskan. Paket True Unlimited merupakan paket internet pertama di Indonesia yang memberikan kecepatan internet full speed 4G tanpa dibatasi oleh waktu dan kuota sehingga pelanggan dapat melakukan aktivitas berbasis internet dengan lancar dan bebas, seperti menonton streaming video dengan kualitas high definition (HD).

Dengan adanya paket tersebut, pelanggan Smartfren tampaknya tidak perlu khawatir melakukan panggilan di jaringan 4G LTE sekaligus mengonsumsi data tanpa batas. Untuk ketersediaan Androma R2 dan E2 sudah bisa dibeli di Gallery Smartfren (terutama di Jabodetabek) dan toko-toko smartphone mulai hari ini.

Selamat Smartfren!

Berikut ini foto-foto selama acara rilis Andromax R2 dan E2.

Merza Fachys, Presiden Direktur PT Smartfren Telecom

Giring Nidji chit chat 

Christian Daiegnault, CTO Smartfren Telecom
melakukan video call

Model memperagakan Andromax R2 dan E2

Model memperagakan Andromax R2 dan E2

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...