Friday, January 2, 2015

Xperia Z4 Dirilis Sony pada Ajang CES 2015?

Salah satu rumor tentang Sony Xperia Z4
Sony merupakan salah satu produsen smartphone Android yang terkenal berkat kualitas hardware mereka rata-rata di atas pemain lain. Kita bisa membuktikan hal ini dengan melihat beberapa smartphone Sony yang tidak hanya bagus di sisi desain tetapi juga hardware yang mumpuni seperti anti air, anti debu dan material yang digunakan juga bagus. Tidak mengherankan bila harga smartphone Sony terbilang cukup mahal.

Salah satu andalan Sony di pasar premium adalah Xperia seri Z yang saat ini sudah memasuki generasi ke-4 dengan Xperia Z3. Sony Xperia Z3 baru beberapa bulan berada di pasar. Pertama kali diumumkan di bulan September 2014 yang lalu dengan spesifikasi yang mumpuni seperti yang dicatat oleh GSM Arena

Meskipun baru beberapa bulan berada di pasar, Xperia Z3 tampaknya akan segera digantikan oleh Xperia Z4. Tanda akan segera dirilisnya Zperia Z4 terlihat beberapa hari yang lalu ketika Sony merilis sebuah video berdurasi 44 detik di YouTube. Video yang berjudul Welcome to the New World dipercaya merupakan semacam tanda akan dirilisnya Xperia Z4 di ajang CES tahun 2015 ini.

Video tersebut dapat ditonton berikut ini.


Xperia blog yang mencoba menganalisis video di atas mengatakan bahwa kemungkinan Sony akan merilis tablet atau smartphone berbasis Android Lollipop yang sangat tipis pada ajang CES, tepatnya pada tanggal 5 Januari 2015.

Slashgear memperkirakan Sony akan menanamkan New CMOS Sensor di Xperia Z4 nanti yang berarti always-on instant HDR. Sejauh ini saya belum lagi mengeksplorasi apa yang dimaksud dengan sensor baru yang akan ditanamkan oleh Sony di Xperia Z4 tersebut.

Pun sejauh ini saya belum melihat ada sebuah penjelasan yang valid tentang spesifikasi Sony Xperia Z4. Kalau melihat video di atas tentu akan banyak sekali kemungkinan yang muncul seperti apa nantinya spesifikasi Xperia Z4 tersebut dan bahkan mungkin video tersebut bisa saja untuk sebuah tablet baru Sony dengan kode sama Z4. 

Namun demikian Techradar memberikan sedikit insight seperti apa spesifikasi Xperia Z4 nanti, yaitu  layar 5.5-inch QHD 1440 x 2560, prosesor 64 bit 2.8GHz octa-core Snapdragon 810, RAM 4GB, Adreno 430 GPU, ROM 32GB ROM, Exmor RS CMOS sensor.

Rumor lain menyebutkan  Xperia Z4 akan memiliki layar  QHD display seluas 5.4 inchi, RAM 4GB namun dengan prosesor 32 bit Snapdragon 805. Kamera belakang berkekuatan  20.7 megapiksel seperti Z3  dan kamera depan berkekuatan 4.8MP megapiksel. Baterai Xperia Z4 tersebut berdaya 3420mAh.

Yang jelas, seperti kebiasaan Sony sebelumnya, mereka cenderung merilis generasi lanjutan dari seri flagship Z dalam waktu yang tidak begitu lama. Hal ini bisa kita lihat ketika Sony merilis Xperia Z3 dalam waktu yang tidak lama setelah Z2. 

Hal yang bisa dipastikan adalah Xperia Z4 akan lebih maju dibandingkan dengan Z3. Rilis video di atas (jika dipercayai) sebagai video  awal untuk Xperia Z4 bisa dijadikan patokan akan seperti apa Xperia Z4 nantinya.

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...