Thursday, March 19, 2015

Review Kata i4: Smartphone Kelas Menengah High End Looks and Feel

Back cover Kata i4
Pernah mendengar vendor Kata Digital? Mungkin belum pernah, namun smartphone mereka sudah sangat banyak dijual di salah satu online store terkenal di Indonesia, Lazada. Kata Digital ini sudah membuat sangat banyak smartphone berbasis Android. Di situsnya sendiri Kata Digital mengatakan bahwa mereka adalah brand yang berasal dari Amerika Serikat. Namun produksi smartphone mereka seluruhannya dilakukan di China.

Beberapa waktu terakhir saya menggunakan salah satu smartphone andalan mereka dan mungkin merupakan smartphone dengan spesifikasi tertinggi yang mereka keluarkan, yaitu Kata i4. Kata i4 kalau dilihat dari spesifikasi di atas kertas menyasar pengguna smartphone kelas menengah ke atas. Hal ini terlihat dari spesifikasi yang cukup baik untuk smartphone kelas menengah. Kira-kira bagaimana kinerja Kata i4 ini? Berikut ini merupakan review Kata i4.

What’s In The Box?

1. Smartphone Kata i4
2. Charger
3. USB kabel
4. Buku Panduan
5. Kartu Garansi
6. Headset



Spesifikasi dan Software

Salah satu yang saya senang dengan Kata i4 ini adalah spesifikasinya yang cukup tinggi. Kata i4 memiliki spesifikasi sebagai berikut.
  • Processor MTK 6592 Octa Core 1.7GHz
  • Display 5.0-inch Super HD Display 1280x720
  • Frequency QuadBand GSM 850/900/1800/1900, TriBand 3G 850/1900/2100
  • Operating System Android 4.4 KitKat
  • RAM 2GB Storage 32GB (Partisi 5 GB dan 22 GB)
  • Cameras,Photos, and Video Recording: Front Camera 8 Mega Pixel camera Support video call Rear Camera 16 Mega Pixel camera Autofocus
  • Battery Built-in 2300mAh rechargeable lithium-polymer battery, Charging via power adapter or USB to computer system
  • Standby time 350 hours, Talk Time 5 hours
  • Buttons Power ON/OFF, Vol+, Vol-, Input/Output, Earphone jack
  • Speaker 8 ohm
  • Connectivity Wifi 802.1.1 b/g/n, Bluetooth 4.0
  • Audio Playback MP3, WMA, WAV, APE, OGG, OGA, M4A, FLAC, ACC Audio
  • Video MP3, WMA, WAV, APE, OGG, OGA, M4A, FLAC, ACC AudioH.264 video up to image size 48×48 pixels to 1920×1080 pixels, MPEG 4, AVI, MKV,MP4, MOV, 3GP, DIVX, Rm, RmVB, Motion JPEG, 3MVC, GOOGLE VP8, WEBM, VC-1,WMV,ASF, TS
  • Environmental Requirements: Internet Access, Synchronize with FishTune on PC requires: Win7 or Win XP only 

Dari spesifikasi tersebut di atas, Kata i4 memberikan spek yang sangat bagus untuk smartphone kelas menengah atas. RAM 2GB sudah menjadi standar yang memang harus dipenuhi setiap vendor di kelas menengah atas, namun pada ROM masih sangat banyak yang hanya memberikan 16GB atau bahkan 8GB. Dalam hal ini Kata i4 memberikan ROM 32GB yang tidak bisa ekspansi. Ini artinya Kata i4 tidak menyediakan micro slot SD Card (bisa dilihat di bagian desain). 

Namun absennya  slot micro SD card tersebut rasanya tidak berpengaruh karena ROM yang sudah sangat besar. Ditambah lagi, Kata Digital memberikan cloud storage gratis sebesar 35GB. Untuk urusan storage ini, saya mengapresiasi apa yang diberikan oleh Kata i4. Kebiasaan saya menggunakan smartphone selama ini, memang tidak menyukai tambahan micro SD Card. Saya perkirakan tak banyak juga yang memiliki file hingga puluhan gigabyte sehingga ROM 32GB tersebut sudah sangat memuaskan.

Kata i4 berbasis Android KitKat 4.4.2. Dari sisi software ini mungkin terdapat nilai kurangnya karena tidak berbasiskan KitKat 4.4.4 atau Android 5.0 Lollipop. Namun bila kita lihat lebih jauh, sejauh ini masih segelintir vendor yang memberikan Android Lollipop out of the box. Jadi dengan KitKat, Kata i4 ini masih bisa diterima. 

Kata i4 juga membawa sensor yang lengkap, yaitu Accelerometer sensor, Proximity sensor, Light sensor, Gyroscope sensor, Orientation sensor, Magnetic field sensor, Rotation vector sensor, dan Linear acceleration sensor

Desain dan Hardware

Dari sisi desain, Kata i4 ini tidak kalah bagusnya. Smartphone dengan layar 5 inchi IPS HD 720p didesain dengan cukup baik. Dengan ketipisan sekitar 6,5 milimeter, berbentuk bar dan bezel logam, Kata i4 ini terkesan premium. Juga terdapat garis-garis di sisi kanan, kiri, dan bawah mirip garis yang ada di iPhone 6.

Bagian depan Kata i4 ini sepenuhnya didominasi oleh layar HD 5 inchi. Pada bagian atas terdapat kamera depan berkekuatan 8 megapiksel, sensor, dan receiver. Bagian depan bawah terdapat mic, Home, Menu dan Back

Sisi kanan terdapat tombol ON/OFF, sementara di sisi kiri terdapat tombol volume (-) dan Volume (+) yang dipisah. Pemisahan tombol volume ini merupakan hal kecil yang saya apresiasi karena saya sangat sering mengambil screenshot dari layar sehingga lebih mudah melakukannya.

Pada bagian atas smartphone Kata i4 terdapat slot kartu GSM. Kata i4 bukan smartphone dual SIM, tetapi single SIM yang cara memasukkan SIM-nya hampir sama dengan di iPhone. Dalam paket pembelian disertakan SIM ejector. Pengguna tinggal menggunakannya, masukkan pada lubang yang telah tersedia sehingga SIM tray akan keluar dan kemudian masukkan SIM. Setelah memasukkan SIM lakukan restart sehingga SIM akan terdeteksi dengan sendirinya. Pada bagian bawah smartphone terdapat port untuk melakukan pengisian baterai sekaligus untuk menyambungkan Kata i4 dengan komputer.

Bagian belakang Kata i4 didominasi oleh plastik yang tidak bisa dibuka. Jadi jangan coba-coba membukanya. Desain (setengah) unibody (karena bagian belakangnya plastik) yang ada di Kata i4 dan ketipisannya yang hanya 6,5 milimeter sangat kokoh. Saya rasa desain  dan ketipisan yang cukup baik ini yang menyebabkan tidak tersedianya tambahan micro SD Card di Kata i4. Jadi satu-satunya slot yang ada di Kata i4 adalah slot kartu GSM. 

Pada bagian belakang ini terdapat kamera utama berkekuatan 16 megapiksel serta flash. Posisinya berada di bagian atas tengah smartphone Kata i4. Bezel logam yang terlihat kokoh menambah cantik desain Kata i4 ini. Ketika menggenggam Kata i4 terasa grip yang cukup baik meskipun sangat disayangkan bagian belakangnya masih berupa plastik. Desain Kata i4 ini dapat dilihat sebagai berikut.


Hardware yang dibenamkan dalam Kata i4 dimotori oleh prosesor octa core Mediatek MTK 6592 berkekuatan 1,7Ghz dengan RAM sebesar 2GB. Internal memori sebesar 32GB dibagi menjadi dua partisi, internal storage 5,21GB dan phone storage sebesar  22GB. 

Secara desain dan hardware yang ditawarkan, Kata i4 ini lebih maju dibandingkan dengan smartphone kelas menengah atas lainnya. Bezel logamnya terasa kokoh dan sangat membantu  grip. Hal ini sangat saya rasakan ketika memainkan game balapan Real Racing 3. Kata i4 sangat enak digenggam, grip terasa kuat sehingga memainkan game berjalan dengan lancar.

Ketipisan yang 6,5 milimeter menjadikannya terlihat premium. Logo Kata i4  dan brand Kata hanya berada di bagian belakang smartphone terlihat bagus dan minimalis sehingga tampilan smartphone secara keseluruhan sangat baik.

Kinerja

Dengan spesifikasi yang cukup bagus, kinerja bagus tentu sangat diharapkan. Selama menggunakan Kata i4 ini saya rasa sangat lancar. Multitasking dapat dilakukan dengan lancar. Sebagian besar kegiatan yang saya lakukan di Kata i4 adalah mengirim dan menerima email, media sosial, menonton video, main game, download, chatting, dan maps. Semua aktivitas ini berjalan dengan lancar.

Khusus untuk game saya menyukai game balap Real Racing 3 yang cukup menyita ROM dan RAM. Namun game ini dapat dimainkan dengan lancar. Selain itu saya memainkan Subway Surf yang juga dapat berjalan dengan sangat baik. Selain itu mendengarkan musik dengan pemutar musik bawaan (AOSP) juga dapat dilakukan dengan baik. Kecuali itu saya mendownload aplikasi music shuttle yang juga saya pakai berulang kali. Tampilan layar HP 720p nya sangat membantu dalam menonton video seperti video Masha and The Bear berkualitas HD 720p.

Untuk kinerja ini seperti biasa saya melalukan benchmark test dengan Antutu dan GeekBench 3. Hasilnya cukup bagus seperti berikut ini.




Dari hasil benchmark test di atas, Kata i4 ini menghasilkan skor Antutu sebesar 31.503 dan skor Geekbench 3 untuk single core 442 dan multicore sebesar 2316. Skor tersebut tentu terpaut jauh dengan smartphone flagship seperti Galaxy S5 dan Xiaomi Mi3 namun berada cukup dekat dengan LG G3. Ini menandakan Kata i4 cukup bisa diandalkan dalam kinerja meskipun bukan smartphone untuk kelas atas.



Kinerja aplikasi juga cukup bagus, Ketika melakukan multitasking mendownload file game Real Racing 3 sekaligus membuka Twitter dan Google Plus tidak terasa lag. Game ini dapat dimainkan dengan lancar sekaligus tetap terhubung ke Twitter dan Google Plus.

Dalam hal aplikasi ada yang patut diapresiasi dari Kata i4 ini, yaitu aplikasi bawaan yang sangat sedikit, bahkan aplikasi Google. Kata Digital menyertakan beberapa aplikasi bawaan mereka seperti Fish Store dan Kata Cloud yang memang tidak bisa di uninstall. Aplikasi lain yang diikutsertakan adalah WipeOut, WPS Office, Facebook dan Evernote. WipeOut, WPS Office,  dan Evernote tidak bisa di-unsinstall, namun Facebook dapat di-uninstall dengan mudah. 

Aplikasi Google yang pre-installed juga minim. Hanya GMail, PlayStore, Google Maps, Hangout dan YouTube yang pre-installed, sedangkan aplikasi seperti browser Chrome, Google Plus dan Google Play News tidak diikutsertakan. Hal ini membuat pengguna lebih bisa memilih aplikasi apa yang akan mereka install dan lebih memberikan kebebasan kepada pengguna.

Kinerja multitasking yang lancar tersebut tentu ditopang oleh prosesor yang cukup baik, yaitu MediaTek octa core 1,7 Ghz ditambah dengan GPU Mali 450. Sejauh menggunakan dalam tugas-tugas multitasking seperti menonton YouTube sambil Twitteran atau Google Plus, Kata i4 ini dapat berjalan dengan sangat lancar.

Kinerja Kamera

Kamera sudah menjadi bagian yang sangat penting dari sebuah smartphone. Namun bagi pengguna biasa, kamera tetaplah sebagai sebuah alat yang lebih banyak digunakan untuk foto selfie dan bukan untuk foto yang serius. Karena itulah tak banyak yang menggunakan pengaturan sendiri (setting manual) di kamera smartphone. Sebagian besar pengguna cukup puas menggunakan fitur auto. 

Bagi saya sendiri kekuatan kamera sering tidak menjadi pilihan dalam menentukan pembelian smartphone. Hasil foto yang cukup jelas terlihat sudah sangat baik. Kata i4 ini mengusung kamera utama berkekuatan 16 megapiksel dan kamera depan sebesar 8 megapiksel. Hasil foto dari Kata i4 ini menurut saya  detail dan bagus. Foto jelas terlihat dan bisa diupload ke media sosial dengan sangat mudah.

Terdapat beberapa mode kamera di Kata i4, yaitu Auto, HDR, dan lainnya. Namun saya lebih sering menggunakan mode auto dan HDR yang hasilnya cukup bagus dan stabil. Untuk selfie terdapat kamera depan dengan mode face beauty yang default. Jadi apabila menggunakan kamera depan untuk selfie hasilnya otomatis diperbaiki, hasil fotonya terlihat terlalu terang dan terlalu bersih karena sudah diolah software.


Contoh foto dapat dilihat berikut ini.

Mode HDR

Auto, luar ruang

Dalam ruang, auto

Selfie, Mode Face Beauty

Luar ruang, cerah

Dalam ruang, kurang cahaya

Dalam ruang, cahay lampu

Dalam ruang, pagi hari




Selain mode normal, Kata i4 ini juga memberikan mode live photo. Nantinya foto yang diambil akan menjadi video dengan durasi selama 6 detik. Fitur ini cukup membantu untuk mengambil video pendek tanpa harus menggunakan aplikasi Vine.


Kinerja Baterai

Kata i4 ditenagai oleh baterai berkekuatan 2300 mAh. Pada awalnya saya merasa baterai dengan 2300 mAh tersebut kurang cukup untuk menopang kinerja smartphone 5 inchi dengan kualitas HD 720p. Pada awalnya saya hanya mendapatkan kurang lebih 5 jam pemakaian hingga baterai telah menunjukkan di bawah 20%. Saat itu saya mematikan kecerahan layar auto dan memberikan kecerahan layar sekitar 60%.

Kecuali itu, pertama kali menggunakan Kata i4 ini saya hanya melakukan charging selama 4 jam. Untuk charging ini,  Kata i4 otomatis akan hidup ketika baterai telah menunjukkan 100%. Dalam beberapa kali tes yang saya lakukan, smartphone Kata i4 otomatis menyala jika baterai sudah penuh. Ini tentu ada positif dan negatifnya. Positifnya anda tidak perlu lagi menyalakan smartphone, negatifnya jika anda biarkan posisi data ON tentu akan berakibat kurang bagus terhadap baterai itu sendiri dan paket berlangganan internet.

Setelah melakukan tweak dan adanya update software dari Kata serta memakai setting kecerahan otomatis dan mematikan koneksi data sebelum mengisi baterai, daya tahan baterai naik cukup signifikan. Jika pemakaian biasa saja dan situasi sinyal penuh, baterai Kata i4 ini bisa bertahan 8 jam. Dan bila pemakaian cukup masif dan menggunakan GPS, maps, media sosial dan bermain game baterai bisa bertahan hingga 6 jam.

Hasil tes baterai tersebut dapat dilihat sebagai berikut.



Daya tahan baterai Kata i4 tersebut tidaklah mengejutkan bagi saya. Umumnya, smartphone tipis selalu harus mengorbankan kekuatan baterai. Semakin tipis akan semakin sedikit daya baterai yang bisa mensuplai kinerja smartphone, kecuali ada teknolog baterai super tipis dengan daya besar. Ini artinya akan selalu ada trade off antara ketipisan smartphone dengan kekuatan baterai.

Untuk Kata i4 ini saya rasa daya tahan baterai 6-8 jam tersebut sudah sangat memadai. Pengguna dapat menyediakan tambahan daya melalui power bank yang kini sudah cukup murah dan mudah untuk didapatkan.

Pembanding

Di Lazada Kata i4 ini dijual dengan harga Rp3.390.000. Dengan harga tersebut Kata i4 ini bersaing ketat dengan beberapa smartphone lain, misalnya Samsung Galaxy A3 dan Zenfone 6. Jika dibandingkan dengan Galaxy A3, Kata i4 lebih bagus dari segi spesifikasi, terutama ROM yang 32GB dan kamera 16 megapiksel. Demikian juga jika dibandingkan dengan Zenfone 6, namun Kata i4 sepertinya tidak dilapisi oleh Gorilla Glass. 


Pendapat saya pribadi, Kata i4 ini bisa menjadi alternatif bagus untuk smartphone yang selama ini lebih menekankan kepada brand. Dari segi brand mungkin Kata Digital berada di bawah merek smartphone lain yang sudah punya nama, namun spesifikasi yang ditawarkannya dengan harga hampir sama atau mungkin lebih murah, saya rasa cukup layak untuk dicoba. Desainnya yang bagus dan terlihat premium bisa menjadi pertimbangan lain sehingga Anda bisa memutuskan untuk membeli Kata i4 ini.

Tentang Kata Digital

Bila kita baca di halaman situsnya dan interaksi di halaman Facebook, Kata Digital sudah ada di Indonesia sejak tahun 2013 yang lalu. Kata Digital sudah membuka beberapa toko, terutama di Jakarta, salah satunya di ITC Roxy Mas Lantai 2 Nomor 19. Selain itu Kata Digital juga ada di Blok M Plaza sehingga untuk mendapatkan smartphone Kata i4 ini sudah sangat mudah, bisa melalui Lazada atau toko Kata Digital sendiri.

Vendor: Kata Digital, Kata Digital Indonesia
Twitter: Kata Digital
Facebook: Kata Indonesia

Foto Lengkap Kata i4 dapat dilihat di link berikut ini:

Kata i4
A Day With Kata i4

Baru: Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502VM Silver Futuristik

ASUS ROG STRIX GL502VM Memasuki kuartal ketiga di tahun 2017, ASUS kembali menghadirkan produk baru di segmen laptop khusus untuk gamin...