Friday, August 28, 2015

Cara Aneh Menjadi Karyawan Google

Google adalah Google!

Mungkin tak ada perusahaan lain di dunia ini yang semenarik Google. Google memang dikelola secara berbeda semenjak kelahirannya. Dengan basis PhD dua orang founder-nya bukan sesuatu yang aneh Google menjadi berbeda dibandingkan dengan perusahaan lain, termasuk dalam cara merekrut karyawan potensial yang cerdas.

Beberapa hari yang lalu seorang yang sebelumnya ragu apakah ia cukup memadai untuk menjadi karyawan Google mengalami peristiwa rekruitmen yang jauh berbeda dibandingkan dengan calon karyawan lainnya. Ia te;ah bekerja cukup lama dan pernah menjadi konsultan, namun ia ingin menjadi computer engineer. Ia tahu ia punya basis yang cukup untuk melamar kerja ke Google, namun sampai pada satu titik ia belum begitu percaya diri untuk menjadi seorang full time software role.

Max Rosett demikian nama orang ini secara iseng sambil mengerjakan proyeknya melakukan searching di Google dengan kata kunci "python lambda function list comprehension". Seperti biasa akan muncul hasil pencarian link dengan warna biru, namun ada yang tak biasa di mana di atas hasil pencarin tersebut muncul sebuah percakapan:
“You’re speaking our language. Up for a challenge?”
Sebagaimana Ia ceritakan di artikelnya ia kemudian mengklik dan mendarat di halaman foo.bar. Di halaman ini ia ditantang untuk menaklukkan enam tantangan di mana semuanya dapat ia kerjakan dengan baik. Semua tantangan tersebut berlangsung selama dua minggu.

Setelah menyelesaikan semua tantangan yang diberikan di foo.bar, Max Rosett diberikan pilihan untuk mensubmit nomor telepon dan alamat email yang kemudian ia submit. Orang yang merekrutnya menghungi Max Rosett beberapa hari kemudian untuk meminta resume dan kemudian menelpon. Setelah itu Max Rosette melakukan interview di kantor pusat Google dan tidak lama kemudian ia resmi menjadi karyawan Google.

Saya rasa proses rekruitmen setiap perusahaan berbeda, namun apa yang dilakukan Google lebih berbeda lagi. Dengan memanfaatkan mesin pencari, Google bisa menarik bakat-bakat hebat yang mungkin bisa gagal bila dihadapkan pada interview biasa. Hal ini karena mungkin setiap orang berbeda, unik dan jika perusahaan punya tool yang berbeda-beda dan unik untuk setiap orang dalam perekrutan karyawan, mungkin hasilnya akan berbeda.

Bagi Anda yang punya kemampuan coding, algoritma dan bahasa pemograman yang mumpuni mungkin tidak ada ruginya mencoba peruntungan seperti yang dilakukan oleh Max Rosett. Sayangnya sebagaimana dikonfirmasi oleh Max Rosett sendiri, ketika ia bertanya ke teman dan karyawan Google apakah pernah tahu adanya foo.bar, hampir semua orang mengatakannya tidak. Ini berarti ada semacam hal yang unik yang mungkin hanya dialami oleh Max Rosett sendiri.

Namun mencoba tidak ada ruginya, mana tahu bisa menjadi karyawan Google!

Friday, August 21, 2015

Smartfren Perkenalkan Layanan 4G LTE-Advanced Pertama di Indonesia

Peresmian layanan Smartfren 4G LTE Advanced
Setelah dari beberapa waktu memperkenalkan layanan 4G LTE mereka di berbagai daerah, pada hari Rabu (19/8) Smartfren Telecom sesecara resmi memperkenalkan layanan 4G LTE-Advanced secara nasional. Perlu digarisbawahi bahwa 4G LTE-Advanced yang diperkenalkan Smartfren berbeda dengan 4G LTE yang digunakan oleh operator lain. 

Layanan 4G LTE-Advanced merupakan standar komunikasi seluler dan pengembangan lanjutan dari teknologi Long Term Evolution (LTE) oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP). LTE-Advanced adalah salah satu pengembangan utamanya, yakni penggabungan dua atau lebih saluran radio (spektrum) untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat. Dengan layanan LTE-Advanced ini Smartfren menjajikan kecepatan yang lebih tinggi, yaitu hingga 300 Mbps dengan teknologi carrier aggregation.

Smartfren 4G LTE-Advanced memanfaatkan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) pada pita 850 MHz, untuk menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan yang lebih baik.

Acara peluncuran Smartfren 4G-LTE-Advanced tersebut dihadiri oleh Menkominfo Rudiantara, Memperind Saleh Husin dan banyak pejabat lainnya, Tidak ketinggal brand ambassador Smartfren Nidji turut memeriahkan acara yang dilaksanakan di Grand Hyaat tersebut.


Nidji hadir memeriahkan launching
Smartfren 4G LTE-Advanced

Dalam kesempatan tersebut, Chairman and Chief Executive Officer, Sinar Mas Franky O. Widjaja mengatakan bahwa Smartfren mempersembahkan kemajuan teknologi komunikasi di ulang tahun ke-70 Republik Indonesia melalui layanan internet cepat 4G LTE-Advanced, Sementara itu, Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa hingga 2015 Indonesia masih menduduki peringkat keempat dalam hal kecepatan internet di Asia Tenggara setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Targetnya di akhir masa jabatan di 2019 akan membawa Indonesia ke peringkat teratas untuk pemerataan kecepatan jaringan 4G LTE.
Selfie Dulu
Paul Hodges, CEO Smartfren Telecom mengatakan dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-70, Smartfren dengan bangga secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE-Advanced dengan jaringan terluas dan stabil di Indonesia. Peluncuran 4G LTE-Advanced secara nasional ini melanjutkan kesuksesan beragam uji coba jaringan dan peluncuran produk smartphone Andromax 4G LTE dan perangkat MiFi pada bulan Juni lalu. Ia menambahkan bahwa Smartfren percaya bahwa teknologi 4G LTE-Advanced akan membuka banyak kesempatan bagi pelanggan dan selanjutnya mempercepat pertumbuhan sektor industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menkominfo Rudiantara memberikan
sambutan

Tentunya dalam launching layanan 4G LTE-Advanced tersebut, Smartfren juga merilis paket data internet murah. Smartfren memperkenalkan layanan  Smartplan Limitless yang memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan pengalaman menikmati mobile broadband tanpa khawatir. Layanan ini akan hadir bersama dengan penawaran perangkat dari Andromax 4G LTE, yang akan memberikan pengalaman bagi pelanggan secara menyeluruh. 

Layanan paket  Smartplan Limitless akan memberikan pengalaman yang nyaman tanpa khawatir bagi pengguna, memungkinkan untuk menggunakan layanan data tanpa ada biaya tambahan, walaupun kuota utamanya telah habis. Dalam rangka merayakan peluncuran ini, hingga 31 Oktober 2015, pelanggan Smartfren dapat menikmati bonus kuota dua kali lipat pada semua paket  Smartplan Limitless  dengan pembelian di atas Rp 50 ribu/bulan. Sebagai contoh, paket Rp 60rb/bulan memberikan pelanggan kuota data sebesar 4GB (2x2GB), 10 menit menelepon ke semua operator, 100 SMS ke seluruh nomor domestik, dan 1000 menit menelepon ke sesama Smartfren.

Penawaran ini sangat menarik. Dengan jangkauan layanan 4G LTE-Advanced terluas saat ini, pengguna akan sangat diuntungkan dengan harga paket internet yang ditawarkan Smartfren tersebut. Perlu diketahui, setelah menguji beberapa kali layanan 4G LTE Smartfren di Bogor, kecepatannya sangat cepat dan stabil sehingga pengguna dapat menikmati berbagai layanan konten multimedia streaming, online games, cloud storage dan video conference tanpa gangguan.

Dengan peluncuran secara nasional layanan 4G LTE-Advanced ini berarti Smartfren berada selangkah di depan dibandingkan dengan operator lainnya. Hingga kini belum ada operator lain yang merilis layanan 4G LTE apalagi 4G LTE-Advanced mereka secara nasional sehingga akan sangat menguntungkan bagi Smartfren, terutama terkait dengan penjualan perangkat dan data.

Selamat Smartfren!

Tonton video Nidji Presenting Smartfren 4G LTE-Advanced berikut ini.



Saturday, August 15, 2015

Review Andromax R: Smartphone 4G LTE Kinerja Bagus, Harga Murah

Sebagaimana diketahui, Smartfren merilis lima (5) smartphone baru berbasis 4G LTE beberapa waktu yang lalu. Kasta tertinggi dari  smartphone 4G LTE tersebut ditempati oleh Andromax R yang memang memiliki spesifikasi jauh lebih baik dibandingkan dengan 4 smartphone 4G LTE lainnya yang dirilis Smartfren.  

Sudah lebih dari sepuluh hari terakhir saya menggunakan Andromax R ini. Kesimpulan yang saya berikan adalah smartphone ini memiliki potensi, fitur, dan harga yang sangat baik. Secara detail kemampuan Andromax R ini akan diuraikan sebagai berikut.

Spesifikasi Andromax R

Spesifikasi Andromax R adalah layar IPS HD (720p) OGS seluas 5 inchi yang dilapisi Dragon Trail, 4G LTE-EVDO dan GSM, prosesor Snapdragon 410 1,2 Ghz quad core, RAM 1GB dan ROM 8GB (plus slot micro SD card up to 32GB), kamera belakang 8 mpx dan depan 5 mpx dengan triple flash. Warna yang tersedia untuk Andromax R adalah Black Gold, Black Silver dan White Silver. Andromax R yang sapa pakai adalah Black Gold.

Andromax R berbasis Android Lollipop 5.0.2 yang pada awal pemakaian agak sedikit mengalami bug. Namun tiga  hari setelah dipakai Smartfren memberikan update yang membuat kinerjanya sangat jauh membaik. Hal ini dibuktikan dengan daya tahan baterai yang jauh membaik.

Secara spesifikasi tambahan lapisan Dragon Trail di layar Andromax R ini adalah sebuah keuntungan. Saya rasa dengan harga di bawah dua juta spesifikasi Andromax R sudah sangat memenuhi apalagi adanya lapisan Dragon Trail. Lapisan Dragon Trail merupakan salah satu fitur unggul yang dimiliki oleh Andromax R yang mungkin tidak dimiliki oleh smartphone yang sekelas.


What's In The Box

1. Smartphone Andromax R 4G LTE
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. Baterai
1. SIM Smartfren 4G LTE
1. Paket Bonus Data 2GB + 6GB selama satu minggu

Saya sangat senang dengan apa yang diberikan Smartfren kepada pelanggan bila membeli Andromax R, terutama paket data gratis yang sangat besar. Untungnya di tempat saya, di Ciawi Bogor, koneksi 4G LTE Smartfren sudah tersedia (meskipun belum resmi) sehingga paket data tersebut terasa sangat membantu dalam mengupdate berbagai aplikasi dan browsing gratis selama seminggu dengan kecepatan tinggi.

Tonton Video: Unboxing Smartfren Andromax R 4G LTE




Desain dan Hardware

Andromax R berbentuk berbentuk bar yang lumayan tebal. Namun jangan kira Andromax R ini berat. Andromax R ini sangat ringan. Saya sendiri agak kaget ketika memegangnya pertama kali, terasa sangat enteng, berbeda dengan smartphone lima inchi lainnya yang saya pakai selama ini.

Layar Andromax ini adalah HD 720p yang cerah. Pelapis anti gores Dragon Trail menambah nilai plus layar Andromax R ini. Secara desain ada hampir tidak berbeda dengan seri Andromax 4G lainnya, di mana di bagian pinggir ponsel diberikan nuansa emas yang enak dilihat. Bagian belakangnya berupa plastik matte yang bisa dilepas dengan mudah. 

Baterai Andromax R berkekuatan 2200 mAh yan bisa dilepas dengan mudah. Pada bagian atas di dekat baterai terdapat slot kartu 4G LTE Smartfren, kartu GSM dan slot micro SD Card.

Tombol ON/OFF berada segaris dengan tombol volume +/-. Ini agak menimbulkan kesulitan ketika mengambil screen shot. Apalagi tombol tersebut agak kurang menonjol keluar sehingga agak sulit untuk menekannya. Port charger ada di bagian bawah ponsel, sedangkan port jack 3,5 mm ada di bagian atas. 

Prosesor yang ditanamkan Smartfren di Andromax R ini sama dengan seri Andromax 4G lainnya, yaitu Snapdragon 410 berkekuatan 1,2 Ghz quadcore dan Andreno 306. RAM sebesar 1GB dan ROM 8GB yang bisa diekspansi hingga 32GB.

Dari sisi desain dan hardware ini yang patut diapresiasi adalah Andromax R ini ringan dan lapisan Dragon Trail di layar. Prosesor, RAM dan ROM yang sama dengan seri Andromax 4G lainnya. Alangkah baiknya jika Smartfren memberikan prosesor yang setingkat lebih baik. Namun demikian, tentu Smartfren punya pertimbangan tersendiri.

Bagian cover Andromax R
yang terbuat dari plastik matte

Tombol ON/OFF segaris dengan
tombol volume

Port charger

Port jack 3.5 mm
Kinerja

Secara keseluruhan kinerja Andromax R ini mengesankan. Hal ini terutama ditunjang oleh koneksi 4G LTE yang selalu tersedia sepanjang saya menggunakan Andromax R ini. Saya menggunakan Andromax R untuk menelpon, bermedia sosial, browsing, bermain game dan sekaligus menjadikannya modem. 

Dalam pengujian Antutu, Andromax R memperoleh skor sebagai berikut:



Oleh karena koneksi 4G LTE Smartfren di sekitar Ciawi/Bogor cukup stabil, apapun yang dilakukan berlansung sangat cepat. Misalnya mendownload aplikasi dengan ukuran file besar hingga 600 MB di aplikasi Real Racing. Bermedia sosial juga demikian, hampir tanpa waktu menunggu ketika melakukan tweet dan upload foto.

Friday, August 14, 2015

Advan Barca HIFI M6, Smartphone Musik Octa Core Harga Murah

Fitur musik di smartphone sering tidak dilihat oleh vendor smartphone, terutama vendor lokal. Padahal sangat banyak pengguna yang ingin menikmati musik dengan suara yang berkualitas. Terlebih lagi, sebagian besar pengguna sekarang ini hampir selalu menikmati musik sehingga smartphone yang dirancang khusus untuk musik menjadi sesuatu yang menarik. Untuk menjawab hal ini Advan menghadirkan smartphone yang khusus ditujukan bagi penggemar musik ini, yaitu Advan Barca HIFI M6 (dibaca: Musix).

Hari Kamis (13/8) bertempat di XXI Lounge Plaza Senayan, Advan secara resmi merilis Advan Barca HIFI M6 tersebut. Advan Barca HIFI M6 merupakan smartphone berbasis Android KitKat dengan Interface buatan Advan, yaitu IDOS. Advan Barca HIFI M6 merupakan samrtphone dengan prosesor Octa core berkekuatan 1,3 Ghz yang menjamin dilakukannya tugas multitasking secara lancar tanpa lag.

Tagline untuk Advan Barca HIFI M6 yang diberikan Advan adalah Smartphone Octa Core True Soundsystem. Hal ini ada benarnya karena di Advan Barca HIFI M6 Advan meletakkan dua speaker stereo di bagian depan smartphone (dual front speaker) yang bersuara dahsyat menghasilkan suara yang jernih dengan kualitas treble dan bass yang mengesankan.

Meskipun dikhususkan untuk menikmati musik dan hiburan lainnya Advan Barca HIFI M6 ini tidak meninggalkan spesifikasi lainnya. Advan Barca HIFI M6 ini secara spesifikasi cukup memuaskan dengan Layar HD 720p selebar 5 inchi, RAM 2GB, ROM 16GB plus slot micro SD card up to 64GB, kamera belakang 8 megapiksel dan depan 5 megapiksel, Bluetooth 4.0, WiFI 802 g/g/n dan baterai sebesar 2300 mAh.

Hal yang patut dilihat adalah tersedianya RAM 2GB dan ROM 16GB. Dengan RAM 2GB artinya tugas multitasking dapat dilakukan lebih lancar. Membuka sekalian banyak aplikasi tidak akan lagi tersendat atau lag. Khususnya dalam bermain game, RAM 2GB ini akan sangat membantu tampilan game yang tanpa lag.

ROM 16GB juga sebuah hal yang patut diapreasiasi. Oleh karena smartphone ini ditujukan untuk musik, pengguna akan sangat banyak menyimpan musik di smartphone mereka sehingga ROM 16 dengan ekpaansi hingga 64GB sangat menyenangkan pengguna. Selain itu adanya fitur USB OTG akan memudahkan penyalinan file-file musik dari berbagai flash disk.

Kembali ke kejernihan suara yang ditawarkan oleh Advan Barca HIFI M6. Fitur suara yang jernih nantinya akan membantu dalam melakukan video call seperti skype atau hangout. Plus untuk menikmati musik atau video call tersebut Advan menyediakan earphone stylish berkualitas berupa Metalic Music Earphone yang sudah ada dalam paket pembelian. 

Tentunya Advan tidak hanya menawarkan kemudahan dan fitur melalu smartphone Advan Barca HIFI M6. Satu hal yang selama ini menjadi kendala adalah harga paket data yang kini tidaklah murah. Untuk hal ini pembeli Advan Barca M6 tidak perlu khawatir karena Advan telah bekerja sama dengan Telkomsel berupa paket TAU seharga Rp49.000 untuk mendapatkan paket data sebesar 2GB yang dapat dibeli pelanggan sebanyak 3x setiap bulannya. Selain itu, 50 pembeli pertama Advan Barca HIFI M6 akan mendapat potongan sebesar Rp50.000,00 plus bisa berlangganan musik melalui Langit Musik dengan harga hanya Rp5.500/bulan serta gratis streaming dua film menarik di Moovigo.

Ini artinya sebuah penawaran yang sangat lengkap yang diberikan oleh Advan. Mulai dari smartphone Advan Barca HIFI M6 yang memiliki spesifikasi dan fitur yang bagus, pengguna juga dimanjakan dengan adanya kerja sama Advan dengan Telkomsel. 

Dalam launching Advan Barca HIFI M6 kemarin, juga dikemukakan fakta bahwa Advan merupakan vendor lokal yang terus mengalami pertumbuhan yang bagus sehingga Telkomsel tidak pikir dua kali untuk bekerja sama dengan Advan. Dengan harga relatif terjangkau dan produk berkualitas hal ini bukan sesuatu yang aneh. Hal yang lebih menyenangkan adalah bahwa kerja sama Advan dengan klub sepak bola Barcelona di mana pengguna Advan Barca HIFI disediakan aplikasi khusus untuk menonton pertandingan Barcelona.

Secara lengkap spesifikasi Advan Barca HIFI M6 adalah sebagai berikut.

OS: Android KitKat 4.4.2 dengan IDOS Interface
Prosesor: MediaTek Octa core 1,3 Ghz
RAM: 2GB
ROM: 16GB plus slot micro SD card up to 64GB
Layar: 5 Inchi HD720p (1280x720)
Kamera: Belakang 8 megapiksel, depan 5 megapiksel
SIM: Dual SIM (3G+wcdma)
WiFi : 802.11 b/g/n
Baterai: 2300 mAh
Bluetooth: V 4.0
Fitur: Air Gesture, Vioce Typing, Letter Gesture, Direct?Mirroring, Double Knock to Wake, Flip To Mute
Earphone: 3,5 mm jack input
Harga: Rp1.799.000,00

Sekilas bila kita lihat dari harga yang ditetapkan oleh Advan, harga Advan Barca HIFI M6 ini bisa dikatakan sangat terjangkau. Bila kita perbandingkan dengan spesifikasi, harga tersebut cukup senilai bahkan mungkin bisa dikatakan murah. Apalagi jika dibandingkan dengan merek-merek lain tidak ada yang memberikan RAM 2GB dan ROM 16GB di harga di bawah 2 juta rupiah.

Model memperagakan Advan Barca HIFI M6

Bagian belakang Advan Barca HIFI M6

Tjandra Lianto MD Advan memberikan sambutan

Perwakilan Telkomsel menguraikan kerja
sama dengan Advan

DJ Alice Norin turut memperagakan Advan
Barca HIFI M6

Advan Barca HIFI M6 resmi dirilis

Sesi tanya jawab

Untuk ketersediaan perangkat, Advan sudah mulai mendistribusikan ke berbagai dealaer di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi sehingga Advan Barca HIFI M6 ini sduah dapat ditemukan di toko ponsel terdekat.

Tuesday, August 11, 2015

Google Is Not Dead: Selamat Datang Alphabet

Google kini Alphabet
Alphabet. Apa yang terlintas ketika mendengar kata alphabet? Deretan huruf mulai dari A hinga Z? Mungkin ini jawaban yang benar, namun kini Alphabet bisa berarti Google, mesin pencari nomor satu di internet.

Dunia dikejutkan dengan kabar bahwa Google akan membentuk sebuah payung bagi perusahaan-perusahaan lain yang selama ini di bawah payung Google. Payung perusahaan tersebut atau biasa disebut Holding Company diberi nama oleh Larry Page dan Sergey Brin Alphabet. 

Dalam beberapa waktu ke depan dan mungkin efektif di awal Januari 2016, Google akan menjadi salah satu perusahaan di bawah payung Alphabet bersama dengan beberapa perusahaan lain, seperti Google X, Life Science, Nest, Fiber dan lainnya. Namun sebenarnya intinya bukan hal tersebut.

Sejak Oktober tahun lalu, day to day basis operation dari Google sudah berada di bawah Sundar Pichai yang mengepalai Android dan Chrome. Jauh sebelum itu, Google yang getol dengan proyek moonshot membuat berbagai macam perusahaan di selingkar Google. Ini semacam perusahaan besar yang dikelilingi oleh proyek-proyek yang jauh dari kata profit.

Driverless Car misalnya, meskipun sudah dijajal dari tahun 2010, namun sampai sekarang belum cukup percaya diri untuk dibawa ke publik meskipun beberapa negara bagian sudah melakukan tes. Proyek Balon Internet yang digelar tahun 2013 yang lalu baru akan mulai bekerja sama dengan Sri Lanka (dalam tahap pembicaraan). Demikian juga dengan Nest yang diakuisisi setahun yang lalu di mana Larry Page menjanjikan independensi kepada CEO-nya Tony Fadell.

Sebut saja Calico, Life Science, Google X dan mungkin beberapa perusahaan lagi yang akan diakuisisi Google di masa depan akan memperberat jalan Google sebagai sebuah perusahaan yang fokus kepada search pada awalnya.

Wall Street melihat Google terlalu gendut dan mungkin tidak fokus karena keuangannya digerus oleh proyek moonshot Larry dan Sergey. Proyek-proyek tersebut memiliki masa depan yang cerah, namun mungkin tidak akan menghasilkan keuntungan dalam lima tahun ke depan atau lebih sehingga akan memperberat Google dari sisi keuangan. 

Hal ini merupakan perhatian juga dari CFO baru Google  Ruth Porat yang ingin melakukan semacam efisiensi biaya sehingga meskipun Google terus meningkat pendapatannya, akan kurang berarti jika biaya (tidak perlu) terus meningkat.

Sepertinya logika seperti ini yang mendorong didirikannya payung perusahaan bernama Alphabet. Dengan Alphabet Google akan berdiri sejajar dengan perusahaan lain, meskipun merupakan perusahaan paling banyak menghasilkan pendapatan. Perusahaan lain semisal Nest akan bisa lebih fokus dan tidak direcoki (mungkin) oleh iklan Google di Thermostat mereka. Demikian juga Google X akan lebih independen secara keuangan.

Google kini diserahkan kepada Sundar Pichai yang memang sudah saya diperkirakan suatu waktu akan menjadi CEO Google. Pichai merupakan orang yang tepat untuk memimpin Google dan meneruskan pertumbuhan yang bagus. Alphabet sendiri akan dipimpin oleh CEO Larry Page dan President Sergey Brin. Hal yang menarik adalah Omid Kordestani yang baru beberapa waktu kembali ke Google akan menjadi advisor, baik untuk Alphabet maupun Google. Demikian juga Ruth Porat akan menjadi CFO Google dan Alphabet.
Alphabet Holding Company
(Source: afr.com)


Saya rasa Larry dan Sergey sedikit menggeser moonshot mereka keluar dari Google, tetapi jelas tidak jauh. Proyek Moonshot ini menjadi semacam beban karena secara nama sangat bagus, namun nihil keuntungan. Seperti yang dikatakan oleh Larry Page, Google bukanlah conventional company. Jadi akan selalu mencari dan menjadi sesuatu di masa depan.

Larry dan Sergey memang terkenal dengan sesuatu yang luar biasa. Hal-hal luar biasa ini mereka jadikan proyek moonshot. Namun merekapun realistis bahwa Google tidak selamanya bisa dijadikan andalan untuk hal tersebut karena akan menjadi tidak fokus. Untuk itulah Alphabet mereka dirikan.

Lalu mengapa namanya Alphabet?

Bermacam spekulasi mengiringi pemilihan nama yang terlihat terlalu biasa ini. Larry Page dalam rilis resmi Alphabet mengatakan:
What is Alphabet? Alphabet is mostly a collection of companies. Alphabet is about businesses prospering through strong leaders and independence. In general, our model is to have a strong CEO who runs each business, with Sergey and me in service to them as needed. We will rigorously handle capital allocation and work to make sure each business is executing well. We'll also make sure we have a great CEO for each business, and we’ll determine their compensation.
We liked the name Alphabet because it means a collection of letters that represent language, one of humanity's most important innovations, and is the core of how we index with Google search! We also like that it means alpha‑bet (Alpha is investment return above benchmark), which we strive for!

Mengingat ada sebanyak 26 huruf Alphabet, ini mengindikasikan keinginan Larry dan Sergey untuk membentuk sebuah holding company yang sangat besar. Ambisi besar Larry dan Sergey akan lebih bisa dituntaskan dengan mendirikan Alphabet sehingga Google bisa lebih fokus ke produk-produk andalannya seperti Serach, Maps, YouTube, dan Android. 

Hal yang pasti, hampir tidak ada perubahan besar yang terjadi meskipun Google nanti akan berada di bawah Alphabet. Namun ini langkah penting guna memperoleh tanggapan positif dari Wall Street.

Di berbagai media analis memperkirakan bahwa Google dengan mendirikan Alphabet akan seperti Warren Buffet dengan  Berkshire Hathaway-nya yang memayungi sekian banyak perusahaan. Mungkin saja perkiraan itu ada benarnya. Namun Google adalah Google bukan perusahaan biasa. 

Monday, August 10, 2015

Radikalisasi di Internet

Internet telah membuat masalah baru yang makin sulit dicari penyelesainnya. Sifat borderless dari internet telah membuat pembuat kebijakan, mereka yang ingin merelokasi isu dan membatasi informasi kepayahan. Bahkan dalam beberapa kesempatan, internet kini menjadi lahan subur bagi disinformasi, diskriminasi dan radikalisasi. Hal ini menjadi perhatian utama dalan sebuah Focus Group Discussion yang dilaksanakan oleh ICDW dan ICT Watch hari Jumat (7/8)  yang lalu.

Dalam tiga tahun terakhir fenomena radikalisasi (terutama) di internet terus meningkat. Hal itu diungkapkan oleh Savic Ali. Situs-situs penebar kebencian sangat leluasa berkampanye dan merekrut anggota baru tanpa henti. Sementara itu, dari pihak pemerintah terlihat terlalu gamang untuk mengambil tindakan hukum dan seperti membiarkan hal tersebut terus berlangsung.

Tentunya bukan hanya radikalisasi. Pelaku disinformasi dan diskriminasi juga sangat banyak, terutama di media sosial. Mereka yang mengedit foto untuk kepentingan kelompok mereka dan menyudutkan pihak lain, leluasa memposting Hoax tanpa khawatir di penjara atau bahkan sekadar dilaporkan. 

Diskrimansi terhadap ras minoritas tertentu, menjadi-jadi dan tak malu-malu lagi diumumkan di media sosial. Ancaman bunuh atau usir mungkin sudah terlalu biasa kita lihat.

Fenomena Disinformasi, Diskriminasi dan Radikalisasi tersebut terus meningkat seiring dilaksanakannya Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden di tahun 2014 yang lalu. Umpatan kebencian, ancaman pengusiran dan bahkan pembunuhan sudah hal yang biasa dilihat. Meskipun fokus ada di internet, namun peristiwa Obor Rakyat memperlihatkan bahwa radikalisasi tersebut ternyata dikampanyekan juga secara offline dengan mencetak tabloid. 

Sebagian orang melihat bahwa disinformasi, diskriminasi dan radikalisasi tersebut merupakan fenomena sesaat karena adanya Pemilu dan Pilpres. Anggapan tersebut buyar karena hampir setahun sesudah Pemilu dan Pilpres disinformasi, diskriminasi dan radikalisasi tak kunjung menurun malah makin terus meningkat. Kita bisa membuktikan bahwa mereka yang kalah (merasa kalah) tetap tidak bisa move on dari isu-isu radikal, hoax dan segala macam bentuk diskriminasi.

Hal yang sulit adalah bahwa kampanye disinformasi, diskriminasi dan radikalisasi ini lebih terasa di pemegang mayoritas, yaitu Islam atau setidaknya mereka yang mengaku beragama Islam. Adalah sulit bagi akal kita, Islam yang sangat menghargai akhlak dan kelemah-lembutan, bisa tampil sedemikian ganas di media sosial dengan corong orang-orang yang mengaku memeluk Islam. Adalah di luar akal, pemeluk Islam bisa begitu rasis dan bisa menghalalkan darah orang lain.

Ujungnya adalah pada bulan April yang lalu sebanyak 22 situs disangka sebagai situs radikal ditutup oleh pemerintah, meskipun kemudian dibuka kembali. Peristiwa ini menandai sebuah langkah pemerintah yang mungkin tidak biasa karena melakukan pemblokiran situs. Reaksi tentu saja bermacam-macam, namun yang perlu ditelusuri adalah bahwa di antara situs-situs tersebut memang ada yang bersembunyi dibalik nama besar Islam untuk terus mengampanyekan radikalisme.

Ada semacam teori bahwa disinformasi, diskrimanasi dan radikalisasi ini adalah sebuah grand design dari pihak yang tidak menyenangi adanya ketenteraman di Indonesia. Ini bisa saja sebuah argumen yang benar, namun tentu perlu dilihat lebih dalam untuk mencari bukti keterlibatan pihak-pihak asing. 

Namun saya lebih condong pada teori bahwa internet telah digunakan secara membabi-buta untuk menyebarkan paham radikal. Internet digunakan untuk menunjukkan supremasi satu pihak atas pihak lain hanya karena pihak yang ingin meraih supremasi tersebut merasa lebih berhak untuk berkuasa. Sifat tanpa batas internet dan bekerjanya algoritma layanan di internet memperparah kondisi tersebut karena mereka yang radikal bisa dengan sangat cepat merekrut anggota, hampir tanpa biaya dan usaha.

Pada akhirnya konten yang salah, konten diskriminasi dan konten radikal sedemikian banyak beredar. Impotensi hukum membuat konten tersebut leluasa menyeberang dari satu ranah ke ranah lain. 

Tentu mereka yang tidak setuju dan masih memiliki akal sehat melakukan perlawanan. Namun sejauh ini, mereka cenderung bekerja sendiri-sendiri tanpa ada satu grand design arah dan tujuan.

Seperti yang diuraikan Savic Ali dalam diskusi tersebut, situs-situs yang mencoba meredam berkembangnya paham radikal menunjukkan pertumbuhan yang cukup pesat. Namun ada kelemahan situs tersebut, yaitu mereka terlalu seragam, kampanye yang terbatas dan traffic yang kalah jauh dibandingkan situs radikal.

Pemerintahpun melalui BNPT mulai mengampanyekan Portal Damai. Melakukan roadshow ke berbagai tempat untuk mengajak memperbanyak konten damai melalui ajakan persuasif. Akan tetapi, kekhawatiran bahwa usaha tersebut tidak cukup serius tetap ada. Dan lagi apa yang dilakukan lebih condong case by case, bukan sesuatu yang secara besar didesain, didanai dan dikerjakan oleh mereka yang turut melakukan perlawanan terhadap (terutama) radikalisme di internet.

Upaya pemerintah juga seharusnya mulai dengan menegakkan hukum. Beberapa pasal di Undang-Undang Informasi Elektronik (UU ITE) dapat digunakan untuk menjerat mereka yang melakukan berbagai tindakan disinformasi dan diskriminasi di internet, sedangkan yang melakukan ancaman (mungkin) bisa dijerat dengan hukum Pidana.

Hal ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan bagi mereka yang menjadi sasaran fitnah, menggunakan tangan negara (melalui UU) untuk memenjarakan mereka yang radikal masih dipandang sebagai usaha yang "terlalu berlebihan".  Kekhawatiran iklim kebebasan berekspresi digerus oleh penerapan berbagai undang-undang menjadi momok yang menakutkan.

Namun tentu usaha meredam disinformasi, diskriminasi dan radikalisasi harus tetap diupayakan, terutama dari negara. Upaya penutupan situs tanpa memberikan jera bagi yang menyelenggarakan situs adalah suatu usaha sia-sia. Pemerintah perlu melihat lebih jauh, bahwa memberangus situs radikal mungkin pilihan sulit yang harus dilakukan. Keseriusan pemerintah dalam menegakkan hukum patut dipertanyakan jika selalu saja, situs-situs yang ditutup lebih condong sebagai shock therapy

Dalam kasus pemblokiran 22 situs terlihat bahwa pemerintah tidak punya kriteria yang jelas. Pemerintah melalui Kominfo sepertinya berpikir "blokir dulu pikir kemudian" sehingga hal ini malah menimbulkan back fire. Pemerintah tidak siap menangani reaksi dari mereka yang anti pemblokiran dan bahkan mereka yang pro pemblokiran pun menyayangkan bahwa tidak adanya suatu dialog tentang penapisan.

Hal seperti ini cenderung membuat kampanye kebencian di internet cenderung terus meningkat karena tidak adanya landasan yang cukup masuk akal, apalagi hal ini terkait dengan suatu agama besar di Indonesia yang bisa saja disalahgunakan demi kepentingan kelompok tertentu.

Belajar dari hal ini, disinformasi, diskriminasi dan radikalisasi sudah seharusnya ditangani lebih serius. Menyediakan payung hukum, penegakan hukum yang lebih jelas bisa menjadi alat serius untuk membendungnya. Namun jangan lupa kampanye konten positif yang persuasif serta memetakan kekuatan mereka yang mendukung kebebasan berbicara tanpa harus meniadakan, melecehkan dan melakukan diskriminasi terhadap orang lain. 

Thursday, August 6, 2015

Singgah di Asia Bagus Sambil Nobar Community Shield Chelsea vs Arsenal

Asia Bagus
Apa yang akan muncul bila Anda mengetikkan kata "asia bagus" di bilah pencarian Google? Saya bisa pastikan yang muncul adalah kontes pencarian bintang penyanyi di era tahun 90-an yang sangat terkenal dan melahirkan penyanyi yang berkelas. Asia bagus dalam data base Google sejauh ini adalah kontes menyanyi. Namun tahukah Anda bahwa Asia Bagus adalah sebuah situs tempat Anda bisa bermain game?

Bertempat di Just Sport Plaza Festival, Kuningan (Minggu, 2/8) Asia Bagus merilis situs mereka di Indonesia dengan menghadirkan Nonton Bareng pertandingan Community Shield Chelsea versus Arsenal. Pertandingan Chelsea versus Arsenal itu sendiri berlansung sangat seru dengan kemenangan di tangan Arsenal dengan skor 1:0. Namun tentu akan lebih seru lagi mengetahui apa sebenarnya situs Asia Bagus tersebut.

Pertama sekali kita harus mengetahui asal Asia Bagus ini. Asia Bagus berasal dari Philipina. Situs mereka merupakan situs untuk bermain game, serta informasi sekitar olahraga seperti sepakbola dan MotoGP. Secara keseluruhan apa itu Asia Bagus dapat Anda baca di halaman perkenalan Asia Bagus di LINK INI atau melihat screen shot berikut ini.

Tentang Asia Bagus
Oleh karena Asia Bagus merilis situsnya di Indonesia, hal yang perlu dilihat adalah bagaimana ketertampilan situs tersebut. Untuk itu dalam beberapa hari ini saya berkunjung situs asiabagus.com untuk mencari tahu situs tersebut dari sisi tampilan, performa serta isi situs.

1. Performa Situs 

Berdasarkan tes yang saya lakukan situs asiabagus.com ini termasuk cepat waktu loadingnya. Perlu diketahui bahwa pengguna tidak mau menunggu situs yang waktu loadingnya lebih dari 5 detik. Untungnya asiabagus.com masih berada di dibawa lima detik, tepatnya 4,31 detik. 

Waktu mendekati 5 detik ini sebenarnya bukan sesuatu yang aneh karena sebagai situs games, asiabagus.com dijejali oleh grafik dan foto serta animasi yang sangat banyak yang membuat waktu loading situs menjadi agak lama. Semakin banyak gambar dan grafis serta berbagai animasi di situs, makan waktu loadingnya akan semakin lama. Perhatikan hasil tes berikut ini dari Pingdom:


Secara keseluruhan situs asiabagus.com lebih cepat 38% dari keseluruhan situs yang diuji oleh Pingdom. Secara lebih detail kecepatan masing-masing bagian dari situs asiabagus.com ini adalah sebagai berikut.


Tentu saja Asia Bagus tidak hanya untuk pengguna desktop, namun juga bagi mereka yang mobile. Saat saya berkunjung ke situs mobilenya, asiabagus.com juga dapat terbuka dengan cepat seperti gambar berikut ini.

Situs Asia Bagus Mobile

Dengan kemudahan dijangkau oleh perangkat mobil, situs asiabagus.com ini tentu akan punya peluang dikunjungi lebih banyak pengguna karena saat ini trend-nya adalah mobile. Internet mobile kini sangat banyak yang menggunakannya, bahkan ada sebagian pengguna yang tidak lagi menggunakan desktop sehingga kemudahan dijangkau oleh koneksi mobile harus menjadi perhatian serius.

Dari sisi performa waktu loading bisa dikatakan asiabagus.com cukup cepat. Namun tentunya akan kalah bersaing dengan situs game yang lebih cepat lagi waktu loading-nya. Untuk itu, sebaiknya waktu loading situs ditekan menjadi sekitar 3-4 detik saja.

2. Tampilan, Desain

Bisa dikatakan situs asiabagus.com ini sangat warna-warni. Sangat sedikit saya temukan warna putih yang banyak menjadi ciri khas situs lain. Situs asiabagus.com didominasi warna merah dengan tambahan warna lain yang juga cukup mencolok seperti kuning dan biru. Sebagai situs game hal ini dapat dipahami. 

Situs asiabagus.com juga dipenuhi oleh animasi yang cukup menarik untuk menampilkan berbagai informasi. Perlu diketahui bahwa animasi memang cukup menarik, tetapi akan memperlambat loading situs. Namun demikian jika masih di bawah 5 detik masih bisa dipahami karena masih di bawah batas waktu maksimal.

Navigasi di situs asiabagus.com juga tergolong mudah dengan menu dan submenu berada di bagian atas situs. Jika kursor diletakkan pada satu menu tertentu, maka akan keluar submenu yang ada di dalamnya. 

Pengguna yang pertama kali berkunjung ke asiabagus.com akan dengan mudah menemukan tombol JOIN. Jika tombolo ini diklik akan keluar submenu untuk mendaftar. Nantinya jika berkunjung kembali cukup dengan melakukan login dan mulai bermain.

Saya rasa, mereka yang sering bermain game online dapat dengan mudah memahami situs asiabagus.com ini. Menunya sederhana, mudah dimengerti dan navigasinya, perpindahan dari satu menu ke menu yang lainnya dan submenu berlangsung dengan mudah.

3. Isi Situs

Seperti telah disebutkan sebelumnya, situs asiabagus.com adalah situs tempat bermain game. Pengunjung bisa bermain game trial atau memasukkan deposit tertentu untuk bermain game. 

Tentunya dengan merilis situsnya di Indonesia, akan banyak pemain game Indonesia yang bermain di Asia Bagus. Harapan ini bisa diwujudkan dengan memberikan kemudahan akses di situs, waktu loading yang lebih pendek dan kemudahan dalam memainkan game. Mohon untuk diingat, situs asiabagus.com hanya untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas atau biasa disebut sudah dewasa.

Selamat Asia Bagus!

Jangan lupa, Nobar Community Shield antara Chelsea versus Arsenal berjalan sangat seru. Masing-masing fans dua kesebelasan bergantian teriak ketika klub yang mereka dukung melakukan serangan atau hampir membuat gol. Sayangnya hanya satu gol yang tercipta dari pertandingan tersebut.

Selain itu, acara Nobar ini juga dihadiri beberapa Blogger lain yang ikut meramaikannya. Beberapa foto tentang kegiatan Nobar ini dapat dilihat sebagai berikut.


Para Blogger berdiskuis menjelang acara Nobar

Asyik menonton Chelsea vs Arsenal

Tidak perlu khawatir lapar, ada makanan gratis


Wednesday, August 5, 2015

7 Langkah Penting Menggunakan Perangkat Android Pertama Kali

Sekitar tiga atau 4 tahun yang lalu waktu pertama kali menggunakan smartphone Android, saya agak bingung melakukan apa saja yang seharusnya dilakukan terhadap smartphone Android yang baru saya beli dari toko. Seiring waktu dan telah sekian banyak melakukan unboxing, saya menyimpulkan setidaknya ada 7 (tujuh) hal yang perlu dilakukan ketika pertama kali menggunakan smartphone/tablet Android.

1. Cek Device yang Anda Beli

Biasanya pengguna telah terlebih dahulu men-search device Android yang jadi idaman mereka. Berdasarkan data dan pengalaman, kebanyakan pengguna mencari produk yang akan mereka beli sebelum melakukan pembelian. Tidak jarang ada yang membaca review bahkan meminta saran kepada seseorang yang mungkin lebih tahu tentang kelebihan dan kekurangan device. Setelah itu barulah mereka pergi ke toko offline atau online untuk membeli smartphone/tablet Android idaman mereka.

Tidak jarang juga pengguna membeli smartphone/tablet bekas pakai dengan harga yang biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Untuk kondisi seperti ini ada baiknya ditanyakan kepada penjual, bagian mana saja yang mengalami susut karena pakai, misalnya ada retak halus di SIM tray atau colokan. Kegetolan bertanya kepada penjual Android bekas pakai perlu mengingat barang tersebut bekas pakai. Kemudian kalau perlu bertransaksi secara cash on delivery agar bisa melihat langsung Android yang akan dibeli.

Setelah memperoleh smartphone/tablet Android baru atau yang bekas pakai, hal yang pertama dilakukan adalah mengecek kelengkapan yang ada di dalam boks. Biasanya dalam boks Android baru terdapat kartu garansi, charger, kabel data. baterai dan headset. Pada Android yang SIM Tray-nya ada di samping smartphone biasanya dilengkapi dengan colokan untuk mengeluarkan SIM tray tersebut. Tempatkan charger, baterai dan lain-lain pada tempatyang berbeda dan sesuaikan dengan paket pembelian yang biasanya ada di sisi boks Android yang baru saja dibeli. 

2. Persiapkan Data Paket Internet via WiFi

Terkadang Android yang baru dibeli di-bundling dengan SIM Card dari operator. Misalnya setiap saya pertama kali menggunakan Android dari Smartfren, saya memperoleh kartu SIM dan paket data sekaligus. Sayangnya paket data tersebut terlebih dahulu harus diaktifkan dengan mendaftarkan diri ke Smartfren. Demikian juga jika membeli Android yang di-bundling dengan operator lainnya. 

Untuk mengatasi hal ini, sediakan koneksi data melalui WiFi. Untuk sementara hilangkan password tethering agar android baru bisa terkoneksi langsung dengan WiFi tersebut. Cara lain bisa dengan menggunakan SIM card lama yang sudah memiliki paket data, tetapi biasanya untuk koneksi pertama kali lebih disarankan menggunakan koneksi WiFi agar lebih lancar.

3. Login ke Google

Setelah koneksi internet tersambung via WiFi, langkah berikutnya adalah login atau membuat akun baru Google. Jika Anda ingin membuat akun yang berbeda dari akun sebelumnya, Anda bisa membuat akun baru. Akan tetapi jika ingin mempertahankan data yang sudah di-back up sebelumnya di device Android lain, Anda dapat memilih Existing.

Oleh karena data sudah di-back up ke server Google, mereka yang sebelumnya sudah memiliki banyak data akan disinkronisasi ke device baru tersebut. Sayangnya, aplikasi apa saja yang sudah Anda pakai di Android lama belum bisa di-back up. Namun kabar baiknya fitur ini nantinya akan ada di seri Android terbaru, yaitu Android M.

Namun perlu Anda ketahui, ZTE Blade S6 memungkinkan Anda mem-back up aplikasi yang sudah Anda pakai sehingga bila Anda sebelumnya menggunakan ZTE Blade S6 aplikasi dapat Anda back up ke SD card kemudian dipindahkan ke device baru. Hal ini tentu akan menghemat pemakaian data.

Bagi Anda yang sama sekali baru menggunakan Android, setelah membuat akun Google, tugas berikutnya adalah meng-update aplikasi bawaan, terutama yang berasal dari Google. Selanjutnya adalah mendownload berbagai aplikasi yang ingin dipakai. Untuk aplikasi bawaan lain akan dibahas pada langkah berikutnya.

4. Menghapus atau Disable Bloatware

Kebanyakan Android yang beredar di pasar membawa aplikasi pre-installed atau biasa disebut bloatware. Aplikasi ini tentu yang sesuai dengan vendor atau bahkan aplikasi buatan vendor itu sendiri yang sayangnya tidak begitu diperlukan. Ketika aplikasi tersebut tidak diperlukan, maka hanya akan mempersempit ruang storage device. Untuk itu, jika aplikasi bawaan bisa dihapus, sebaiknya dihapus. Namun jika tidak bisa dihapus, lakukan disable (karena perangkat tidak/belum di-root).

Saya termasuk pengguna yang alergi denga bloatware. Aplikasi yang tergolong bloatware ini selalu yang pertama kali saya hilangkan dari device. Karena saya tidak menggunakan Facebook, aplikasi ini selalu jadi korban pertama untuk di-uninstall. Demikian juga dengan aplikasi bawaan lain seperti bank, word processing, game dan banyak lainnya. Dengan menghapus bloatware ini perangkat Android Anda akan lebih bagus kinerjanya.

5. Buka Cakrawala Baru

Banyak pengguna yang menggunakan aplikasi yang sama di setiap device Android yang mereka miliki. Hal ini bukan sesuatu yang salah. Namun ada baiknya Anda membuka cakrawala baru dalam hal pemakaian aplikasi. Maksudnya adalah menggunakan aplikasi yang jauh berbeda dibandingkan dengan device Android terdahulu.

Misalnya bila pada perangkat sebelumnya Anda menggunakan Nova Launcher, mengapa tidak di perangkat baru menggunakan Google Now Launcher. Selain itu, bila biasanya menggunakan aplikasi Twitter native, mengapa tidak coba Falcon atau Carbon atau aplikasi bagus lainnya. Nantinya Anda bisa memperbandingkan aplikasi-aplikasi  tersebut dan yang terbaiklah yang akan lebih banyak Anda gunakan.

6. Amankan Perangkat

Mengamankan perangkat Android bukan berarti Anda harus menginstall aplikasi antivirus. Saya termasuk yang sudah tidak menginstall aplikasi antivirus untuk beberapa lama, tetapi perangkat Android saya tetap aman. Hal yang dimaksud dengan mengamankan perangkat adalah membatasi akses orang lain terhadap perangkat. Contohnya membuat PIN, scan sidik jari dan lainnya.

7. Perdalam Pengetahuan Anda tentang Perangkat

Perangkat Android yang baru saja Anda beli mungkin sudah Anda kenal. Namun bukan berarti Anda tahu seluruhnya tentang kelebihan yang ditawarkan perangkat tersebut. Untuk itu, Anda perlu membaca sekilas buku panduan dan kemudian melakukan praktik di perangkat. 

Perangkat high end seperti Galaxy S6 atau S6 Edge memiliki banyak fitur yang perlu Anda dalami terlebih dahulu agar bisa menggunakannya lebih baik dan lebih efisien. Semakin banyak fitur yang ditawarkan perangkat, semakin banyak yang harus Anda pelajari agar perangkat bisa berfungsi dengan baik.

Biasanya memperdalam pengetahuan tentang perangkat ini dapat Anda lakukan sepanjang Anda menggunakan perangkat. Namun untuk tahap permulaan penting bagi Anda untuk mengetahui fitur-fitur utama dan cara menggunakannya agar bisa menggunakannya pertama kali.

Tentu saja langkah-langkah tersebut di atas tidak berjalan sekali waktu saja. Anda bisa melakukan dua atau tiga hal teratas terlebih dahulu, lalu kemudian mengisi baterai hingga penuh (biasanya disarankan minimal 4 jam) dan baru kemudian melanjutkan ke langkah berikutnya.

Selamat menggunakan Android baru Anda ! Jika merasakan manfaat dari artikel bisa dibagi ke rekan Anda yang lain. 

Baca Juga: 5 (Lima) Aplikasi yang Harus Dibuang dari Android
                  : Review: Smartfren Andromax Ec 4G LTE  

 


Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...