Thursday, January 29, 2015

Facebook Dominasi Aplikasi Paling Banyak Didownload 2014

Facebook tampaknya mulai menancapkan pengaruhnya dalam pasar iklan menantang Google. Laporan keuangan terbaru mereka menunjukkan bahwa sebagian besar pendapatan mereka berasal dari iklan mobile. Selain itu trend pengguna Facebook terus bertambah dibandingkan tahun lalu meskipun ada kekhawatiran para remaja tidak lagi menggunakan Facebook dan beralih ke Instagram (masih milik Facebook) atau SnapChat.

Hal yang melegakan bagi Facebook adalah terkait dengan akuisisi yang dilakukannya terhadap Instagram dan WhatsApp. Data dari analis aplikasi App Annie menunjukkan posisi aplikasi yang paling banyak didownload di seluruh dunia dikuasai oleh Facebook. App Annie mengumpulkan jumlah download aplikasi dari dua pasar aplikasi terbesar saat ini yaitu Google Play Store dan Apple App Store. Dari kedua pasar aplikasi tersebut aplikasi milik Facebook mendominasi posisi 1 sampai dengan 4 dengan urutan satu ditempati oleh Facebook Messenger, posisi kedua Facebook, posisi ketiga WhatsApp Messenger, dan posisi keampat Instagram. Bila kita lihat daftar tersebut sekian banyak pengguna smartphone dunia bergantung dari satu pemilik aplikasi yaitu Facebook. Tampaknya aplikasi sosial sudah mutlak dikuasai oleh Facebook.

Posisi kelima ditempati oleh Skype dari Microsoft, dan posisi selanjutnya berturut-turut adalah Clean Master, Viber, Line, Twitter, dan SnapChat. Namun dari sisi pendapatan, aplikasi LINE dari Jepang menempati posisi pertama. Aplikasi LINE sangat populer di kawasan Asia. Sementara aplikasi kembaran LINE, yaitu LINE Play berada di posisi ketiga dalam hal pendapatan.

Laporan App Annie juga menunjukkan game mana yang memperoleh download terbanyak di Android dan iOS. Candy Crush Saga menempati posisi pertama sebagai game yang paling banyak didownload sepanjang tahun 2014. Posisi berikutnya ditempati oleh Subway Surfers, My Talking Tom, Farm Heroes Saga, Clash of Clans, Pou, Despicable Me, Temple Run 2, Don't Tap The White Tile, dan Hill Climb Racing. Untuk pendapatan, game yang memperoleh pendapatan tertinggi adalah Clash of Clans meskipun dari sisi download jauh tertinggal dibandingkan Candy Crush Saga.

Bila dilihat di pasar Amerika Serikat, terdapat sedikit perbedaan dalam hal aplikasi paling banyak didownload sepanjang tahun 2014 baik di Play Store maunpun di App Store. Di pasar AS, Facebook Messenger masih menjadi aplikasi yang paling banyak didownload diikuti oleh Facebook dan Instagram, tetapi WhatsApp Messenger terlempar ke posisi 10. Posisinya digantikan oleh Pandora yang kemudian diikuti oleh SnapChat, Netflix, Skype, Kik Messenger, dan Spotify. Tampaknya di AS, WhatsApp tidak begitu digemari karena ada beberapa aplikasi lain yang lebih menarik seperti Pandora dan Spotify.

App Annie juga melaporkan bahwa Google Play kini sudah melewati App Store dalam jumlah download, yaitu 60% lebih banyak dibandingkan App Store, namun App Store masih lebih baik dalam pendapatan, yaitu 70% lebih banyak dibandingkan Play Store.

Sumber: App Annie via GigaOm

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...