Wednesday, September 2, 2015

Nextbit Robin, Smartphone Android dengan Storage Tanpa Batas

Nextbit Robin
Apa yang Anda ingat jika membaca kata Robin? Mungkinkah Robinhood atau Robin di komik superhero Batman? Atau mungkin yang terlintas di ingatan Anda adalah Robin Wright, kekasih Tom Hanks di  Forrest Gump yang menggemaskan karena baru menerima cinta Forrest Gump di ujung usianya?

Nama Robin sangatlah terkenal, bisa dikatakan sangat marketable (pasaran). Namun hal tersebut tidak menyurutkan minat sebuah start up menamai smartphone Android mereka dengan Robin. Nextbit, semikian nama start up tersebut kemarin merilis smartphone mereka, namaya tentu saja Robin.

Nextbit adalah pemain baru di pasar smartphone Android yang penuh sesak. Seminggu yang lalu, John Sculley, mantan CEO Apple yang mendepak Steve Jobs di tahun 80-an baru saja merilis smartphone pertama mereka dengan brand Wileyfox. Hanya berselang seminggu, Nextbit Robin yang didirikan mantan eksekutif Google Android dan HTC merilis smartphone mereka. Ini menandakan bahwa meskipun sudah sangat sesak, pasar smartphone Android tetap sangat menarik bagi start up.

Setiap kali start up merilis smartphone Android mereka akan selalu ada hal yang unik yang mereka tawarkan. Inilah kekuatan Android sesungguhnya, yaitu kustomisasi dari Android itu sendiri sehingga memberikan ciri khas yang membedakan satu vendor dengan vendor lainnya.

Untuk Nextbit Robin, secara spesifikasi mereka bukanlah smartphone Android kelas bawah. Nextbit Robin memiliki spesifikasi layar 5.2-inch full HD 1080p, prosesor Qualcomm Snapdragon 808, RAM 3GB, ROM 32GB, baterai 2.680mAh dan 13 megapixel kamera. Nextbit Robin memberikan USB Type-C charging port dan fingerprint scanner, dijual secara unlocked dan bebas bloatware dengan koneksi LTE.

Apesifikasi Nextbit Robin:

Processor: Snapdragon 808
Memory: 3GB RAM / 32 GB onboard / 100 GB online
Screen: 5.2” IPS LCD 1080p
Rear Camera: 13MP with phase detection autofocus, dual tone flash
Front camera: 5MP
Battery: 2,680mAh
Dual front-facing stereo speakers
Fingerprint sensor
NFC
Quick charging
Bluetooth 4.0 LE
WiFi A/B/G/N/AC
GSM 850/900/1800/1900
WCDMA 850/900/1800/1900/2100
LTE Bands 1/2/3/4/5/7/8/12/17/20/28

$400 ($350 or early backers)

Nextbit Robin dijual melalui Kickstarter di mana backers yang lebih awal akan memperoleh Nextbit Robin dengan harga hanya 299 USD dan standard backer dengan harga 349 USD. Harga ini masih terbilang sangat murah untuk smartphone berspesifikasi tinggi sebagaimana yang ditawarkan oleh Nextbit Robin.

Sampai di sana tentu masih terlihat biasa, namun jangan berhenti dulu. Ada hal yang luar biasa yang ditawarkan oleh Nextbit Robin, yaitu penyimpanan cloud 100GB gratis. Software Nextbit dirancang untuk belajar kebiasaan pengguna dan secara otomatis memindahkan foto dan aplikasi yang tidak digunakan dalam waktu yang lama ke cloud untuk membebaskan penyimpanan smartphone. 

Nantinya jika menggunakan foto atau aplikasi itu kembali, cukup dengan menekan  ikon dan nantinya akan mendownload dari awan  semua data dan pengaturan secara utuh. Foto dapat dikembalikan ke telepon pada resolusi penuh atau ukuran layar yang dioptimalkan, yang memungkinkan lebih banyak untuk disimpan secara lokal pada waktu tertentu.

Dengan sistem seperti ini, diyakini smartphone Nextbit Robin ini tidak akan kehabisan penyimpanan alias penyimpanannya tanpa batas. Nextbit Robin juga akan membebaskan ruang penyimpanan dengan permintaan, tidak mengharuskan pengguna untuk secara manual menghapus data satu per satu ketika smartphone mereka menolak untuk mengambil foto lebih banyak. Nextbit juga mengatakan pengguna akan dapat mentransfer data dan melakukan backup ke perangkat lain yang menjalankan perangkat lunak Nextbit, meskipun belum jelas bagaimana caranya mengembalikan semuanya ke perangkat baru.

Siklus pemindahan data sehingga melapangkan storage smartphone secara konstan ini merupakan   pembeda terbesar bagi Nextbit dibandingkan dengan pemain lain di pasar Android. Hal ini memang harus diakui, storage yang terbatas sering membuat pengguna kesal karena pengguna cenderung tanpa henti menambah data hampir setiap menit, sementara storage smartphone terbatas. Jikapun menggunakan SD Card tetap masih belum optimal sehingga solusi dengan penyimpanan cloud dan siklus pemindahan data secara konstan ini merupakan andalan yang tepat Nextbit.

Peluncuran Nextbit Robin melalui kampanye Kickstarter ternyata sangat berhasil sejauh ini. Dalam hanya satu hari Nextbit berhasil mencapai tujuan mereka, yaitu mengumpulan 500.000 USD dari produk mereka Nextbit Robin. Ini artinya sangat banyak pengguna yang tergiur dengan sistem storage tanpa batas yang ditawarkan oleh Nextbit. 

Saya rasa Nextbit Robin secara spesifikasi sangat baik. Dengan mengandalkan cloud storage dan secara konstan melakukan pemindahan data dari smartphone ke cloud dan sebaliknya, pengguna tidak perlu khawatir mengalami out of storage. Namun tentu saya rasa Nextbit ini tidak akan segera bisa masuk pasar Indonesia. Kita akan cukup senang melihat bagaimana Nextbit Robin mengubah sedikit arah pasar, yaitu menggunakan cloud storage.

Hal lain yang perlu dilihat adalah secara desain Nextbit Robin ini tidak kalah cantik dengan smartphone Android kelas atas lainnya. Meskipun berbahan plastik tetapi terlihat anggun dan minimalis. Perhatikan foto-foto berikut ini.

Sumber: Wired

Sumber: Wired

Sumber: Wired

Sumber: Wired
Update: Video Hands on

 

Sumber: Nextbit dan The Verge

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...