Friday, March 6, 2015

Ini Dia Harga Samsung Galaxy S6

Samsung Galaxy S6
Tidak bisa dipungkiri, harga masih merupakan faktor utama pengguna dalam melakukan pembelian. Untuk pengguna yang sangat peduli dengan harga, boleh jadi fitur akan menjadi pertimbangan yang terakhir karena price sensitivity mereka sangat tinggi. 

Perlu diketahui, ketika diluncurkan di Barcelona beberapa hari yang lalu, Samsung belum memberikan harga untuk Samsung Galaxy S6 andalan mereka. Mungkin mereka yang hadir di Barcelona, termasuk saya yang menonton secara live streaming di YouTube agak heran mengapa Samsung tidak merilis harga untuk Galaxy S6. 

Sampai kemarin setelah melakukan pencarian di internet, saya tidak menemukan harga Samsung Galaxy S6 yang resmi. Barulah ketika sebuah situs teknologi menemukan halaman pendaftaran untuk membeli Samsung Galaxy S6 di sebuah operator di AS yang berhadiah Galaxy S6, saya bisa menebak-nebak harga Samsung Galaxy S6 tersebut. Dalam halaman hadiah bagi pemenang, halaman operator di AS itu menuliskan harga Samsung Galaxy S6 seharga 699 dollar AS atau sekitar 9 juta rupiah (dengan kurs Rp13.000,00).
Sumber T-Mobile

Pertanyaan yang muncul adalah untuk varian yang mana harga sebesar 699 dollar tersebut? Untuk diketahui, di Samsung Galaxy S6, Samsung tidak lagi menyediakan varian 16GB, varian yang paling rendah adalah yang sebesar 32GB kemudian 64GB dan 128 GB. Dengan varian terendah sebesar 32GB, berarti Samsung berupaya mereduksi rasa kehilangan konsumen terhadap slot micro SD card yang selama ini menjadi salah satu fitur yang sangat disukai pengguna. Storage sebesar 32GB tersebut sudah sangat mampu menampung sekian banyak file pengguna, plus apalagi kalau konsumen memiliki cloud storage yang harganya kini semakin murah.

Saya menebak harga 699 dollar AS adalah untuk varian 32GB. Jika tebakan harga 699 dollar AS tersebut untuk varian 32GB, saya rasa harganya cukup masuk akal. Mengapa demikian?

Ada beberapa alasan mengapa harga sebesar 699 dollar AS cukup masuk akal untuk varian Samsung Galaxy S6 yang 32GB. Pertama dari sisi desain, Galaxy S6 merupakan pengejawantahan desain premium dari Samsung yang sudah ditunggu-tunggu pengguna sangat lama. Kedua dari sisi material yang mengalami 100% peningkatan dibandingkan dengan seri terdahulu. Ketiga dari sisi storage yang sebesar 32GB, yang berarti dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan varian terendah seri yang lalu. Keempat dari sisi kinerja atau performa yang dijanjikan Galaxy S6 dengan prosesor Exynos 14nm pertama di dunia meskipun hal ini perlu dibuktikan lebih lanjut.

Sekali lagi, harga sebesar 699 dollar AS itu hanyalah harga dugaan dari Samsung Galaxy S6. Harga yang pasti dari Samsung Galaxy S6 tentunya akan dirilis Samsung pada saat yang tepat. Harga sebesar 699 dollar AS tersebut juga tidak bisa dijadikan patokan untuk mengatakan Galaxy S6 lebih mahal dibandingkan dari smartphone lain, karena harga tersebut bukanlah harga resmi. Mungkin saja harga yang dicantumkan operator sekadar menarik calon pembeli untuk mengikuti kontes yang mereka adakan.

Untuk tidak terus penasaran mengenai harga Samsung Galaxy S6, coba tonton dulu video berikut ini.

BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...