Wednesday, December 16, 2015

ASUS ZenBook Pro N501J, Laptop Premium untuk Profesional

ASUS Zenbook Pro N501J
Laptop premium memiliki daya tarik tersendiri. Meskipun mungkin tidak sepopuler laptop kelas pemula atau laptop yang ditujukan untuk kebutuhan mahasiswa yang harganya bersahabat, laptop premium menjadi incaran karena kinerja yang sangat bagus yang dimilikinya sehingga para profesional seperti animator, desainer dan arsitek tidak berpikir dua kali untuk membelinya meskipun harganya mahal. 

Untuk memenuhi keinginan para profesional tersebutlah ASUS merilis laptop kelas premium mereka, yaitu Zenbook Pro N501J. Konsep notebook ASUS ZenBook Pro N501J ini bisa dikatakan sebagai kombinasi antara gaming dan multimedia. Seperti kita tahu, ASUS memisahkan laptop varian Gaming (kode G) dengan varian Multimedia (kode N). Nah N50J ini merupakan perpaduan dua varian tersebut. Dengan kata lain, N501J yang mengusung spesifikasi mantap untuk bermain game ini juga hadir dengan karakter multimedia yang kaya. Kombinasi ini pun masih diperkaya dengan desain aura Zen yang memiliki karakter elegan sekaligus mengedepankan unsur mobilitas yang tinggi.

Bila kita lihat spesifikasi yang diusung oleh Zenbook Pro N501J ini, perpaduan tersebut tampak nyata sekali. 

Model
ASUS ZenBook Pro N501J
Prosesor
Intel Core i7-4720HQ
(Turbo up-to 3,6GHz, Cache 6MB)
RAM
DDR3L 1600MHz 8GB
Sistem Operasi
Windows 8.1 (free upgrate to Windows 10)
Chip Grafis
nVidia GeForce GTX960M 4GB GDDR5
Grafis Onboard
Intel HD Graphics 4600
Internal storage
SSD M.2 128GB +  HDD 2,5” 1TB (5400RPM)
Wireless
802.11ac/b/g/n, Bluetooth 4.0
Konektivitas
3x USB 3.0
1x HDMI port
1x mini DisplayPort
1x Headphone/mic
2-in-1 cardreader (SD/SDXC)
VGA-out & LAN/RJ45 (via dongle)
Kamera
HD Web Camera
Security
TPM
LoJack
Audio
Stereo speakers
Array Microphone
Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster Premium
Layar
IPS 15,6”  (4K) UHD 3840x2160 pixel Matte Panel with 16:9 aspect ratio
Baterai
4 cell Li-Polymer 60 Whrs
Bobot / dimensi
2.06 Kg / 383 Wx255 Dx20,6 H mm
Keyboard
Illuminated chiclet keyboard
1,6mm of key travel distance
Desain Spesial
Alumunium alloy body
Elegant and modern lines
Adaptor AC
230W AC Adapter
Output 19V DC, 120W
Input 100~240V AC, 50/60Hz universal
Situs Web
Garansi
2 Tahun Garansi Global
Perkiraan Harga 
Rp 19.699.000


Desain

Seperti halnya jajaran ZenBook, Zenbook Pro N501J  hadir dengan rancangan fisik yang ramping dan indah. Seluruh permukaan luar menggunakan bahan alumunium warna kelabu yang berkesan futuristik dan mewah. Struktur bodi ini dibentuk dengan rangkaian proses presisi yang kompleks untuk memastikan bentuknya terlihat cantik namun juga kuat. Karakter desain Zen yang memadukan keindahan dan kekuatan dimunculkan melalui kontur garis halus pada cover atas dan bagian  bawah  yang diwujudkan  lewat 32 tahap pemolesan terkomputerisasi.

Meski pun tampil sebagai notebook berlayar 15,6 inci yang terlihat cukup lebar, ZenBook Pro N501J tetap nyaman dijinjing berkat desainnya yang ramping (tebal 20,6mm) dan bobot hanya 2,06kg. Bobot dan tebal ini identik dengan notebook seri RoG G501JW yang merupakan varian RoG tertipis, spesifikasi antara ZenBook Pro N501J dan RoG G501JW sendiri sangat mirip sehingga bisa dibilang inilah laptop multimedia yang juga ideal untuk bermain game.

Layar 4k

Seiring popularitas resolusi tinggi Ultra-HD, ZenBook Pro N501J juga dibekali layar IPS dengan  kerapatan 3840x2160 pixel yang dikenal juga dengan resolusi UHD (Ultra High Defintion) atau 4K yang kini populer. Resolusi berkerapatan 282 ppi ini (pixel per inch) mampu menyajikan  citra gambar amat detail yang bahkan lebih halus dibandingkan dengan layar Apple MacBook Pro 15”yang memiliki spesifikasi setara. Resolusi 4k ini akan sangat berguna pada aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop CC yang mampu melakukan perbesaran image hingga 200%.

Layar 4k
Jenis panel layar yang digunakan di ASUS Zenbook Pro N501 adalah IPS. Digunakannya panel layar IPS (in-plane switching) di N501J juga membuat tampilan layar tetap terlihat fokus hingga sudut pandang 178 derajat. Karena teknologi ini jugalah layar  N501J  memiliki minimum color wash out dan minimum color shift yang  mampu memberikan kontras yang sangat baik meskipun laptop digunakan di bawah terik matahari yang seringkali membiaskan tampilan layar. Sudut pandang yang luas ini bermanfaat agar pengguna dan penonton lain tidak perlu berhadapan tegak lurus dengan posisi notebook untuk mendapatkan pandangan yang jelas. Tambahan fitur ASUS Splendid membuat akurasi warna yang tepat pada saat bermain game. Fitur ini mampu melakukan koreksi warna agar lebih akurat dan bisa disesuaikan dalam 4 buah  mode. 


Konsistensi warna ASUS Zenbook Pro N501J

Oleh karena Zenbbok Pro N501J didesain khusus sebagai laptop multimedia yang akan dipergunakan oleh profesional termasuk juga desainer dan arsitektur, layar ZenBook Pro N501J  dirancang dengan teknologi khusus untuk mampu menghasilkan gradasi warna (gamut) hingga 72% dari rentang standar NTSC agar tampilan  menjadi lebih jelas. Umumnya, notebook lain hanya mampu menhadirkan gamut hingga 50% saja. Layar dengan kecerahan 220 cd/m2 ini juga dilapis material anti pantulan (matte) agar gambar tampil lebih cerah dan tak menyilaukan mata. 




Audio

SonicMaster+ ICEpower Bang&Olufsen
ASUS ZenBook Pro N50J sebagai laptop multimedia juga memperhatikan faktor audio dengan serius. Salah satu strategi untuk menonjolkan kekuatan audio ini adalah dengan meletakkan dua buah speaker (stereo) yang tampak menyatu cantik dengan kontur dot melingkar pada panel keyboard. Speaker dengan driver koil berbentuk oval ini disiapkan untuk menyajikan vokal yang jernih. Selain itu juga digunakan magnet speaker yang besar dengan cincin alumunium agar kekuatan bass lebih terasa sekaligus meminimalkan getaran pada laptop. Tim ASUS Golden Ear juga melengkapi sistem audiod iseri N  ini dengan menggabungkan teknologi audio SonicMaster Premium dan teknologi ICEpower Bang & Olufsen. Hasilnya, suara yang muncul dari N501J akan terdengar lebih kuat dan akurat dibandingkan notebook umumnya. 

Prosesor, RAM, SSD, dan HDD

Untuk memberikan kemampuan terbaik, ZenBook Pro N501J diperkuat prosesor Intel Core i7-4720HQ (CPU 8 threads generasi Haswell) dengan Turbo up to 3,6 GHz, RAM DDR3L 8GB, dan kombinasi storage SSD 128GB ditambah HDD 1TB. Tenaga grafis di  notebook dibekali dengan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 960M bermemori 4GB jenis GDDR5 yang kencang. Spesifikasi utama inilah yang bisa diandalkan untuk bisa melakukan komputasi ringan hingga berat, apakah  itu membuka berbagai dokumen atau pun melakukan pekerjaan yang menyita grafis yang berat seperti game dan olah grafis 3D.

Storage SSD di N501J menggunakan SSD 128GB tipe M.2 yang memiliki kinerja dua kali lebih cepat dibandingkan dengan SSD standar SATA yang umumnya memiliki kemampuan baca 505MB/detik. Hal ini membuat boot sistem Windows bisa berlangsung sangat cepat dibandingkan memakai SSD konvensional. Sebuah harddisk kapasitas 1TB juga telah disiapkan untuk penyimpanan data lebih lega. Kombinasi SSD ngebut dengan harddisk besar ini menjadikan N501J terlihat sebagai laptop yang fleksibel terhadap kebutuhan pengguna.

Sistem Pendingin dengan Kipas Ganda

Komputer dengan spesifikasi tinggi umumnya menghasilkan panas berlebih yang cukup mengganggu dan riskan terhadap kestabilan sistem. Untuk itu diperlukan sistem pendingin optimal  agar notebook tetap bekerja maksimal dan stabil.

Pada ZenBook Pro N501J  ini ASUS sudah menyiapkan teknologi untuk membuang panas dengan maksimal dengan meletakkan dua kipas terpisah yang terfokus pada komponen penghasil panas tertinggi saat komputer bekerja maksimal. Kipas pertama diletakan pada CPU dan kipas kedua mengarah langsung ke GPU (chip grafis) agar proses cooling lebih efektif. 

Bukan Hanya untuk Bekerja, tetapi juga Gaming

Meski difokuskan bagi kebutuhan para profesional seperti desain arsitek, ASUS ZenBook Pro N501J ternyata juga didukung oleh fitur GeForce Experience yang terdapat pada jajaran ASUS RoG. Fitur ini menawarkan pengalaman bermain game terbaik yang bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus melakukan konfigurasi khusus. Para gamer bisa memanfaatkan solusi nVidia  GeForce Experience yang mendukung chip grafis berasitektur Maxwell di laptop ASUS Zenbook Pro N501J ini.

Don't Worry Be Safety

Faktor keamanan juga memperoleh perhatian  serius di ASUS ZenBook Pro N501J. Beberapa fasilitas keamanan di ASUS Zenbook Pro N501J adalah sebagai berikut.  

1. Proteksi Boot dengan Password Fitur proteksi standar dengan kata kunci rahasia untuk masuk dalam sistem.

2. Proteksi via TPM. Solusi sekuriti Trustued Platform Module (TPM) yang mengandalkan chip khusus yang tertanam dalam mainboard laptop.

3. Proteksi LoJack. 
Melalui fitur sekuriti  LoJack (http://www.lojack.com/Laptops), pengguna ASUS ZenBook Pro N501J akan dapat mengetahui lokasi laptop melalui jalur WiFi atau alamat IPdan melakukan tindakan pengamanan segera seperti mengunci data-data penting atau menghapus data secara permanen.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh ASUS pada laptop ASUS Zenbook Pro N501J ini, para profesional yang menginginkan laptop dengan kinerja sangat bagus sekaligus juga bisa diajak untuk bermain game tak perlu berpikir dua kali untuk membeli ASUS Zenbook Pro N501J ini. 

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...