Wednesday, September 30, 2015

Google Rilis Nexus 5X, Nexus 6P, Chromecast, Chromecast Audio dan Pixel C

Nexus 5X dari LG
Setelah sekian lama rumor berembus, tadi malam Google secara resmi merilis perangkat terbaru mereka yang bisa digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu smartphone (Nexus 5X dan Nexus 6P), sistem hiburan (Chromecast dan Chromecast Audio) serta productivity tool (Pixel C). Selain perangkat, Google juga memperbarui Google Photos, Crhromecast app dan tentu saja Android Marsmallow yang akan segera hadir ke berbagai perangkat Nexus sebelumnya, yaitu Nexus 5, Nexus 7 (2013), Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus 10 dalam waktu dekat.

Boleh dikatakan, sepanjang perilisan produk Google, acara yang berlangsung lebih dari satu jam tadi malam, merupakan salah satu acara rilis produk Google yang terbesar. Dalam acara ini, Google menginginkan liputan yang jelas tentang langkah mereka di lini Nexus dan bagaimana perangkat kecil seperti Chromecast bisa sukses mencapai 20 juta unit penjualan di seluruh dunia.

Nexus 5X 

Sebagaimana rumor, Nexus 5X ini diproduksi oleh LG. Ini berarti tahun ketiga bagi LG dalam bekerja sama dengan Google di produk Nexus. Produk mereka sebelumnya adalah Nexus 4 dan Nexus 5 (2013). 

Bila kita perhatikan Nexus 5X lebih besar layarnya dibandingkan dengan Nexus 5 (5,2 inchi vs 4,97 inchi). Layarnya IPS LCD full HD yang dilapisi Gorilla Glass 3, kamera 12 megapixel, 4K video shooting, dan USB-C charging connector. Nexus 5X tersedia dalam varian 16GB dan 32Gb dengan harga mulai dari 379 USD. 

Nexus 6P

Nexus 6 diproduksi oleh Huawei. Ini merupakan pertama kalinya bagi vendor China bekerja sama dengan Google dalam proyek Nexus. Berbeda dengan Nexus 5X yang berbahan polikarbonat, Nexus 6P full metal unibody dengan desain yang premium. Dengan ketipisan sekitar 7,3 milimeter, Nexus 6P terlihat ramping dengan kayar 5,7 inchi (lebih kecil dibandingkan Nexus 6). Bagian belakang Nexus 6P (demikian juga Nexus 5X) diberikan pemindai sidik jari. 

Kiri Nexus 5X, Kana Nexus 6P
Nexus 6P memiliki layar AMOLED yang dilapisi Gorilla Glass 4. Prosesor yang digunakan di Nexus 6P adalah Snapdragon 810, kamera belakang 12 megapixel dan kamera depan 8 megapixel. Nexus 6P tersedia dalam varian 32GB, 64GB dan 128GB dengan harga mulai 499 USD. Untuk perbandingan spesifikasi dapat dilihat berikut ini.


Chromecast 

Chromescast adalah perangkat ajaib Google. Pertama dirilis pada tahun 2013 yang lalu, Chromecast sudah menjadi perangkat penting di ruang tama sebanyak 20 juta pengguna. Chromecast, stick kecil  memungkinkan pengguna melakukan streaming apa saja ke televisi mereka kini telahmemasuki generasi kedua.

Chromecast 2 mendukung 5GHz WiFi sehingga secara signifikan lebih cepat. Tiga antena yang berbeda, yang dioptimalkan untuk WiFi streaming.  Gay Chromecast 2 juag terlihat berbeda dengan disk kecil HDMI yang dapat ditekuk yang memungkinkan untuk menggantung lebih jauh dari televisi daripada Chromecast versi sebelumnya. Chromecast 2 tersedia dalam tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hitam. Seperti yang generasi pertama Chromecast akan dijual seharga 35 USD dan mulai tersedia hari ini di 17 negara.

Chromecast generasi kedua
Chromecast Audio

Setelah sukses dengan Chromecast, Google menambah lini produk Chromecast dengan menghadirkan Chromecast audio. Chromecast Audio perangkat kecil seperti Chromecast yang fokus pada musik. Bila Chromecast dihubungkan dengan televisi,  Chromecast audii dihubungkan ke speaker yang menggunakan port audio 3.5mm. Pengguna dapat terhubung dan mengirim musik untuk menggunakan Google Play Music, Pandora, dan Spotify. Chromecast Audio dijual seharga 35 USD dan mulai tersedia mulai hari ini di 17 negara.

Chromecast Audio
Tablet Pixel C

Bila anda ingat Chromebook Pixel, maka tablet Pixel C akan mudah untuk digambarkan. Sepertinya Google tidak mau memaksakan chrome di sebuah tablet on the go sehingga memutuskan untuk menggunakan Android Marsmallow. Pixel C sepertinya dirancang oleh Google untuk menandai sebuah desain hardwar yang keren dan harga yang tidak murah layaknya Chromebook Pixel.

Sebenarnya bila dikatakan kejutan, Pixel C merupakan kejutan di dalam acara Google semalam. Meskipun rumor sudah berhembus, namun banyak pengamat tidak yakin Google akan merilisnya tadi malam. 

Pixel C merupakan tablet dengan kayar 10,2 inchi yang keyboard bisa dilepas. Pixel C ditenagai oleh prosesor Nvidia X1 dan 3GB RAM. Tablet ini akan menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Tablet Pixel C dijual dengan harga 499 USD sedangkan keyboard akan dijual seharga 149 USD.

Pixel C
Kesimpulan sementara dari acara Google semalam, untuk Nexus 6P, Nexus 5X, Chromecast dan Chromecast audi tanggapan audien sejauh ini positif. Cukup banyak yang mengapresiasi kerja Google khususnya di Nexus 6P dan 5X. Namun untuk tablet Pixel C, sebagaimana produk baru memang butuh didalami lebih jauh untuk melihat kemampuan dan bagaimana tablet ini dihadapkan dengan produk serupa seperti iPad Pro atau Surface 3 dari Microsoft.

Dari sekian banyak yang dirilis Google mana yang akan Anda beli? Kalau dilihat secara harga, saya lebih condong membeli Nexus 5X dan Chromecast Audio. Namun Pixel C dan Nexus 6P juga sangat menarik. Namun karena harganya yang jauh lebih mahal, bisa membeli Nexus 5X saja di tahun depan sudah sangat menyenangkan.

Tonton Video:



Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...