Tuesday, February 2, 2016

Hapus Aplikasi Facebook Daya Tahan Baterai Meningkat Lebih 20%

Masih menggunakan aplikasi Facebook di smartphone atau tablet yang Anda gunakan? Aduh Anda ketinggalan sekali! 

Di artikel 5 (Lima) Aplikasi yang Harus Dibuang dari Android saya sudah mengatakan bahwa Anda perlu menghapus atau uninstall aplikasi Facebook karena memakan memori smartphone/tablet Anda sangat banyak. Kini bertambah lagi satu alasan agar Anda segera menghapus aplikasi Facebook di smartphone Android atau tablet Anda karena memakan daya baterai sangat besar.

Sudah bukan rahasia sebenarnya bahwa aplikasi Facebook menggerogoti daya baterai. Facebook pun pernah mengakui bahwa aplikasinya boros daya sehingga bila Anda menggunakan aplikasi ini, percaya baterai smartphone/tablet Anda akan sangat cepat habis. Namun sampai di sana belum ada bukti nyata yang menunjukkan seberapa besar tambahan daya baterai yang Anda peroleh jika aplikasi Facebook Anda hapus dari smartphone.

Samuel Gibbs menuliskan pengalamannya di Guardian saat menghapus aplikasi Facebook dan beralih ke versi mobile web dengan aplikasi Metal. Samuel Gibbs menggunakan Nexus 6 dalam pengujiannya dan ia membuktikan bahwa jika aplikasi Facebook dihapus dan berpindah ke versi mobile, ia dapat menghemat daya baterai lebih dari 20%.

Sebelumnya Russell Holly yang menulis di Android Central dan seorang pengguna lain di Reddit mengungkapkan bahwa mereka menghapus aplikasi Facebook dan Facebook Messenger di smartphone mereka dan kinerja smartphone mereka menjadi lebih baik. Mereka mengatakan bahwa jika aplikasi Facebook dan Facebook Messenger dihapus, aplikasi lain yang di-launching lebih cepat 15%. Mereka melakukan tes pada banyak aplikasi, yaitu sekiatr 15 aplikasi untuk menemukan angka tersebut. Saya menduga lebih cepatnya aplikasi lain tersebut terkait dengan makin leganya memori ponsel jika Facebook dan Facebook Messenger tidak di-install maka memori ponsel akan lebih lega sekitar 200 hingga 350MB.

Hemat daya baterai lebih dari 20% bukan angka yang kecil. Apalagi bagi Anda yang sangat sibuk commuting dan sangat bergantung ke berbagai aplikasi lain yang memerlukan geo tagging seperti Maps dan Waze. Dengan hemat daya baterai lebih dari 20% itu artinya Anda tidak perlu terlalu sering mengisi baterai. Tambahan lagi dengan hemat baterai lebih dari 20% Anda tetap bisa terhubung dengan teman di Facebook via mobile web.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah kinerja smartphone yang menjadi lebih baik jika Anda tidak menginstall aplikasi Facebook dan Facebook Messenger. Kinerja aplikasi yang lebih cepat 15% menunjukkan bahwa aplikasi Facebook (terutama) dan Facebook Messenger memiliki efek negatif bagi kinerja ponsel. Jika semakin lama Anda menggunakannya, maka semakin cepat penurunan kinerja ponsel Anda sehingga ponsel Anda menjadi lemot sebelum waktunya. Kinerjanya akan cepat sekali turun padahal baru beberapa lama digunakan. Hal ini akan berakibat Anda terdorong untuk membeli smartphone baru lebih cepat, padahal hal tersebut bisa diatasi dengan hanya tidak menginstal aplikasi Facebook dan dan Facebook Messenger.

Nah masih mau menggunakan aplikasi Facebook? Kalau saya sih tidak lagi memakai aplikasi Facebook hampir empat tahun yang lalu. Kini giliran Anda!

Sumber: Guardian via News Republic

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...