Tuesday, November 24, 2015

Review: Zenfone 2 Laser (ZE500KG), Smartphone Pilihan Harga 2 Jutaan

Zenfone 2 Laser
Menuju penghujung tahun 2015, di saat vendor lain tidak begitu aktif merilis smartphone baru, ASUS menggebrak pasar dengan merilis beberapa varian dari Zenfone 2 mereka yang sukses. Salah satu produk yang dirilis adalah Zenfone 2 Laser 5 inchi (ZE500KG) dengan harga yang sangat menarik untuk pengguna yang dibatasi oleh budget.

Review berikut ini merupakan hasil dari pemakaian saya selama beberapa hari terakhir menggunakan Zenfone 2 Laser (ZE500KG). 




What's in The Box

1. Zenfone 2 Laser 5 Inchi (ZE500KG)
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Charger
1. Kabel data/charger

Spesifikasi dan Harga

Model
ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG
CPU
Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz
GPU
Adreno 306 400MHz
RAM
2GB RAM
Storage
16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD
Yes (up to 128 GB)
Connectivity
WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network
Dual Antenna untuksinyallebihbaik
3G

SIM Card
Dual Micro-SIM Support
Navigation
GPS, BDS, GLONASS
Display
5 inci super bright IPS HD 720x1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untukmembukadanmenguncilayar)
Video
Video Recording MPEG-4 1080 @30fps
Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery
Lithium-Polimer 2070 mAh
Main Camera
13 Megapixel laser autofocus denganwaktufokuskurangdari 0.03detik. Diafragmabesar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untukfotodan video lebihteranghingga 400%
Front Camera
5 Megapixel Autofokusdengandiafragmabesar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor
Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio
Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMasteruntuksuaralebihjernihdan bass lebihdalamdengan5 magnet sound chamber
OS
Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 denganlebihdari 1000+ peningkatanfitur(What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps
Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote
BBM &Whatsapp Ready
Dimension
143,7x71,5x(10,5~3,5) mm
Weight
145g
Warna
Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver




Dari spesifikasi dan harga di atas, terlihat jelas Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ditujukan bagi pengguna kelas menengah bawah yang ingin merasakan sebuah smartphone yang dirancang dengan sangat baik.  

Dari spesifikasi layar ASUS juga memberikan Gorilla Glass 4 untuk perlindungan. Ini sebuah keunggulan lagi karena dengan harga terjangkau tidak banyak vendor smartphone yang mau memberikan hal yang sama.

Dari segi spesifikasi dan harga ini, saya rasa ASUS memberikan hal yang terbaik untuk konsumen karena Zenfone 2 Laser (ZE500KG) memberikan nilai lebih di atas pesaing mereka.

Desain dan Hardware

Secara desain Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ini dirancang dengan benchmark ke ASUS Zenfone 2 yang sudah terlebih dahulu sukses di pasar. Desainnya mempertimbangkan sisi ergonomis dengan bagian belakang melengkung sehingga smartphone sangat enak digenggam. Sudut-sudut lengkungnya enak dipandang dan tipis. Saya rasa ASUS dengan kesuksesan pada Zenfone 2 ingin menularkan kesuksesan tersebut ke varian selanjutnya yang masih keluarga Zenfone 2 dan secara desain saya menyukainya. Tidak banyak smartphone di harga dua juta rupiah yang didesain sebagus Zenfone 2 Laser ini. Ini salah satu keunggulan yang dimiliki Zenfone 2 Laser (ZE500KG).

Untuk desain tombol terdapat perbedaan mencolok dibandingkan dengan smartphone lain. Tombol ON/OFF berada di bagian atas smartphone berdampingan dengan jack earphone. Sisi kiri dan kanan smartphone sama sekali tidak terdapat tombol apapun yang biasanya ada di smartphone lain. Tombol volume +/-  berpindah ke bagian belakang smartphone atau di back cover. Desain seperti ini memiliki kekurangan tersendiri karena pengguna harus membiasakan diri untuk mengambil screen shot dengan cara baru, yaitu tombol ON/OFF di atas dan tombol (-) di bagian belakang. Namun demikian, setelah beberapa kali melakukan, ternyata cepat juga ketika mengambil screen shot dengan cara baru tersebut.

Beralih ke hardware, ASUS memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 410 1,2 Ghz dengan empat inti yang sejatinya sudah berusia dua tahun. Meskipun demikian, prosesor ini tidaklah lambat namun sesuai peruntukannya di device menengah ke bawah. ASUS memberikan GPU Adreno 306 400 Mhz untuk mendukung kinerja di Zenfone 2 Laser (ZE500KG).

Layar Zenfone 2 Laser (ZE500KG) seluas 5 inchi (tepatnya 4,97 inchi) berkualitas HD 720p dengan pelapis Gorilla Glass 4 yang telah ditingkatkan kemampuannya.

RAM yang diberikan pada Zenfone 2 Laser ini sudah standar yaitu 2GB dengan ROM 16GB yang bisa diekspansi up to 128GB. Spesifikasi ini sudah sangat bagus untuk smartphone dengan harga dua juta rupiah.  

Dengan pilihan bahan plastik di bagian belakang, Zenfone 2 Laser menjadi tidak berat. Smartphone ini ringan dan desain melengkungnya membuatnya enak untuk dipegang dan digenggam lama-lama.








Kinerja

Secara keseluruhan kinerja Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ini cepat. Smartphone ini dapat melakukan tugas multitasking tanpa menderita lag. Membuka halaman dan sekaligus melakukan download atua bermedia sosial dapat dilakukan dengan baik. 

Jika kita tes benchmark dengan Antutu, Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ini menghasilkan skor yang tidak mengecewakan untuk smartphone kelas menengah bawah.




Penggunaan sehari-hari saya pada Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ini adalah bermedia sosial, browsing, sesekali menonton video di YouTube, Google Maps, chatting, mengambil foto dan kegiatan lain terkait pekerjaan seperti mengirim dan menerima email. Untuk pekerjaan seperti ini, Zenfone 2 Laser dapat menyelesaikannya dengan baik. GPS-nya juga bekerja dengan baik. Layar kualitas HD 720p juga cukup baik untuk bermain games.

Kinerja Kamera

Salah satu keunggulan yang dibawa oleh Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ini adalah laser outofocus yang dapat fokus ke objek foto sekitar 0,03 detik. Ini merupakan autofokus yang sangat cepat sehingga pengguna bisa dengan mudah menemukan fokus dan mengambil foto lebih baik. 

Bila dibandingkan dengan vendor lain, tidak ada vendor yang berani memberikan fitur laser autofocus di kisaran harga smartphone dua juta. Ini sebuah kemajuan dan manfaat penting bagi pengguna sehingga nilai Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ini di atas rata-rata smartphone di kelasnya.

Secara hasil foto, Zenfone 2 Laser (ZE500KG) ini juga bisa menghasilkan foto yang bagus dan tajam. Contoh foto yang diambil dengan Zenfone 2 Laser (ZE500KG) dapat dilihat sebagai berikut (mode auto dan deep field).







Kinerja Baterai

ASUS memberikan baterai jenis Lithium Polymer berkekuatan 2070mAh di Zenfone 2 Laser (ZE500KG). Untuk penggunaan terus-menerus dengan intensitas pengguna sedang, baterai dapat bertahan 6 hingga 7 jam lebih. Bila pengguna intensitas rendah bisa bertahan 8 jam lebih. ASUS juga memberikan fitur power saving yang bisa memperpanjang kinerja baterai sehingga akan lebih memuaskan pengguna.

Untuk kegiatan sehari-hari bermedia sosial, browsing, chatting, dan mengambil foto, baterai Zenfone 2 Laser ini dapat dikatakan bekerja dengan baik dan sudah sangat mencukupi. Meskipun demikian, kinerja baterai sangat tergantung dengan kebiasaan penggunaan pengguna. Jadi akan lebih baik bila pengguna mengatur pemakaian sehingga baterai bisa bertahan lebih lama.

Aplikasi Bawaan

Salah satu keluhan saya adalah aplikasi bawaan yang diikutkan di Zenfone 2 Laser (ZE500KG) yang menurut saya terlalu banyak. Aplikasi bawaan yang terlalu banyak ini memengaruhi kinerja perangkat secara keseluruhan sehingga pada ujungnya akan berpengaruh kepada kepuasan pengguna. Saya menyarankan ASUS untuk seri smartphone mereka berikutnya mengurangi aplikasi bawaan tersebut. 

Kesimpulan

Zenfone 2 Laser dengan laser autofocus memiliki banyak kelebihan dibandingkan smartphone lain yang sekelas di kelas menengah ke bawah. Saya menyarankan untuk membeli smartphone ini karena nilainya yang melebihi harganya. 

Demikian review Zenfone 2 Laser (ZE500KG) semoga bisa membantu keputusan pembelian Anda.

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...