Wednesday, July 22, 2015

Review: Smartfren Andromax Ec, Smartphone 4G LTE yang Sangat Layak Dibeli

Smartfren Andromax Ec 4G LTE
Penetrasi handset dengan koneksi 4G terus tumbuh sepanjang tahun 2014 hingga pertengah tahun 2015 ini, Diperkirakan pertumbuhan tersebut akan terus terjadi mengingat koneksi 4G LTE baru saja hadir di Indonesia melalui beberapa operator. Salah satu operator yang giat melakukan ekspansi koneksi 4G LTE adalah Smartfren Telekom dengan merilis 5 smartphone 4G LTE mereka beberapa waktu yang lalu dan juga dua buah modem 4G LTE. Salah satu smartphone 4G LTE Smartfren, yaitu Andromax Ec saya gunakan beberapa hari terakhir. Berikut ini merupakan pengalaman saya menggunakan Andromax Ec sekaligus pengalaman menggunakan koneksi 4G LTE Smartfren. Perlu diketahui harga Andromax Ec ini dipatok sangat murah oleh Smartfren, yaitu kurang dari satu juta rupiah atau tepatnya Rp999.000,00.

Spesifikasi Andromax Ec

Jika Anda melihat harga Andromax Ec, Anda akan sangat paham spesifikasi apa yang akan anda peroleh. Dengan harga kurang dari satu juta rupiah, tentu saja spesifikasinya tidak wah, namun yang pasti sangat sesuai dengan harga tersebut. Anda tidak akan merasa rugi untuk membayarkan uang sebesar Rp999.000,00 untuk memperoleh Andromax Ec ini karena ketersediaan koneksi 4G LTE-nya. 

Secara lengkap spesifikasi Andromax Ec adalah sebagai berikut:

Layar WVGA seluas 4 inchi. prosesor Snapdragon 410 1,2 Ghz quad core, RAM 1GB dan ROM 8GB (plus slot micro SD card up to 32GB), kamera belakang 5 mpx, kamera depan 5 mpx, baterai 1500 mAh, serta teknologi DTS Sound. Andromax Ec sudah berbasis Android Lollipop 5.0.2 dengan multi koneksi CDMA EVDO, GSM dan 4G LTE.

Dilihat dari spesifikasi tersebut hampir tidak ada yang menonjol dari Andromax Ec. Namun dengan kemampuan multi koneksinya pelanggan diuntungkan karena memiliki lebih banyak pilihan dalam berkomunikasi, misalnya untuk SMS menggunakan GSM, untuk data bisa menggunakan EVDO dan 4G LTE jika sudah tersedia.

Saya rasa spesifikasi Andromax Ec ini sudah lebih dari cukup untuk smartphone entry level terlebih nanti jika koneksi 4G LTE sudah tersedia merata di banyak tempat, harga yang dibayarkan pelanggan akan sangat sepadan.


What's In The Box

1. Smartphone Andromax Ec 4G LTE
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. Baterai
1. SIM Smartfren 4G LTE
1. Paket Bonus Data 2GB + 6GB selama satu minggu

Saya sangat senang dengan apa yang diberikan Smartfren kepada pelanggan bila membeli Andromax Ec, terutama paket data gratis yang sangat besar. Untungnya di tempat saya, di Ciawi Bogor, koneksi 4G LTE Smartfren sudah tersedia sehingga paket data tersebut terasa sangat membantu dalam mengupdate berbagai aplikasi dan browsing gratis selama seminggu dengan kecepatan tinggi.

Tonton Video: Unboxing Smartfren Andromax Ec 4G LTE




Desain dan Hardware

Secara desain, Andromax Ec ini sekilas terlihat iPhone yang berukuran 4 inchi. Andromax Ec berbentuk bar dengan bahan plastik matte yang menjadi penutup di bagian belakangnya. 

Andromax Ec berbentuk bar yang cukup tebal dengan layar  WVGA (480 x 800 pixel) seluas 4 inchi. Bagian belakang smartphone seperti biasa berupa plastik matte yang dapat dibuka dengan mudah. Bagian pinggir  diberikan nuansa emas yang cukup menarik untuk dipandang mata. Tombol ON/OFF berada di sisi kanan, sedangkan port untuk mengisi baterai  berada di sisi bawah. Tidak ada pemisahan antara tombol volume (+) dan volume (-) yang terdapat di sisi kiri smartphone.

Layar dengan kualitas WVGA di Andromax Ec ini harus diakui terlihat redup. Hal ini memaksa pengguna menaikkan indkator kecerahan layar ke titik tertinggi. Dengan kecerahan layar yang tinggi tentu saja akan berimbas kepada kinerja baterai.

Secara desain tidak ada hal yang spesial dari Andromax Ec hal ini karena smartphone ini ditujukan untuk kelas pemula dan lebih diutamakan adalah kemudahan dalam menggunakan. Hal ini cukup bagus karena Andromax Ec ini mudah digunakan, tidak membawa UI tertentu dan pengguna dapat dengan mudah beradaptasi.

Bagian depan Andromax Ec juga ditempatkan kamera depan berosolusi 5 megapiksel. Selain itu terdapat juga speaker. Bagian belakang terdapat kamera di bagian tengah badan ponsel yang juga berkekuatan 5 megapiksel.

Prosesor yang diberikan Smartfren untuk Andromax Ec adalah Qualcomm Snapdragon 410 1,2 Ghz quad core, RAM 1GB dan ROM 8GB (plus slot micro SD card up to 32GB). Saya rasa prosesor ini sudah cukup baik untuk smartphone entry level seperti Andromax Ec ini. RAM dan ROM yang diberikan juga cukup bagus di mana biasanya Smartfren berkutat dengan ROM 4GB, kini naik kelas ke 8GB sehingga cukup tersedia banyak storage sebelum pengguna membeli tambahan micro SD Card.

Tampak Depan Andromax Ec

Tombol ON/OFF

Port headphone 

Port charger/data

Bagian belakang Andromax Ec
Kinerja

Berbicara kinerja hal yang terpenting untuk smarthone entry level adalah kemampuan untuk bisa terhubung dengan berbagai aplikasi media sosial dan kelancaran melakukan browsing. Dengan prosesor quadcore 1,2 Ghz hal tersebut sebenarnya sudah sangat memadai. 

Saya menggunakan Andromax Ec untuk Twitter, Google Plus, aplikasi Google Maps, Waze dan melakukan browsing, panggilan serta SMS. Untuk tugas-tugas tersebut, Andromax Ec ini sudah memadai. Apalagi dengan koneksi 4G LTE segalanya serba sangat cepat. Hal yang paling saya rasakan adalah saat melakukan tweet menggunakan foto atau screen shot yang biasanya perlu menunggu beberapa saat, namun di Andromax Ec hampir tanpa waktu menunggu. Selain itu saya menonton video favorit di YouTube. Koneksi 4G LTE Smartfren meniadakan buffer dan dapat mendownload video yang baru saya tonton dengan cepat.

Selain itu saya menggunakannya juga untuk bermain Race The Stig, permainan balap yang saya gemari. Game ini dapat berjalan dengan baik meskipun kualitas layar hanya WVGA. Saya tidak menemukan lag ketika menggunakan berbagai aplikasi favorit saya seperti membaca dan membagi berita dari aplikasi Google News Stand. Juga ketika membagi artikel dari Google Plus ke Twitter. Tugas-tugas sederhana ini dapat berlangsung dengan baik.

Saya merasakan bahwa GPS-nya cukup cepat menentukan lokasi dan akurat. Sejauh melakukan pengujian Andromax Ec ini memiliki kinerja yang baik. Namun tentu saja ada batasan seperti layar yang hanya berkualitas WVGA seluas 4 inchi. Pengalamannya akan berbeda dengan layar berkualitas lebih tinggi dan lebih lebar. 

Game Race The Stig ini didownload
dalam waktu kurang dari 10 detik

Video Maliq & D'essentials tanpa buffering
dan didownload dengan cepat

Menggunakan aplikasi Waze

Tweet tanpa harus menunggu



Kinerja Kamera

Smartfren selalu memperhatikan sisi kamera. Meskipun untuk entry level, Smartfren memberikan kamera berkekuatan sama besar untuk kamera depan dan belakang Andromax Ec ini, yaitu 5 megapiksel. Untuk smartphone entry level, saya rasa ini sudah sangat memadai. 

Foto yang dihasilkan dari kamera Smartfren ini untuk kondisi terang sudah cukup baik. Tambahan fitur HDR juga cukup membantu. Bagi saya kamera memang bukan unsur nilai jual di kelas entry level. Hasil foto jelas terlihat, objek dapat direkam dengan mudah dan hasilnya baik sudah sangat mencukupi. Jika butuh hasil yang lebih, penggun bisa menggunakan mode Potrait, Landscape, Sport, Flowers, Backlight, Candlelight, Sunset, Night, Beach dan Snow yang disediakan Andromax Ec.

Jujur fokus penggunaan kamera bagi saya kebanyakan hanyalah Auto dan sesekali HDR. Hal ini karena tidak banyak pengguna yang mau repot-repot untuk mengatur pemakaian kamera mereka. Mereka akan cukup senang dengan hasil otomatis yang dihasilkan kamera smartphone yang di Andromax Ec ini sudah cukup bagus. Berikut ini beberapa hasil foto dari kamera Andromax Ec.

Automatic

Automatic

HDR

Automatic

Automatic

Bunga Taman Bunga Nusantara
Automatic


Automatic

Automatic

Automatic

HDR

Kinerja Baterai

Baterai yang diberikan Smartfren di Andromax Ec ini sebesar 1500 mAh. Kekuatan baterai ini sudah cukup untuk smartphone dengan layar WVGA 4 inchi. Jika menggunakan secara cukup aktif dan berbagai aplikasi media sosial, GPS, browsing, serta ambil foto cukup banyak plus menjadi hotspot baterai bisa bertahan hingga 4 jam hingga indikator baterai menunjukkan angka 14%. Kualitas layar yang hanya WVGA memaksa saya menaikkan indikator kecerahan layar ke titik tertinggi sehingga berimbas kepada kinerja baterai yang cenderung lebih cepat habis. 

Namun demikian hal tersebut tentu dapat disiasati dengan mengatur kecerahan layar. Artinya layar jangan terlalu cerah agar baterai dapat bertahan lebih lama.

Kinerja Baterai


Koneksi 4G LTE Smartfren

Untuk diketahui Smarfren menggunakan dua standar 4G LTE, yaitu time division duplex (TDD) di 2300 MHz dan frequency division duplex (FDD) di 850 MHz. Saya rasa yang tengah dicoba oleh Smartfren saat ini adalah FDD di spektrum 850 MHz. Hal ini terbukti dengan kecepatan download dan upload yang cukup berimbang.

Ketika menggunakan Andromax Ec saya sempat kaget karena lokasi tempat tinggal saya di Ciawi sebelumnya tidak akrab dengan sinya EVDO Smartfren. Saya sering harus berada di halaman agar dapat koneksi yang lumayan bagus. Namun pada koneksi 4G LTE, sinyalnya bisa dikatakan sangat kuat dan stabil. Dari beberapa uji kecepatan diperoleh sebagai berikut:







Hal lain yang menggembirakan adalah coverage area 4G LTE Smartfren di Ciawi dan sekitarnya yang lumayan luas dan stabil bahkan pada titik-titik tertentu sepanjang jalur Ciawi-Puncak juga tersedia koneksi 4G LTE Smartfren. Di dekat Puncak Pas misalnya dan di Taman Safari saya bisa memperoleh koneksi 4G LTE Smartfren.

Demikian juga dengan arah ke Sukabumi. Sepanjang jalur hingga Warung Nangka (sebelum Cikretek) saya masih bisa memperoleh sinyal 4G LTE Smartfren meskipun tidak stabil. Intinya saya rasa Smartfren untuk daerah Ciawi dan sekitarnya selangkah lebih maju dibandingkan operator lainnya dengan tersedianya koneksi 4G LTE mereka.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pelanggan yang ingin mencoba koneksi cepat 4G LTE dengan bermodal smartphone Andromax Ec yang harganya sangat terjangkau. Saya rasa untuk saat ini pelanggan di sekitar Ciawi (mungkin juga Bogor) sangat diuntungkan jika membeli Andromax Ec ini karena sudah tersedianya koneksi 4G LTE Smartfren yang stabil.

Kesimpulan

Dengan harga kurang dari satu juta rupiah, Andromax Ec memberikan pengalaman internet kencang di koneksi 4G LTE Smartfren. Saya rasa harga kurang dari satu juta tersebut bukan sesuatu yang mahal dan pelanggan tidak perlu pikir dua kali untuk membelinya mengingat koneksi 4G LTE Smartfren dan bonus data yang sangat besar yang sudah termasuk dalm paket pembelian.



Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...