Thursday, April 16, 2015

Temukan Android (Hilang) dengan Find My Phone


Seringkali pengguna  lupa tempat menaruh smartphone Androidnya. Bisa juga terkadang disembunyikan teman atau malah dimainkan anak hingga bercampur dengan mainannya. Tentu saja agak sulit untuk menemukan smartphone Android dengan kondisi tersebut. Bisa juga bila Android Anda tertinggal di mobil, tetapi mencarinya di dalam kamar hingga usaha mencarinya menemui jalan buntu.

Untuk kondisi seperti ini, Google memberikan solusi, yaitu pencarian Android melalui dekstop dengan mengetikkan Find My Phone di bilah pencarian Google di desktop. Namun jangan disangka Anda tidak perlu melakukan sesuatu sebelum melakukan Find My Phone tersebut.

Kesan mudah terlihat karena Google beranggapan Anda selalu menghidupkan lokasi di mode High Accuracy. Untuk hal ini memang tidak butuh banyak usaha melakukan Find My Phone.

Sayangnya pengguna dihadapkan kepada berbagai personalisasi ketika menggunakan Android. Ada yang terus-menerus mematikan lokasi (GPS) dan kalaupun dinyalakan dalam kondisi Low Accuracy untuk menghemat baterai. GPS merupakan salah satu faktor yang mempercepat habisnya baterai, apalagi dalam kondisi high accuracy jadi tidak heran sangat banyak pengguna memilih untuk mematikannya.

Untuk hal seperti ini terlebih dahulu adalah mengikuti petunjuk yang diberikan di halaman bantuan seperti di LINK INI. Meskipun saya pada dasarnya selalu menggunakan Google Now, GPS selalu saya matikan sehingga ketika melakukan Find My Phone, Android saya tidak bisa saya temukan. 

Untuk itulah, pertama sekali, pengguna harus memenuhi anggapan Google agar Find My Phone dapat dilakukan dengan mudah. Persyaratan tersebut misalnya:
  • The most recent version of the Google app
  • Now cards turned on
  • Web & App activity turned on
  • Google Now notifications turned on
  • Location reporting on "High accuracy" mode
Setelah memenuhi hal tersebut di atas Find My Phone dapat dilakukan dengan mudah. Dalam uji coba yang saya lakukan, saya menggunakan halaman Google Dot Com, bukan Google Dot Co Dot Id. Yang terpenting dari syarat di atas saya kira ada lokasi (GPS) dengan High Accuracy Mode. Saya kira meskipun tidak menggunakan Google Now misalnya atau tidak menyalakan web activity lokasi masih dapat ditemukan, tetapi jika GPS tidak ON pasti tidak akan bisa dideteksi oleh Google.

Fitur ini tidak dirancang untuk melakukan lock and erase. Jadi fitur ini dirancang Google agar lebih mudah menemukan Android yang salah ditaruh atau dimainkan oleh anak atau teman sekamar pengguna. Untuk lock and erase pengguna bisa memanfaatkan Android Device Manager. 

Hal yang bagus sebenarnya adalah anda bisa membuat Android anda berdering setelah tempatnya ditemukan. Tinggal klik Ring sehingga smartphone berdering dan tempat paling akurat dari Android tersebut bisa dengan mudah ditemukan. Hal ini berarti Anda tidak perlu lagi meminta teman untuk menelpon ke Android Anda yang Anda lupa tempat menaruhnya untuk menemukan Android tersebut. Sangat membantu!

Fitur ini akan sangat bermanfaat menemukan Android yang sembarangan diletakkan. Namun fitur ini akan bekerja dengan baik jika memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Untuk itu, bagusnya persyaratan tersebut selalu (GPS high accuracy mode) dipenuhi terlebih dahulu. Ini artinya jika anda suka menaruh Android di sembarang tempat, ada baiknya persyaratan tersebut dipenuhi agar Android Anda mudah ditemukan. 

Saya beranggapan bahwa dalam Flight Mode atau android dimatikan, Android Anda tidak akan bisa ditemukan. Untuk mengatasi hal ini, Anda memang harus cepat-cepat melakukan pencarian jika Android Anda tidak ditemukan. Khawatirnya baterai smartphone Anda keburu habis.

Sign in
Lokasi ditemukan


Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...