Saturday, August 15, 2015

Review Andromax R: Smartphone 4G LTE Kinerja Bagus, Harga Murah

Sebagaimana diketahui, Smartfren merilis lima (5) smartphone baru berbasis 4G LTE beberapa waktu yang lalu. Kasta tertinggi dari  smartphone 4G LTE tersebut ditempati oleh Andromax R yang memang memiliki spesifikasi jauh lebih baik dibandingkan dengan 4 smartphone 4G LTE lainnya yang dirilis Smartfren.  

Sudah lebih dari sepuluh hari terakhir saya menggunakan Andromax R ini. Kesimpulan yang saya berikan adalah smartphone ini memiliki potensi, fitur, dan harga yang sangat baik. Secara detail kemampuan Andromax R ini akan diuraikan sebagai berikut.

Spesifikasi Andromax R

Spesifikasi Andromax R adalah layar IPS HD (720p) OGS seluas 5 inchi yang dilapisi Dragon Trail, 4G LTE-EVDO dan GSM, prosesor Snapdragon 410 1,2 Ghz quad core, RAM 1GB dan ROM 8GB (plus slot micro SD card up to 32GB), kamera belakang 8 mpx dan depan 5 mpx dengan triple flash. Warna yang tersedia untuk Andromax R adalah Black Gold, Black Silver dan White Silver. Andromax R yang sapa pakai adalah Black Gold.

Andromax R berbasis Android Lollipop 5.0.2 yang pada awal pemakaian agak sedikit mengalami bug. Namun tiga  hari setelah dipakai Smartfren memberikan update yang membuat kinerjanya sangat jauh membaik. Hal ini dibuktikan dengan daya tahan baterai yang jauh membaik.

Secara spesifikasi tambahan lapisan Dragon Trail di layar Andromax R ini adalah sebuah keuntungan. Saya rasa dengan harga di bawah dua juta spesifikasi Andromax R sudah sangat memenuhi apalagi adanya lapisan Dragon Trail. Lapisan Dragon Trail merupakan salah satu fitur unggul yang dimiliki oleh Andromax R yang mungkin tidak dimiliki oleh smartphone yang sekelas.


What's In The Box

1. Smartphone Andromax R 4G LTE
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. Baterai
1. SIM Smartfren 4G LTE
1. Paket Bonus Data 2GB + 6GB selama satu minggu

Saya sangat senang dengan apa yang diberikan Smartfren kepada pelanggan bila membeli Andromax R, terutama paket data gratis yang sangat besar. Untungnya di tempat saya, di Ciawi Bogor, koneksi 4G LTE Smartfren sudah tersedia (meskipun belum resmi) sehingga paket data tersebut terasa sangat membantu dalam mengupdate berbagai aplikasi dan browsing gratis selama seminggu dengan kecepatan tinggi.

Tonton Video: Unboxing Smartfren Andromax R 4G LTE




Desain dan Hardware

Andromax R berbentuk berbentuk bar yang lumayan tebal. Namun jangan kira Andromax R ini berat. Andromax R ini sangat ringan. Saya sendiri agak kaget ketika memegangnya pertama kali, terasa sangat enteng, berbeda dengan smartphone lima inchi lainnya yang saya pakai selama ini.

Layar Andromax ini adalah HD 720p yang cerah. Pelapis anti gores Dragon Trail menambah nilai plus layar Andromax R ini. Secara desain ada hampir tidak berbeda dengan seri Andromax 4G lainnya, di mana di bagian pinggir ponsel diberikan nuansa emas yang enak dilihat. Bagian belakangnya berupa plastik matte yang bisa dilepas dengan mudah. 

Baterai Andromax R berkekuatan 2200 mAh yan bisa dilepas dengan mudah. Pada bagian atas di dekat baterai terdapat slot kartu 4G LTE Smartfren, kartu GSM dan slot micro SD Card.

Tombol ON/OFF berada segaris dengan tombol volume +/-. Ini agak menimbulkan kesulitan ketika mengambil screen shot. Apalagi tombol tersebut agak kurang menonjol keluar sehingga agak sulit untuk menekannya. Port charger ada di bagian bawah ponsel, sedangkan port jack 3,5 mm ada di bagian atas. 

Prosesor yang ditanamkan Smartfren di Andromax R ini sama dengan seri Andromax 4G lainnya, yaitu Snapdragon 410 berkekuatan 1,2 Ghz quadcore dan Andreno 306. RAM sebesar 1GB dan ROM 8GB yang bisa diekspansi hingga 32GB.

Dari sisi desain dan hardware ini yang patut diapresiasi adalah Andromax R ini ringan dan lapisan Dragon Trail di layar. Prosesor, RAM dan ROM yang sama dengan seri Andromax 4G lainnya. Alangkah baiknya jika Smartfren memberikan prosesor yang setingkat lebih baik. Namun demikian, tentu Smartfren punya pertimbangan tersendiri.

Bagian cover Andromax R
yang terbuat dari plastik matte

Tombol ON/OFF segaris dengan
tombol volume

Port charger

Port jack 3.5 mm
Kinerja

Secara keseluruhan kinerja Andromax R ini mengesankan. Hal ini terutama ditunjang oleh koneksi 4G LTE yang selalu tersedia sepanjang saya menggunakan Andromax R ini. Saya menggunakan Andromax R untuk menelpon, bermedia sosial, browsing, bermain game dan sekaligus menjadikannya modem. 

Dalam pengujian Antutu, Andromax R memperoleh skor sebagai berikut:



Oleh karena koneksi 4G LTE Smartfren di sekitar Ciawi/Bogor cukup stabil, apapun yang dilakukan berlansung sangat cepat. Misalnya mendownload aplikasi dengan ukuran file besar hingga 600 MB di aplikasi Real Racing. Bermedia sosial juga demikian, hampir tanpa waktu menunggu ketika melakukan tweet dan upload foto.

Secara kinerja, saya tidak menemukan lag sama sekali ketika menggunakannya untuk bermain game berat seperti Real Racing 3. Game ini merupakan game favorit yang selalu saya mainkan di setiap smartphone yang saya pakai. 

Demikian juga ketika menggunakan GPS. GPS Andromax R ini cepat mengunci lokasi. Saya menggunakan aplikasi Google Maps dan Waze ketika menuju lokasi tertentu dari Bogor ke Jakarta dan ini sangat membantu karena GPSnya yang cepat mengunci lokasi.

Harus diakui bahwa bebarapa hari saya mengalami bug di Andromax R ini. Namun Smartfren sangat tanggap dengan memberikan update dengan besaran file sekitar 256 MB pada hari ketiga saya menggunakan. Update ini membuat kinerjanya makin stabil, terutama terkait dengan baterai.

Saya kira Andromax R ini sebuah smartphone 4G yang dari sisi harga sangat murah dan kinerja yang baik. Dengan perpaduan paket data 2GB + 6GB dalam seminggu, apa yang diterima dan pengalaman yang dirasakan pengguna akan sangat sepadan dengan harga yang dibayar.

Kinerja Kamera

Sisi kamera tidak ditinggalkan oleh Smartfren. Di Andromax R, Smartfren memberikan kamera berkekuatan 8 megapiksel untuk kamera belakang dan 5 megapiksel untuk kamera depan dengan triple flash. 

Fokus penggunaan kamera bagi saya selalu auto dan sesekali HDR. Untuk hasil foto saya mengatakannya sudah sangat baik. Objek terekam sangat jelas. Hasil foto kamera Andromax R bisa dilihat sebagai berikut (Klik untuk melihat ukuran sebenarnya. 

Photo Sample 1

Photo Sample 2

Photo Sample 3

Photo Sample 4

Photo Sample 5

Photo Sample 6

Photo Sample 7

Photo Sample 8

Photo sample 9

Photo Sample 10

Photo HDR

Photo Sample 11

Photo Sample 12

Kinerja Baterai

Andromax R menggunakan baterai berkekuatan 2200 mAh. Dalam beberapa hari pertama menggunakan terdapat bug yang menguras daya baterai sehingga saya hanya bisa menggunakan Andromax R secara terus-menerus sekitar 3 jam saja. Namun setelah ada update software, kinerja baterai meningkat cukup signifikan sekitar 5-6 jam jika digunakan secara masif.

Saya rasa kinerja baterai ini biasa saja. Dengan layar HD720p semestinya tidak terlalu banyak menguras baterai. Andromax R saya rasa kinerja baterainya sudah sangat baik.

Koneksi 4G LTE Smartfren

Sebagaimana telah saya uraikan sebelumnya dalam review Andromax Ec, sinyal 4G LTE Smartfren sudah mencakup bagian timur kota Bogor hingga ke daerag Gadog dan beberapa titik menuju Puncak. Saya beruntung sekali, karena meskipun belum resmi sinyal 4G LTE ini relatif stabil dengan kecepatan seperti berikut ini.

Tes Kecepatan di Bantar Kemang Bogor
Kesimpulan

Saya rasa dengan harga hanya 1.599.000 dan memperoleh paket data sebanyak 8GB selama seminggu, Andromax R merupakan pilihan bagus untuk smartphone 4G LTE. Terlebih lagi cakupan sinyal 4G LTE Smartfren cukup merata dari Bogor hingga Jakarta dan tentunya akan sampai di daerah-daerah lain. Kelebihan Andromax R ini terutama ada pada layar yang dilapisi Dragon Trail, harga yang kompetitif, dan kinerja yang tidak mengecewakan. 

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...