Tuesday, February 3, 2015

Google Kembali Sediakan Nexus 5 di Play Store

Nexus 5 (Android Police)
Konsumen di Amerika Serikat (bahkan mungkin di Indonesia) sepertinya belum sepenuhnya rela jika Nexus 5 hilang dari peredaran. Banyak dari mereka yang mengharapkan Nexus 5 tetap dijual dan tidak dihentikan produksinya meskipun Nexus 6 telah hadir. Ada beberapa alasan mengapa Nexus 5 tetap memiliki peminat yang sangat banyak, tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga di Indonesia.

Pertama adalah soal ukuran yang sudah sangat familiar bagi pengguna, yaitu sekitar 5 inchi. Ukuran 5 inchi ini merupakan ukuran smartphone yang paling baik menurut saya. Saya, karena ukuran telapak tangan kecil, memang hanya sanggup menggenggam smartphone selebar 5 inchi. Lebih dari itu saya sangat tidak suka untuk membelinya. Oleh karena Nexus 6 berukuran sangat jumbo, yaitu 6 inchi, pengguna keberatan untuk berpindah dan mereka lebih memilih untuk tetap menggunakan Nexus 5.

Kedua, Nexus 5 mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pengguna dan masih sangat bagus untuk dipakai dari sisi teknologi sehingga memiliki Nexus 5 menjadi menarik karena tidak berbeda jauh dari Nexus 6. Ketiga soal harga. Ini sangat penting karena Google mematok harga Nexus 5 sangat bersaing, yaitu 349,99 USD untuk versi 16 GB dan 399,99 untuk versi 32 GB.

Dengan alasan tersebut tentu sangat sayang jika Nexus 5 hilang begitu saja dan digantikan oleh Nexus 6 yang super jumbo ukurannya dan harganya jauh lebih mahal. Tampaknya Google cukup paham dengan minat pengguna tersebut sehingga mereka kembali menyediakan Nexus 5 di Play Store. Sayangnya, karena tersedia hanya di Play Store AS hanya konsumen AS yang mungkin bisa menikmati Nexus 5 tersebut.

Untuk konsumen di Indonesia yang masih berminat terhadap Nexus 5 mungkin stok barunya sudah sangat menipis. Beberapa hari ini saya cari-cari di Lazada, stoknya terus berkurang dan harganya sudah menjadi Rp6.800.000 untuk versi 16GB. 

Per hari ini saya kembali membuka Lazada dan BliBli untuk melihat ketersediaan Nexus 5. Hasilnya di kedua online shop tersebut Nexus 5 sudah out of stock. Bahkan di Lazada Nexus 5 sudah tidak muncul lagi di hasil pencarian. Ini artinya Nexus 5 kemungkinan besar memang sudah dihentikan penjualannya di Indonesia dan kalaupun ada mungkin hanya menghabiskan stok yang ada.

Tentunya konsumen AS sangat beruntung dengan tersedianya kembali Nexus 5. Namun biasanya, ketersediaan tersebut tidaklah lama. Biasanya paling lama satu atau dua hari stok Nexus 5 tersebut akan habis tanpa ada keterangan lebih lanjut untuk stok berikutnya.

Untuk mereka yang masih berminat dengan Nexus 5 mungkin hanya bisa membeli second hand. Untuk ini,  Google Nexus Community di Google Plus bisa menjadi tempat yang tepat untuk mecari Nexus 5 yang kondisnya masih sangat baik. Tentunya tidak ada informasi lebih lanjut apakah Google akan terus menjual Nexus 5 di Play Store. Namun saya memperkirakan, untuk memenuhi keinginan konsumen, paling tidak sampai dengan akhir kuartal pertama 2015 Google masih akan menyediakan Nexus 5 di Play Store.

Link:

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...