Friday, April 17, 2015

Test Your Blog: Mobile Friendly or Not?

Peningkatan jumlah perangkat mobile, membuat perubahan yang cukup signifikan dalam pencarian di internet. Kini sebagian besar pengguna selalu membawa perangkat mobile, bahkan ada sebagian yang tidak lagi bergantung ke perangkat desktop, hanya perangkat mobile.

Dengan demikian, pengguna internet kini sangat bergantung kepada pencarian mobile untuk mencari informasi. Hal ini memaksa Google untuk lebih memperhatikan perangkat mobile lebih serius. 

Dalam rilisnya Google beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa mereka per 21 April 2015 nanti mereka akan melihat apakah sebuah situs mobile friendly atau tidak untuk menentukan peringkat dalam hasil pencarian. Blog atau situs yang mobile friendly diberikan peringkat yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak  atau belum dioptimasi untuk perangkat mobile.

Perubahan ini akan memengaruhi pencarian ponsel dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan dalam hasil pencarian Google. Pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang relevan, hasil pencarian yang berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk perangkat mobile mereka. Ketertampilan situs/blog yang optimal di perangkat mobile akan bisa dinikmati pengguna karena sudah disesuaikan dengan perangkat pengguna.

Ini artinya, pemilik blog harus segera membuat blog mereka mobile friendly. Untuk membuat blog/situs mobile friendly langkah pertama adalah melakukan tes apakah blog Anda sudah mobile friendly atau belum. Caranya dengan menguji blog/situs di link berikut ini.


Untuk blog Sogiogeeks sendiri, saya telah melakukan tes seperti yang terlihat berikut ini:


Jadi blog yang tengah Anda baca saat bisa diakses dengan perangkat mobile dan juga tampil baik di perangkat mobile.

Selain perubahan di atas, kemarin Google juga melakukan perubahan yang cukup signifikan terhadap ketertampilan situs dalam hasil pencarian mobile dengan merilis well-structured URLs. Menurut Google:
Well-structured URLs offer users a quick hint about the page topic and how the page fits within the website. To help mobile searchers understand your website better when we show it in the mobile search results, today we’re updating the algorithms that display URLs in the search results to better reflect the names of websites, using the real-world name of the site instead of the domain name, and the URL structure of the sites in a breadcrumbs-like format.
Well-structured URLs ini nantinya akan menampilkan nama situs/blog lebih baik dibandingkan sebelumnya yang lebih berfokus kepada URL. Well-structured URLs ini akan mulai berlaku bagi pengguna Amerika Serikat saat ini. Perlu juga diperhatikan bahwa well-structured URLs ini hanya berlaku bagi pencarian mobile dan tidak berlaku di pencarian desktop.

Dengan well-structured URLs nantinya di pencarian mobile yang ditampilkan pertama kali adalah nama situsnya, bukan lagi URL hasil pencarin. Misalnya seperti yang dicontohkan Google berikut ini.

Sebelum well-structured URLs
Setelah well structured URL
Dari dua contoh di atas terlihat bahwa gambar pertama menunjukkan URL terlebih dahulu, misalnya :www.google.com/about/company/history. Namun setelah adanya well-structured URL hasil pencariannya berubah menjadi google > about >company>history.

Contoh di atas memperlihatkan bahwa nama situs lebih didahulukan oleh Google. Jadi hasil pencarian mobile nantinya akan menampilkan nama-nama situs dibandingkan dengan URL yang selama ini berlaku. Langkah ini nantinya akan membuat pengguna mobile lebih mengetahui nama situs yang sering mereka kunjungi dan mereka percaya dibandingkan dengan hanya URL yang mungkin saja tidak pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Siap untuk Go Mobile?

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...