Monday, February 23, 2015

Semalam di Padjadjaran Suites Resort and Convention Hotel


Padjadjaran Suites Resort and Convention Hotel
Kesempatan emas tidak datang dua kali. Setelah seminggu terus-menerus bekerja, sebuah tawaran untuk menginap di hotel tidak patut untuk dilewatkan. Mungkin ini yang melandasi saya untuk menuruti ajakan teman untuk menginap di Padjadjaran Resort. Padjadjaran Resort? Iya, Padjadjaran Resort, bukan Padjadjaran Suites yang ada di Jalan Pajajaran, Bogor. 

Soal nama ini perlu saya jelaskan terlebih dahulu. Di Bogor, terdapat dua nama sama, tetapi berbeda. Padjadjaran Suites berada di Jalan Pajajaran Bogor, kalau dari arah Baranangsiang terletak setelah rumah sakit Azra, Bogor, sedangkan Padjadjaran Suites Resort and Convention Hotel ada di Bogor Nirwana Residence. Meskipun berada di lokasi Bakrie Grup, namun Padjadjaran Resort bukanlah milik Bakrie. Hotel dan Resort ini sepenuhnya milik perseorangan, namun kebetulan lokasinya berada di Bogor Nirwana Residence.
Rute menuju Padjadjaran Suites Resort
Pada mulanya pun saya merasa ajakan teman ini adalah untuk menginap di Padjadjaran Suites yang ada di Jalan Pajajaran tersebut. Namun setelah dijelaskan olehnya, ternyata ada Padjadjaran Resort yang meskipun satu pemilik, tetapi berbeda lokasi dan ke sanalah saya dibawa menginap. Nah berikut ini kesan saya selama menginap di Padjadjaran Suites Resort and Convention Hotel tersebut.

Lokasi

Secara lokasi, saya merasakan bahwa berada di dalam Bogor Nirwanan Residence memiliki sisi positif dan negatif tersendiri. Padjadjaran Suites Resort and Convetion Hotel ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dari terminal Baranangsiang dengan rute menuju ke Jalan Pahlawan. Jika kita lihat peta Bogor,  Padjadjaran Resort ini berdekatan dengan salah satu jaringan hotel milik Bakrie Grup yang juga berada di kawasan Bogor Nirwana Residence. Bagi Anda yang punya kendaraan, akan cukup menyenangkan bila menuju Padjadjaran Resort ini, namun bagi traveler mungkin agak sedikit repot karena posisinya yang agak jauh ke dalam dari jalan raya Pahlawan. 


Namun demikian, bagi keluarga yang ingin menikmati liburan yang dekat dengan tempat bermain seperti The Jungle Waterpark dan Jungle Fest, Padjadjaran Resort merupakan pilihan yang tepat. Jarak The Jungle Waterpark dan Jungle Fest yang sepelemparan batu dari Padjadjaran Resort memungkinkan keluarga Anda untuk dapat datang lebih awal dan bebas kemacetan dan jika ingin bermaiin di The Jungle dan Jungle Fest.

Bagi businessman, mengadakan acara meeting perusahaan atau pertemuan dengan klien Padjadjaran Resort bisa menjadi pilihan karena memiliki 21 fungsi ruangan, yang terdiri dari satu ballroom dan 19 ruang pertemuan. Ballroom tersebut bisa menampung 1.000 orang peserta, sebuah jumlah yang sangat besar. Dengan kapasitas besar tersebut, lokasi hotel yang agak ke dalam dari jalan raya menjadi tidak masalah, terutama jika Anda mengadakan acara yang mengundang banyak relasi, seperti perkawinan.

Dengan jarak tempuh dari jalan raya Pahlawan sekitar 5-8 menit, sebenarnya lokasi Padjadjaran Suites Resort ini masihlah bagus. Pertimbangan kedekatan dengan tempat wisata bisa menjadi sisi positif yang menentukan Anda lebih memilih Padjadjaran Resort untuk tempat menginap bagi keluarga selama liburan dibandingkan harus menginap di hotel sekitar Jalan Raya Pajajaran yang lebih sering macet dan semrawut karena dipenuhi angkutan kota. Selain itu tentu juga fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan.

Akomodasi, Fasilitas dan Harga

Sebagai hotel bintang empat tentu Padjadjaran Resort menyediakan akomodasi yang sesuai dengan kelas tersebut. Padjadjaran Suites Resort menyediakan 143 kamar fully furnished. Sebanyak 22 meter persegi untuk kelas Superior, Executive seluas 33 meter persegi, dan Royal Suites seluas 45 meter persegi. Kamar-kamar tersebut dilengkapi dengan free WiFi, LCD TV, safety deposit box, writing desk, sofa, shower, AC, hair driyer, minibar, sambungan telepon dan masih banyak lagi. Saya rasa semua fasilitas yang disediakan tersebut sangatlah baik.

Kasur empuk, ruangan ber-AC dan TV LCD multi channel merupakan kenyamanan yang bisa saya nikmati di akhir pekan kemarin. Sebuah kesenangan tersendiri bisa menikmati semua itu dengan baik. Jika Anda membawa keluarga, akan sangat senang nantinya menikmati semua fasilitas yang disediakan oleh Padjadjaran Resort ini.

Tarif yang dikenakan untuk tiga tipe room tersebut tentu berbeda. Untuk tipe Superior seharga 1,2 juta nett per malam, Executive seharga 2,6 juta nett per malam dan Royal Suite seharga 5 juta nett per malam. Untuk tarif tentu saja berbagai opini bisa dipertentangkan, namun jika pelayanan dan pengalaman yang dirasakan sangat baik, tarif tersebut bisa sangat diterima.

Makan dan Minum


Sop Buntut Goreng al Padjadjaran Resort
 Untuk makan dan minum, Padjadjaran Resort menyediakan tempat yang cukup luas terdiri dari dua bagian, yaitu indoor dan outdoor. Makanan yang disediakan mulai dari makanan tradisional Indonesia sampai makanan Eropa yang dimasak ala Padjadjaran Resort. 

Pilihan makanan untuk orang Indonesia seperti saya sepertinya lebih menarik dibandingkan makanan Eropa. Oleh karena itu, saya mencoba Sop Buntut Goreng yang dagingnya empuk dan enak sekali untuk makan malam. Sembari makan malam, tamu juga bisa mendengar musik khas Sunda mengalun dengan merdu. Pada waktu tertentu juga ada live music.


Catatan penting saya selama di Padjadjaran Resort ini adalah budaya khas Sunda yang kental. Tokoh Cepot mewakili budaya khas Sunda tersebut serta lagu dan musik Sunda yang mengalun dengan merdu. 


Berbagai menu makanan dan minuman di
 Padjadjaran Suites Resort 
Untuk sarapan tentu juga tersedia banyak makanan dan minuman, mulai dari nasi goreng, ketupat sayur sampai egg corner. Minuman juice, kopi, susu, teh, layaknya hotel lain tentu pula tersedia dengan baik. Demikian pula minuman tradisional seperti bandrek dan jamu serta jajanan pasar.

Di sisi restoran tersedia meja bilyard. Bagi yang suka bermain bilyard fasilitas ini tentu sebuah poin plus yang bisa dipertimbangkan. Akan tetapi saya tidak bisa main bilyard, jadilah hanya sebagai penonton.

Meja Bilyard
(Foto atas Kebaikan Kartika D. Putriani)
Kolam Renang

Kolam Renang
(Foto atas Kebaikan Kartika D. Putriani)
Saya tertarik untuk mencoba berenang di Padjdjaran Resort, namun apa daya tidak bisa berenang. Fasilitas kolam renang juga tersedia di Padjadjaran Resort, namun pihak Padjadjaran Resort sepertinya perlu meng-upgrade luas kolam renang ini. Ukurannya mungkin kurang sesuai karena menurut saya terlalu kecil untuk ukuran resort dan convention hotel.

Pelayanan

Sebagai sebuah jasa yang menawarkan kenyamanan, pelayanan merupakan ujung tombak yang sangat diperhatikan oleh tamu. Selama saya berada di Padjadjaran Suites Resort hal ini menjadi perhatian saya, mulai dari check in ke kamar sampai check outTampaknya Padjadjaran Resort sudah menerapkan standar tertentu dalam hal pelayanan dengan tingkat kesopanan dan pelayanan yang baik. Mulai dari check in  pelayanan yang saya rasakan sangat baik. Pelayanan yang sangat baik tersebut menambah rasa nyaman ketika menginap dan melakukan meeting dengan beberapa teman.
Front Office Padjadjaran Suites Resort
(Foto atas Kebaikan Kartika D. Putriani)
Seperti telah saya sebutkan di atas suasana Sunda memang terasa sangat kental di Padjadjaran Resort ini. Saya rasa hal ini juga ikut berpengaruh kepada kenyamanan ketika saya menginap. Ketika pertama kali tiba di kamar dan menyalakan televisi, musik Sunda mengalun dengan merdu. Meskipun saya bukan orang Sunda, saya tidak bisa mengingkari hal ini sangat menarik bagi saya pribadi dan memberikan rasa nyaman. 

Kesimpulan

Bagi banyak orang, hotel yang nyaman adalah pilihan utama. Ketika berlibur dan menginap di sebuah hotel kemudian memperoleh pengalaman buruk, hal tersebut sudah seperti kiamat kecil karena yang ingin dicari ketika berlibur adalah rasa nyaman agar penat dan capek yang mendera selama ini hilang sama sekali. Oleh karena itu, hotel yang bisa memastikan standar pelayanan sangat baik untuk kenyamanan dan konsisten akan menjadi pilihan pengguna. 

Salah satu ruang meeting di Padjadjaran Suites Resort
(Foto atas Kebaikan Kartika D. Putriani)
Pengalaman saya ketika menginap di Padjadjaran Suites Resort memang tidak selamanya bisa dikatakan sangat baik. Namun demikian saya tetap merasakan sebuah nilai yang berbeda dibandingkan ketika menginap di hotel lain. Rasa nyaman dan pelayanan yang ramah adalah nilai lebih yang perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan oleh Padjadjaran Suites Resort. Suasana Sunda dan pandangan ke Gunung Salak merupakan nilai lebih lain yang membuat saya betah. Lokasi yang dekat dengan tempat bermain di kala liburan juga nilai plus yang menjadi pertimbangan saya untuk suatu waktu kembali lagi ke Padjadjaran Suites Resort.

Namun, dari sisi makanan, belum ada menu favorit di Padjadjaran Suites Resort yang menjadi ikon hotel. Mungkin perlu sebuah ikon makanan di Padjadjaran Resort yang mana nantinya bila makanan tersebut disebutkan akan berkorelasi positif dengan Padjadjaran Suites Resort. Selain itu, kolam renang yang berukuran kecil mungkin membuat orang menunda keinginan untuk berenang dan bersantai lama-lama di tepi kolam renang.

Pengalaman saya  menginap semalam di Padjadjaran Suites Resort mungkin belum sepenuhnya bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi tamu lain yang hendak menginap di Padjadjaran Resort. Namun dari pengalaman semalam itu bagi saya cukup berkesan dan menyenangkan. 

Tertarik untuk menginap di Padjadjaran Suites Resort and Convention Hotel? 

PADJADJARAN SUITES RESORT & CONVENTION HOTEL
Jl. Bogor Inner Ring Road Lot XIX C-2 No. 17 Bogor, 16132
West Java – Indonesia
Telp. +62 251 756 9000
Fax. +62 251 756 3822 | 
Email: reservation@padjadjaransuitesresort.com

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...