Saturday, July 11, 2015

Smartfren Siap Hadapi Lonjakan Traffic Selama Lebaran 2015

Jajaran manajemen Smartfren yang
hadir dalam acara Buka Bersama
di Pullman Hotel, Jakarta
Momen Lebaran merupakan momen yang mengembirakan bagi operator telekomunikasi di Indonesia. Setiap lebaran traffic data, SMS dan percakapan selalu mengalami kenaikan signifikan dibandingkan hari-hari biasa. Untuk itu, setiap operator tentu perlu melakukan persiapan yang tidak sedikit guna memastikan kenyamanan pengguna.

Menyambut Lebaran 1436 H, Smartfren merilis informasi kesiapan jaringan selama libur Lebaran dalam acara Buka Bersama di Hotel Pullman, Jakarta (7/10) kemarin. Kesiapan jaringan Smartfren terdiri dari peningkatan kualitas jaringan, meminimalisir masalah jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan, dan upaya meng-cover blind spots. Terkait peningkatan kualitas jaringan, Smartfren mengoptimalkan infrastruktur pada high traffic area.

Menurut  Paul Hodges, CEO Smartfren, momen Lebaran 2015 menjadi fokus bagi Smartfren untuk membuktikan kualitas layanan terbaik. Hal ini dikemukakan Paul Hodges dalam acara Buka Bersama di Hotel Pullman, Jakarta (10/7) kemarin. 

Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren menambahkan bahwa selama Ramadan dan Lebaran, terdapat perubahan pola traffic Smartfren. Bila biasanya traffic tinggi hanya di Jakarta, namun pada momen Lebaran traffic melonjak di sepanjang jalur mudik, terutama di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. 

Menurut Munir, pihaknya memprediksi trafik akan naik sebanyak 6-8 persen di wilayah Sumatera, sementara di Jawa akan naik 10-14 persen. Ia menambahkan Lebaran tahun lalu, Smartfren memprediksi lonjakan traffic di Jawa sekitar 12 persen, namun kenyataannya hanya 11 persen, sedangkan di Sumatera dirediksi 4-6 persen, tetapi real-nya sekitar 5 persen. Lonjakan traffic tersebut merupakan akumulasi, jadi tidak hanya traffic data, tetapi juga SMS dan percakapan.

Munir menjelaskan bahwa kepadatan lalu lintas jaringan di high traffic area seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat menjadi perhatian tersendiri dari Smartfren. Sebagai antisipasi, infrastruktur di BTS (Base Transceiver Station) telah diperkuat rata-rata 30-40% di wilayah Pulau Jawa-Bali, Sumatera dan Sulawesi. Dengan demikian, Smartfren berharap masalah yang terkait kualitas jaringan dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Guna mengantisipasi lonjakan traffic selama Lebaran 2015, Smartfren sejak awal bulan Ramadhan telah mengaktifkan tujuh regional offices di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. Ke tujuh regional offices akan beroperasi 7 x 24 jam selama masa Lebaran. 

Kesiapan Smartfren di puncak Lebaran 2015 diperkuat dengan staf profesional yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak kapan saja bila terjadi gangguan jaringan. Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh NOC (Network Operations Center) yang berpusat di Jakarta dan Surabaya serta didukung oleh 120 EMS (Equipment Management System) di seluruh regional.

Perlu juga diketahui bahwa momen Ramadhan dan Idul Fitri kali ini juga menjadi pencapaian gemilang bagi Smartfren, khususnya setelah keluarnya SKLO (Sertifikat Kelayakan Operasi) 4G LTE. Smartfren memulai layanan 4G LTE di Batam bersamaan dengan empat operator lainnya pada acara launching bersama layanan 4G LTE, 6 Juli lalu. Selanjutnya Smartfren akan menggelar layanan 4G LTE di kota-kota lainnya pada semester kedua tahun ini, sesuai dengan kesiapan di setiap kota yang sudah terdapat layanan Smartfren CDMA.

Paul Hodges mengatakan bahwa Smartfren bangga telah mengaplikasikan layanan 4G LTE, dan akan terus mempersiapkan layanan mobile broadband ini di beberapa kota lainnya. Smartfren juga telah menyiapkan ekosistem 4G LTE yang tidak hanya sebatas pada layanan jaringan, tetapi juga pada ketersediaan bermacam perangkat bagi pelanggan, yaitu smartphone dan router MiFi 4G LTE yang ditawarkan dengan harga  terjangkau.

Pada awal Juni lalu, Smartfren telah meluncurkan lima smartphone  Andromax 4G LTE, yakni Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Ec, dan Andromax Es. Masih di bulan yang sama, Smartfren merilis dua perangkat MiFi (Mobile WiFi) Router dengan kemampuan koneksi 4G LTE. Dua perangkat MiFi 4G LTE, yaitu Andromax M2P dan Andromax M2Y. Selain menawarkan kecepatan koneksi 4G LTE, kedua perangkat yang ditawarkan dengan harga Rp399.000,00 tersebut mendapat dukungan paket bonus data sebesar 4,5 GB dan tambahan 19 GB data per bulan dengan minimum pengisian pulsa Rp100.000,00. Keunggulan lain dari kedua Andromax MiFi tersebut adalah mampu membagi akses internet hingga ke 32 perangkat.

Perlu diketahui juga bahwa sejak awal Ramadhan hingga Lebaran, Smartfren juga memperkenalkan promo Double Kuota. Promo Double Kuota ini akan langsung didapatkan pelanggan Smartfren dengan pembelian kuota minimal Rp 60.000 (Paket Silver). Promo Double Kuota ini berlaku dari tanggal 1 Juni hingga 30 Juli 2015 dan hanya berlaku untuk Paket My Smartplan. Bonus Double Kuota My Smartplan bisa didapatkan dari hasil aktivasi melalui semua channel, seperti SMS, Web portal My Smartplan, dan aplikasi My Smartplan. 

Dengan mempersiapkan jaringan sebaik mungkin serta merilis perangkat dengan harga terjangkau, tentunya Smartfren berharap pengguna bisa memperoleh kenyamanan ketika menggunakan layanan Smartfren selama Lebaran tahun ini. Dengan meminimalisir masalah jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan, dan upaya meng-cover blind spots pengguna bisa berharap memperoleh pengalaman tanpa gangguan ketika menggunakan layanan Smartfren selama masa Lebaran tahun ini.

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...