Friday, December 18, 2015

ASUS Zenfone 3 RAM 6GB Plus Fitur Sidik Jari dan USB Type C?

Zenfone Laser dari ASUS
Sepanjang tahun 2015 ini, di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia ASUS memberikan kejutan bagi vendor-vendor yang telah terlebih dahulu eksis seperti Samsung, LG, dan Sony. Dari sebelumnya tidak dikenal, ASUS muncul menjadi vendor nomor dua dalam hal penguasaan pasar smartphone di Indonesia setelah Samsung.

Hal ini berkat suksesnya smartphone flagship mereka, yaitu Zenfone 2 yang membawa RAM terbesar dari yang pernah ada di sebuah smartphone, yaitu 4GB. Selain itu Zenfone 2 juga diberikan fitur-fitur yang tidak kalah dengan smartphone flagship lainnya, tetapi dengan harga yang jauh lebih bersahabat.

Mengikuti kesuksesan Zenfone 2 tersebut, di akhir tahun ini di Indonesia ASUS merilis beberapa smartphone baru yang memiliki benchmark desain ke Zenfone 2. Tidak tanggung-tanggung ASUS menyerbu pasar dengan berbagai smartphone yang masing-masing memiliki kekuatan fitur yang berbeda. ASUS merilis Zenfone Laser untuk mereka yang menginginkan fitur fotografi yang bagus, Zenfone Selfie untuk para penggemar Selfie, Zenfone Max untuk mereka yang menginginkan daya tahan baterai monster dan Zenfone Deluxe untuk mereka yang menginginkan penyimpanan internal besar.

Tentunya ASUS berharap lini produk baru ini akan me-refresh produk ASUS di pasar karena Zenfone 2 sudah hampir berusia satu tahun. Catatan yang perlu diperhatikan adalah meskipun sudah hampir setahun Zenfone 2 ini dikabarkan masih terjual sangat baik di berbagai pasar, termasuk Indonesia.

Tentunya di tahun 2016 yang sudah semakin dekat, ASUS ingin melanjutkan kesuksesan mereka dengan merilis generasi berikutnya dari seri flagship Zenfone, yaitu Zenfone 3. Beberapa rumor awal tentang Zenfone 3 ini sudah cukup lama beredar di mana dikabarkan ASUS sudah mengirim undangan untuk acara mereka di CES 2016 di Las Vegas. Perlu diketahui, ASUS tahun lalu merilis Zenfone 2 di ajang CES 2015 Las Vegas sehingga sangat masuk akal jika tahun depan (2016) akan merilis Zenfone 3 di tempat dan ajang yang sama.

Ajang CES memang sudah sangat dekat, yaitu bulan Januari 2016 sehingga rumor tentang spesifikasi Zenfone 3 juga sudah mulai terlihat. Rumor tersebut adalah tersedianya fitur sidik jari pada Zenfone 3. Sebagaimana diketahui, fitur sidik jari ini sepertinya makin populer, meskipun pengguna masih sangat minim menggunakannya. Namun sebagai fitur untuk bertarung di pasar smartphone Android yang crowded, ASUS perlu memberikan fitur ini agar tidak terlihat tertinggal.

Selain fitur sidik jari, Zenfone 3 juga akan memiliki port USB Type C yang juga makin populer dan sudah menjadi standar pada smartphone flagship. Bagi saya sendiri, fitur USB Type C ini sama dengan fitur sidik jari, diperlukan untuk tidak terlihat tertinggal dengan vendor lain meskipun penggunaan mereka di tangan pengguna masih dipertanyakan.

Jauh sebelum rumor kedua fitur tersebut, rumor sebelumnya mengabarkan bahwa Zenfone 3 akan kembali menaikkan batas atas RAM sebuah smartphone dengan RAM sebesar 6GB. Jika rumor ini benar, ini berarti adu pacu memperbesar RAM di smartphone akan kembali mengemuka karena sebelumnya ASUS sudah menaikkan batas atas RAM smartphone ke 4GB di Zenfone 2.

Namun demikian, sejauh ini belum ada rumor tentang besarnya resolusi kamera beserta fitur-fiturnya di Zenfone 3. Namun bila melihat kencenderungan smartphone flagship yang selalu menaikkan besaran resolusi kamera, tidak akan menghenrankan jika Zenfone 3 nantinya akan memiliki resolusi kamera minimal 16 megapiksel dengan fitur OIS. 

Dari sisi desain, setelah sukses dengan desain bagus pada Zenfone 2, saya rasa tidak akan banyak perubahan di desain Zenfone 3. Di sisi prosesor, kemungkinan besar Intel akan kembali menjadi pilihan ASUS pada Zenfone 3.

Siap menunggu Zenfone 3? Mari kita lihat nanti di ajang CES 2016!

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...