Tuesday, October 6, 2015

Review Andromax M2S, MiFi 4G LTE Advanced Keren Smartfren


Andromax M2S
Kebutuhan untuk selalu terhubung orang Indonesia saat ini terus meningkat. Diperkirakan ke depannya akan makin banyak orang Indonesia Go Online sehingga kebutuhan koneksi akan menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. 

Untuk bisa online, tentu saja pengguna membeli paket data operator sesuai dengan SIM Card yang mereka pakai. Boleh dikatakan sebagian besar pengguna menggunakan cara ini karena kemudahan. Namun demikian seringkali cara ini lebih aus baterai dan paket data yang harganya lebih mahal. Hal ini membuat pengguna mencari cara yang mungkin butuh dua langkah, namun dapat menikmati koneksi yang lebih baik dan harga yang lebih terjangkau.

Cara kedua ini dapat ditempuh dengan membeli MiFi. Apa itu MiFi? Untuk jawabannya Anda dapat membaca artikel di Wikipedia ini. Perusahaan pun melihat adanya peluang bisnis di sini sehingga merilis MiFi andalan mereka. Salah satunya adalah Smartfren yang beberapa waktu yang lalu merilis MiFi 4G LTE Advanced Andromax M2S.

Berbeda dengan operator lain yang masih berkutat di koneksi 3G HSDPA, Smartfren bisa berbangga dengan koneksi mereka yang lebih maju, yaitu 4G LTE Advanced (kecepatan download hingga 150 Mbps) yang kini sudah tersedia di 22 kota di Indonesia. Dengan koneksi 4G LTE ini Smartfren menjanjikan kecepatan sekaligus kestabilan koneksi melalui smartphone atau MiFi Andromax M2S.

Sudah lebih dari dua minggu saya menggunakan MiFi Andromax M2S dari Smartfren ini. Pengalaman memakai Andromax M2S dapat saya uraikan dalam review berikut ini.

Desain dan Spesifikasi

Dari sisi desain, Andromax M2S ini berbentuk kotak pipih dengan sudut lengkung di setiap sudutnya. Konstruksinya kuat meskipun terlihat kecil. Untuk diketahui Andromax M2S ini diproduksi oleh LG Innotek Indonesia di Cikarang. Smartfren mengatakan bahwa mereka perlu waktu satu tahun untuk mendesain hingga membuat Andromax M2s ini  menjadi produk yang dapat digunakan. 
Andromax M2S

Andromax M2S ini ringan dah mudah di bawa ke mana-mana. Diletakkan di saku, di dalam tas punggung atau tas kecil juga bisa. Dengan kemudahan untuk dibawa-bawa, Andromax M2S menjanjikan koneksi yang selalu On di mana saja, kapan saja.

Andromax M2S tersedia dalam tiga warna pilihan yang menarik, yaitu Hitam, Biru dan Merah.




Spesifikasi

Spesifikasi Andromax M2S adalah sebagai berikut:
  1. Mobile Wi-Fi LTE cat4
  2. Chipset Qualcomm MDM 9320
  3. Dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Smartphone dan perangkat Wi-Fi lainnya
  4. Mendukung Wi-Fi 2.4 GHz
  5. Mendukung sampai dengan 15 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
  6. Mendukung Mobile Wi-Fi App untuk penyetelan lebih ringkas, Mylink M2S yang dapat diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store
  7. Baterai 2000mAh (Maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 300 jam waktu kerja LTE dan 300 jam waktu siaga) 
Dengan spesifikasi di atas Andromax menjanjikan tidak hanya kecepatan koneksi 4G LTE Advanced, tetapi juga sebuah perangkat yang dapat dipakai untuk kebutuhan apa saja, baik itu smartphone, tablet, laptop, PC dan connected device lainnya seperti iPod. Bagusnya lagi, Andromax M2S ini dapai dipakai hingga 15 pengguna sekaligus.

Bagian belakang Andromax M2S

Tambahan aplikasi MyLink yang dapat didownload di Google Play dan App Store menjadikan Andromax M2S ini lengkap karena pengguna dapat melihat pemakaian mereka dan mengatur Andromax M2S seperti mengganti nama perangkat dan password dengan mudah.

Pengalaman Penggunaan

Andromax M2S dikemas dalam boks warna hitam. Isi dalam boks adalah Andromax M2S, SIM Card 4G LTE Smartfren, charger beserta kabelnya dan panduan pemakaian. Untuk pertama kali, yang saya lakukan adalah memasukkan kartu SIM (sebenarnya Micro SIM Card), namun karena slot kartu di Andromax M2S ini adalah untuk SIM Card standar yang besar maka Anda tidak boleh memotong SIM Cardnya. Saya masukkan SIM Card standar tersebut ke dalam slot kartu dan langsung di-charge.

Slot SIM Card Andromax M2S

Port untuk melakukan charging
Untuk pengecasan yang pertama kali, saya menunggu lebih dari dua jam hingga lampu indikator baterai berwarna biru. Dengan indikator baterai berwarna biru ini berarti baterai sudah terisi penuh dan siap dipakai.

Pertama kali menggunakan Smartfren memberikan kuota sebesar 4,5GB gratis yang berlaku selama seminggu. Untuk kuota berikutnya, pengguna cukup melakukan pengisian ulang dan tidak perlu beli kuota lagi karena akan otomatis terdaftar dalam paket yang dipilih. Misalnya jika pengguna melakukan top up Rp100.000,00, maka pengguna akan memperoleh data kuota utama sebesar 5GB, kuota bonus 2GB dan kuota tengah malam (berlaku pukul 01.00 - 07.00) sebesar 12GB.

Dengan paket data yang cukup besar tersebut (19GB secara total) pengguna hanya membayar Rp100.000,00. Ini sebuah terobosan yang sangat menguntungkan bagi konsumen karena mereka bisa menikmati kencangnya koneksi 4G LTE Advanced Smartfren dengan harga yang murah.

Dalam pemakaian sehari-hari, Andromax M2S ini memberikan koneksi 4G LTE Advanced Smartfren yang bagus, terutama di Bogor. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa indikator yang perlu diperhatikan pengguna, yaitu indikator sinyal (biru berarti kuat), indikator pancaran sinyal wifi dari Andromax M2S (biru berarti kuat) dan indikator baterai. Jika semuanya menunjukkan warna biru berarti kondisinya sangat bagus.

Indikator Sinyal, WiFi dan Baterai
Andromax M2S
Saya melakukan pengukuran kecepatan koneksi yang diperoleh dengan menggunakan Andromax M2S ini. Sejauh ini kecepatannya memang lumayan bagus dan jauh lebih baik dibandingkan dengan koneksi 3G HSDPA dari operator yang saya pakai. 

Tes kecepatan Andromax M2S dapat dilihat berikut ini.






Sejauh menggunakan di sekitar Bogor, mulai dari Gadog, Ciawi, Tajur, Sukasari, Bantarkemang, Baranangsiang, RS PMI Bogor dan jalan Raya Pajajaran, saya tidak pernah menemukan  kegagalan membuka halaman situs. Halaman terbuka penuh dengan sangat cepat. Menonton video di YouTube tanpa buffering dan download aplikasi dengan file besar seperti game Township juga berlangsung tidak lama.

Saya menggunakan Andromax M2S ini bersama tiga smartphone dan satu laptop, jadi ada lima gadget yang terkoneksi dengan Andromax M2S meskipun yang selalu terhubung hanya satu, yaitu smartphone saya. Empat lainnya akan langsung terhubung jika saya sampai di rumah.

Dengan koneksi yang sedemikian lancar tidak heran paket internet yang Rp100.000,00 tersebut sangat cepat habis, apalagi ada empat gadget lain yang terhubung meskipun hanya ketika ada di rumah. Saya merasakan bahwa paket data utama yang sebesar 5GB dan bonus 2GB yang diberikan oleh Smartfren tidak cukup. 

Pengalaman dengan pemakaian biasa/standar, yaitu media sosial, browsing, nonton video YouTube beberapa kali, chatting, download dan upload foto, download dan update aplikasi, paket data terasa cepat habisnya. Kuota utama 5GB dan kuota bonus 2GB saya habis dalam 10 hari saja. Ini ibaratnya memakai mobil yang sangat kencang sehingga membutuhkan bensin yang juga lebih banyak.

Secara pengalaman berinternet, Andromax M2S ini memberikan pengalaman berinternet yang menyenangkan. Halaman situs yang terbuka penuh dengan cepat, nonton video YouTube tanpa buffering dan download aplikasi yang tidak butuh waktu lama, membuat kegiatan berinternet beberapa tingkat lebih baik dari sebelumnya ketika menggunakan koneksi mobile operator lain di 3G HSDPA.

Andromax M2S ini juga memberikan keuntungan lain, yaitu pengguna tidak perlu membeli perangkat/smartphone 4G LTE baru. Cukup menggunakan perangkat 3G yang sudah ada saja sehingga bisa berhemat dan tetap bisa merasakan koneksi kencang 4G LTE Smartfren. Ini artinya pengguna dengan modal sekitar Rp500.000 bisa merasakan koneksi 4G. Ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli smartphone 4G LTE terbaru.

Selain itu, dengan koneksi data yang terpisah dari smartphone, Andromax M2S membantu pengguna untuk menghemat baterai smartphone. Pengalaman saya dengan menggunakan koneksi wifi dari Andromax M2S ini, baterai smartphone dapat bertahan jauh lebih lama.

Tambahan lagi, baterai Andromax M2S ini lumayan awet. Untuk pemakaian sehari-hari media sosial, baterainya bisa tahan seharian (lebih dari 12 jam). Ini tentu sangat menguntungkan pengguna karena tidak perlu sering melakukan pengisian ulang baterai.

Bagi saya sendiri, sangat masuk akal kiranya ketika kuota internet 5GB + 2GB lebih cepat habis karena pengguna lebih banyak dan pemakaian yang juga meningkat drastis. Hal yang perlu dilihat adalah kualitas berinternet dengan menggunakan Andromax M2S ini jauh meningkat. Hilangnya waktu tunggu ketika membuka situs, video YouTube tanpa buffering, download dan upload yang cepat merupakan kulitas yang didapatkan dengan menggunakan Andromax M2S ini.

Bagi Anda yang selalu online seperti saya, paket Rp100.000,00 terasa kurang. Saya berencana untuk membeli paket Rp150.000,00 dan mengatur pemakaiannya lebih baik. Misalnya, download aplikasi atau update aplikasi dilakukan dengan menggunakan kuota malam yang lebih banyak kuotanya. Selain itu, menghindari update aplikasi otomatis.

Demikian, review Andromax M2S. Semoga bisa membantu keputusan pembelian Anda.

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...