Friday, October 31, 2014

Liquid Jade dan Liquid Z500, Smartphone 5 Inchi Terbaru dari Acer Indonesia

Bertempat di Emperica Bar and Lounge, Sudirman, hari Selasa yang lalu, Acer Indonesia merilis dua smartphone terbaru mereka untuk menambah fortofolio produk smartphone Acer yang beredar di pasar Indonesia. 

Dua smartphone terbaru tersebut adalah Liquid Jade dan Liquid Z500. Kedua smartphone terbaru ini memiliki layar 5 inchi HD berbasis Android Kitka 4.4.2. Liquid Jade merupakan smartphone elegan yang baru saja mendapatkan penghargaan internasional Good Design Award  memiliki desain setipis 7,5 mm dengan bobot 110 gram, sedangkan Acer Liquid Z500 smartphone tipis dengan layar berukuran 5 inchi HD IPS dibekali dengan performa terbaik di kelasnya berkat prosesor quad core, RAM 2GB  dan ROM 16GB.

Tentu yang sangat perlu dilirik adalah Liquid Jade yang memiliki desain sangat sophisticated karena dirancang untuk mereka yang fashionable. Desain Liquid Jade ini sangat kontras jika dibandingkan dengan desain smartphone Acer sebelumnya. Sudut-sudut yang membulat dan ketipisan yang elegan menandai pergeseran desain smartphone Acer ke tahap berikutnya yang lebih maju. Tentunya saya tak sabar untuk mencoba kedua smartphone terbaru Acer ini.

Berikut press release dari Acer Indonesia:

Jakarta, 28 Oktober 2014 - Bertepatan dengan bulan parade fesyen di Indonesia, Acer turut menjadi bagian dari perayaan tersebut dengan memperkenalkan jajaran smartphone terbarunya Liquid Jade dan Liquid Z500 untuk para fashionista. Bertepatan dengan itu Acer turut menggandeng Rinda Salmun -seorang desainer muda berbakat Indonesia yang tengah menanjak dengan prestasi yang telah diakui di dunia fesyen internasional - sebagai Face of Jade .

Menyadari kebutuhan pengguna gadget yang kian canggih di era PC+, Acer menghadirkan seri smartphone Liquid terbaru dengan keunggulan berupa desain yang tipis untuk para pecinta fashion. Liquid Jade, smartphone dengan desain yang sleek, tipis, dengan tampilan layar yang cerah dan dapat menunjang penampilan; sementara Liquid Z500, smartphone tipis dengan layar 5 inci bagi pengguna yang menginginkan smartphone dengan performa terbaik di kelasnya.

Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia, mengatakan, ”Kami senang dan bangga dapat menghadirkan dua smartphone terbaru yang dipersembahkan untuk kalangan fashionista di Indonesia, Acer Liquid Jade dan Liquid Z500. Liquid Jade, yang baru saja memenangkan ‘Good Design Award’ 2014 merupakan smartphone tipis, el e gan nan gaya untuk pengguna yang fashionable dan Liquid Z500, smartphone dengan desain tipis dan sleek dilengkapi layar 5 inci yang powerful dan memiliki kinerja terbaik di kelasnya. ” Herbet menambahkan, “Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Rinda Salmun, young rising Indonesian designer yang telah mengeksplorasi minat dan imajinasi dengan prestasi yang telah diakui di industri fesyen internasional.” Rinda merupakan sosok inspiratif yang telah mengeksplorasi minat, bakat, imajinasi tanpa batas, yang lebih dulu dikenal di pasar internasional, kemudian ia melebarkan sayapnya ke industri fesyen tanah air . Kesamaan semangat inilah yang sejalan dengan Acer.

Liquid Jade
Liquid Jade, smartphone yang memenangkan ‘Good Design Award’ 2014 merupakan gadget yang tepat untuk menemani aktivitas pengguna yang menginginkan model smartphone yang elegan dan dirancang dengan tingkat presisi tinggi. Liquid Jade dibuat dengan konstruksi casing curved yang tipis 7.5 mm dengan berat 110 gram - teringan di kelasnya. Liquid Jade memiliki sentuhan akhir stylish metallic pada casingnya sehingga memunculkan kesan elegan dan glamor.

Liquid Jade juga memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya dengan kejernihan layar 5-inci saat menikmati konten-konten multimedia pada layarnya. Layar Liquid Jade telah di lengkapi dengan teknologi IPS screen dan Zero Air Gap sehingga tampilan layar menjadi lebih baik dan lebih jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung. Liquid Jade juga melapisi layar tersebut dengan Corning Gorilla Glass 3 memberikan pengalaman visual yang optimal untuk penggunanya.  

Acer Liquid Jade dilengkapi dengan resolusi kamera belakang sebesar 13 MP, F/1.8, serta kamera depan 2 MP. Fitur Acer Bright Magic memberikan para pengguna Liquid Jade kemampuan foto optimal pada kondisi minim cahaya.

Liquid Z500
Liquid Z500, smartphone tipis dengan layar besar 5 i nci beresolusi HD dan teknologi IPS, dirancang untuk pengguna Android yang mencari performa terbaik untuk pengalaman multimedia maksimal. Didukung dengan kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 8MP dengan fitur Acer Bright Magic membantu pengguna dalam me ngabadikan objek dalam keadaan minim cahaya dengan hasil yang optimal.

Dengan prosesor quad-core 2 GB RAM, Liquid Z500 tidak akan menemui kendala yang berarti saat penggunanya menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan, membuatnya memiliki performa terbaik dikelasnya. Sementara, bagi pengguna yang memiliki koleksi file multimedia memiliki kenyamanan lebih untuk menyimpannya ke dalam Liquid Z500 karena dilengkapi dengan memori internal 16 GB yang cukup besar.

Harga dan ketersediaan
Smartphone Acer Liquid Jade dan Liquid Z500 tersedia di seluruh gerai handphone terkemuka, online store terkemuka dan pertama diluncurkan pada Indocomtech, pameran IT terbesar di Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober – 2 November 2014 di JCC Senayan Jakarta. Acer Indonesia ikut memeriahkan pameran Indocomtech dengan menggandeng Erafone sebagai mitra yang menjual smartphone Acer pada semua saluran distribusi yang dimiliki .
  • Harga untuk Liquid Jade Rp3.599.000, dapat diperoleh dalam pilihan warna essential white dan piano black , dengan penawaran khusus yaitu berupa cashback hingga Rp1.100.000
  • Harga untuk Liquid Z500 Rp2.099.000 , dapat diperoleh dalam pilihan titanium black dan sandy silver , dengan penawaran khusus berupa cashback sebesar Rp300.000



Wednesday, October 29, 2014

Review: Andromax V3S, Smartphone Selfie dari Smartfren

Pasar smartphone yang sedemikian banyak pemainnya saat ini, membuat konsumen bingung untuk menentukan smartphone apa yang akan dibeli. Namun, jika Anda seorang yang sensitif terhadap harga atau mencari value for money, Andromax V3S dari Smartfren bisa dimasukkan ke dalam daftar belanjaan Anda. Mengapa demikian?

Saya telah menggunakan Andromax V3S ini hampir dua minggu dan sempat dibawa jalan-jalan ke Jogja. Untuk ukuran smartphone menengah ke bawah, Andromax V3S ini sangat mampu melayani kebutuhan bersosial media, fotografi, bermain game, dan navigasi. Untuk lebih jelasnya ikuti review Andromax V3S berikut ini.

Whats in The Box:
1. Smartphone Andromax V3S
1. Buku Panduan
1. Kartu Garansi
1. Headphone
1. Charger + Kabel Data
1. Baterai
1. SIM Smartfren yang sudah terpasang
1. Paket Bonus Data 24 GB




























Bila melihat spesifikasi di atas bisa dikatakan bahwa Andromax V3S ini merupakan smartphone kelas menengah dengan fitur yang cukup baik. Dengan OS KitKat 4.4.2 Andromax V3S ini memberikan OS terkini yang tersedia bagi pengguna. Andromax V3S membawa ROM sebesar 8 GB yang bisa diekspansi dengan micro SD hingga 32GB. RAM yang diberikan adalah standar sebesar 1 GB.

Seperti biasa, tidak ada skin khusus yang dilekatkan oleh Smartfren di Andromax V3S jadi Andromax V3S ini mendekati seri Nexus. Namun demikian Smartfren mengikutsertakan sangat banyak aplikasi bawaan (yang meskipun dapat di-uninstall). Seperti biasa, hal pertama yang saya lakukan adalah menghapus berbagai aplikasi bawaan yang menurut saya tidak akan saya pakai, misalnya Bank Sinarmas, inbox dan banyak lainnya.

Ketika pertama kali menyalakan Andromax V3S perhatian saya tertuju kepada seberapa besar storage tersisa sebelum semua aplikasi bawaan dihapus. Dengan ROM yang hanya 8 GB, ruang kosong yang tersisa lebih dari 5,8 GB. Hal ini menggembirakan karena nantinya jika aplikasi bawaan dihapus tentu akan lebih besar lagi. Jadi Andromax V3S ini untuk beberapa saat sebelum Anda menambahkan lagu dan mengambil video serta aplikasi baru, sangat cukup ruang untuk melakukan hal tersebut. Bahkan sampai hari ini saya belum menambahkan micro SD card karena ruang kosong masih tersedia sekitar 2GB.



Beralih kepada RAM sebesar 1 GB. Untuk smartphone kelas menengah ukuran RAM 1 GB sudah sangat memadai. Saya percaya, bahwa besarnya RAM memengaruhi kinerja, namun kembali lagi kepada posisi smartphone itu sendiri. Dengan ROM 8 GB, RAM 1 GB sudah sangat memadai untuk smartphone kelas menengah. 

Tentunya saya mencoba menggunakan Andromax V3S dalam tugas multitasking. Ambil foto, upload ke media sosial Twitter dan Google Plus, main game Real Racing 3, Stig The Race dan kadang bernavigasi dengan Nokia Here, Sygic, Google Maps, dan Waze. Bisa dikatakan performa Andromax V3S sangat memadai. Selain itu  mendengarkan radio internet melalui aplikasi TuneIn. Suara yang dihasilkan juga jernih meskipun hal tersebut berpengaruh kepada kinerja baterai.

Prosesor Snapdragon quad core 1,2 Ghz sudah cukup baik untuk Andromax V3S ini. Berbagai aplikasi berjalan dengan baik. Lag tidak saya temukan ketika menjalankan aplikasi.

Desain dan Hardware
Beberapa orang yang saya temui, saya minta pendapatnya mengenai desain Andromax V3S ini. Sebanyak 5 orang mengatakan bahwa desainnya bagus, ada kesan mewah dengan adanya garis metal pada sisi kiri dan kanan smartphone.

Jika dilihat secara saksama, Andromax V3S ini memiliki desain dengan kesan premium meskipun sebenarnya berbahan plastik. Badan ponsel terlihat ramping dengan garis tepi layar yang sempit. Bila Anda pernah melihat bagian atas dan bawah smartphone Sony, Andromax V3S ini agak mirip dengan dengan potongan pada bagian atas atau bawah smartphone Sony. Andromax V3S ini berbentuk batang dengan sudut 90 derajat di bagian sudut-sudutnya. Badan ponsel ramping dengan tambahan garis metal di kiri dan kanan ponsel. Selama menggunakan Smartfren, saya baru kali ini cukup terkesima dengan desainnya. Desain dengan kesan premium ini sebenarnya jarang ditemukan pada vendor lokal lainnya. 

Namun demikian bagian belakang Andromax V3S ini sangat tipis. Jika Anda membukanya akan terasa sedemikian tipis. Bagian belakang atau penutup ini bisa dibuka dan dipasang dengan mudah.



Setelah dibuka bagian belakang Andromax V3S akan terlihat baterai, slot SIM dan slot Micro SD Card. Ketiganya berada segaris di depan baterai. Baterai Andromax V3S dapat dibuka dengan mudah. Untuk memasukkan SIM 3G dan tambahan memori, sebaiknya baterai dilepas terlebih dahulu.

Wednesday, October 22, 2014

Ada Yogurt untuk Kesehatan dan Yogrt untuk Pertemanan

Banyak orang yang ingin sehat sehingga mau mengonsumsi Yogurt. Yogurt sebagaimana Anda ketahui adalah susu masam atau susu fermentasi yang baik untuk kesehatan, terutama pencernaan. Namun jika ingin pertemanan sehat adakah yang seperti Yogurt? Artinya pertemanan itu baik untuk kesehatan?

Kecenderungan pengguna media sosial saat ini adalah suka menerima pertemanan dari siapa saja. Namun kemudian menyesal karena yang dijadikan teman tersebut, bukan teman seperti yang diharapkan. Selain itu, karena cenderung menerima pertemanan dari siapa saja, news feed sangat ramai dan membuat sibuk dan habis waktu hanya untuk berkomentar atau menanggapi status dari teman.

Pertemanan seperti yang banyak dilakukan pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter cenderung membuat pengguna terlalu terkuras waktu dan kecanduan dan kurang bermanfaat. Tambah lagi melihat banyak yang pamer membuat iri, cemburu atau malah kemudian memutuskan pertemanan. Hal ini tidak baik bagi kesehatan, terutama kesehatan emosi.

Nah untuk itu, pengguna media sosial membutuhkan jejaring sosial yang bisa menyaring teman, sebelum pertemanan dilakukan. Di sinilah pintu masuk sangat terbuka bagi Yogrt. Layaknya Yogurt yang baik untuk kesehatan, Yogrt berkeinginan sebagai media sosial yang baik untuk pertemanan. Benarkah demikian? 

Mendaftar di Yogrt
Hampir tidak ada kesulitan untuk mendaftar di Yogrt. Pengguna bisa menggunakan akun Facebook atau mendaftar langsung via email. Pertama kali mendaftar, saya menggunakan email (karena i am not on Facebook). Pengguna diwajibkan mengisi data pada bagian yang diwajibkan lalu kemudian setelah konfirmasi, Yogrt dapat langsung digunakan. Jangan lupa mengaktifkan penanda lokasi karena Yogrt berbasis lokasi.

Menurut pembuat aplikasi ini, Yogrt bisa mencari teman sesama pengguna dari jarak 10 km. Untuk itulah pentingnya penanda lokasi harus selalu aktif jika menggunakan Yogrt.

Menggunakan Yogrt
Setelah masuk ke Yogrt, tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari teman. Pemilihan pencarian teman dapat dilakukan berdasarkan filter jenis kelamin yang bisa dirinci lagi berdasarkan lokasi terdekat (nearest), most viewed, most liked, dan most active. Setelah itu tekan Apply dan akan ada hasil beberapa profi pengguna Yogrt sesuai kriteria yang diinginkan.

Pengguna dapat memilih-milih profil mana saja yang akan dijadikan teman dengan mengklik profil. Namun sebelum bisa berteman satu sama lain, terlebih dahulu ada ice breaking atau semacam pengenalan yang akan dijadikan pertimbangan oleh calon teman, apakah Anda akan diterima atau ditolak. Untuk melakukan hal ini klik lingkaran kecil di bawah profil yang akan dijadikan teman sehingga nantinya akan muncul beberapa permainan.

Ice breaking ini diwujudkan dalam bentuk permainan yang sangat mudah untuk dilakukan. Ada empat jenis permainan yang dapat dilakukan, yaitu Match 7 Yes/No, Match 7 Pick One, Teka Teki dan Tebak Kata. Pilih salah satu permainan, jawab yang sesuai setelah selesai akan dikirimkan ke calon teman secara otomatis. Seberapa banyak anda mengirimkan tantangan ke calon teman akan terlihat di bagian HistoryNantinya setelah mengirimkan banyak tantangan, tantangan yang diterima atau ditolak dapat dilihat di bagian History ini.  

Menurut Yogrt tantangan sebelum menjadi teman penting agar calon teman yang hendak dijadikan teman bisa dikenali terlebih dahulu, apakah cocok atau tidak. Cara ini tentu bagi sebagian orang mungkin menyulitkan, namun untuk pertemanan yang baik, pengenalan sebelum berteman yang lebih intim adalah hal yang disarankan.

Dari tantangan melalui permainan mudah tersebut, dapat dilihat apakah seseorang cocok untuk berteman dengan Anda atau apakah Anda cocok untuk berteman dengan satu pengguna tertentu. Namun bila sekali Anda sudah dijadikan teman dan saling me-love foto  profil akun anda dapat melakukan chatting satu sama lain dan saling berkomentar. Ini artinya Yogrt mengharuskan penggunanya untuk menyaring teman mereka. Berteman dengan orang yang kemungkinan cocok saja dan mengabaikan sisanya.

Secara ide, Yogrt memberikan cara baru untuk berteman. Jika selama ini ada kesan sembarangan dalam memilih teman, Yogrt membantu penggunanya menyeleksi teman yang cocok sehingga pertemanan tersebut bisa awet dan tidak menimbukan efek negatif seperti yang sering dialami pengguna Facebook.

Saya rasa ide menyeleksi teman tersebut adalah upaya yang patut diapresiasi. Dengan hanya berteman dengan orang yang cocok, anda mungkin bisa lebih intim dan bisa membagi hal-hal pribadi dengan lebih baik.

Namun demikian, ada kecenderungan pengguna media sosial selama ini sembarangan dalam melakukan pertemanan sehingga ketika ada jejaring sosial yang mengharuskan menyeleksi teman terlebih dahulu dinilai menyulitkan. Terlebih sebagai jejaring sosial baru, user base yang banyak adalah langkah awal yang penting. Namun jika pertemanan dibatasi kemungkinan user base-nya tidak akan bertambah dalam waktu cepat.

Misalnya, saya setelah seminggu menggunakan Yogrt, dari sekian banyak tantangan yang saya kirimkan, tak ada yang menerima tantangan tersebut. Bila banyak orang yang mengalami hal ini, tentu mereka berpikir terlalu sulit untuk memperoleh teman.

Selain itu, Yogrt belumlah sebuah aplikasi yang lengkap. Meskipun ada filter pencarian teman berdasarkan 4 kriteria detail, namun tidak ada fitur untuk mencari nama seseorang secara sembarangan yang mungkin saja sudah menggunakan Yogrt. Misalnya teman saya Anna, mungkin ia sudah menggunakan Yogrt, namun berdasarkan 4 kriteria pencarian yang dilakukan, tak satupun ia muncul di hasil pencarian. 

Kemudian perlu juga dipertanyakan sejauh mana privasi pengguna bisa dilihat oleh orang lain. Misalnya ketika saya berteman dengan seseorang, apakah hanya dia yang bisa melihat apa yang saya lakukan di Yogrt, misalnya chatting atau apakah pengguna Yogrt yang menjadi teman saya bisa melihat aktivitas chatting tersebut.

Selain itu, tidak ada pilihan untuk menghapus akun. Ini sangat penting karena ketika seseorang dengan mudah mendaftar ke Yogrt, ia juga seharusnya bisa dengan mudah untuk keluar atau menghapus akunnya. 

Perlu juga dipikirkan untuk menambah mini games yang kini hanya tersedia 4 jenis untuk ice breaking. Mungkin untuk mereka yang suka lucu-lucuan ada games lucu yang bisa dijadikan tantangan sehinga akan makin menarik.

Terakhir, aplikasi Yogrt baru tersedia untuk Android. Mungkin sekitar bulan November nanti pengguna iOS Apple dapat menikmatinya.

Sunday, October 19, 2014

Mi Fans Jakarta Meet Up Bersama Indosat dan Xiaomi Official Indonesia

Produsen smartphone asal China yang kini tengah populer, yaitu Xiaomi ternyata memiliki fans fanatik yang sangat banyak. Bila Anda sedikit mau melihat, di setiap negata di mana Xiaomi melakukan penjualan di sana, Xiaomi selalu memiliki fans fanatik yang bahkan mungkin sudah terbentuk sebelum Xiaomi datang secara resmi.

Begitupun di Indonesia di mana Xiaomi terbilang masih sangat baru, yaitu baru masuk secara resmi pada tanggal 4 September 2014 yang lalu. Namun, fans Xiaomi ternyata sudah sangat banyak dan bertempat di Whilte Town Coffee kemarin (18 Oktober) mereka mengadakan kopdar atau meet up.

Kopdar atau meet up ini merupakan yang pertama kali diadakan untuk para fans Xiaomi di Jakarta dan sekitarnya (mungkin Jabodetabek) karena ada beberapa peserta yang berasal dari Bogor dan Bekasi. Mereka, fans Xiaomi menyebut diri mereka sebagai Mi Fans JKT atau fans Xiaomi Jakarta.

Acara meet up Mi Fans JKT ini tentu tidak terlaksana dengan sendirinya. Ada dukungan dari Xiaomi Official Indonesia dan Indosat yang peduli dengan kegiatan berbagai komunitas termasuk para fans Xiaomi ini.

Acara dimulai dengan perkenalan dari Mas Bobby yang mewakili Xiaomi Official Indonesia. Mas Bobby membawa peserta meet up untuk melakukan tur digital ke kantor Xiaomi di Beijing. Peserta juga diberi kejutan sapaan selamat melakukan meet up dari Hugo Barra, tokoh sentral dari Xiaomi yang membawa Xiaomi melakukan ekspansi ke berbagai negara.

Layaknya acara meet up yang lain, acara Mi Fans Meet Up ini sangat santai dan akrab. Ada tip dan trik menggunakan MIUI dan porting MIUI ke device yang lain. Acara bertambah seru karena banyaknya hadiah yang diberikan oleh, baik Xiaomi maupun Indosat Mania. 

Bila kita lihat, fans Xiaomi yang kemarin hadir adalah mereka yang bisa dikatakan para pemakai pertama Xiaomi, entah itu Redmi Note, MI 3 atau MI 4. Bisa dikatakan mereka sudah sangat paham dengan kinerja MIUI dan sangat bangga menggunakan Xiaomi.

Hal ini merupakan sebuah keberhasilan dari cara Xiaomi melakukan marketing. Xiaomi ini dalam memasarkan handsetnya menciptakan hype yang sangat tinggi dengan melakukan flash sale secara online. Kemudian di setiap negara yang mereka masuki mereka memberikan perhatian sangat serius kepada fans atau pengguna Xiaomi. Mereka juga peduli dengan masukan para fans dan mau bekerja sama dengan mereka demi kemajuan Xiaomi. 

Acara meet up sangat seru. Indosat yang turut mendukung acara ini memberikan hadiah yang sangat banyak, mulai dari kartu perdana, pulsa isi ulang bahkan sebuah Redmi 1S. Dukungan dari Indosat ini sebuah hal yang patut disyukuri karena bagaimanapun sebuah komunitas membutuhkan dukungan.

Mas Lingga sebagai wakil dari Indosat ketika acara meet up menegaskan bahwa Indosat sangat akrab dengan berbagai komunitas, tidak hanya komunitas Mi Fans Jakarta. Komitmen mendukung komunitas ini bukan kali ini saja, tetapi sudah dari dulu Indosat melakukannya.

Indosat membentuk sebuah forum yang didirikan pada bulan September 2012 yang lalu dengan nama Forum ICITY. Di forum ini berkumpul semua pelanggan Indosat dalam berbagai komunitas, entah itu pengguna Android atau iOS, BlackBerry dan lainnya.

Forum ICITY ini sebagaimana dijelaskan oleh Mas Lingga adalah forum untuk solusi, ide, saling sapa, ngrobrol, bantuan, berbagi pengalaman dan dukungan dari Indosat. Komunitas yang ada di forum ICITY ini bisa meminta dukungan kepada Indosat untuk mem-back up kegiatan, tentunya dengan cara tertentu.

Tentunya adalah sangat menyenangkan bila komunitas didukung oleh entitas yang kuat seperti Indosat. Seperti yang diperoleh oleh Mi Fans Jakarta kemarin, dukungan Indosat terlihat dengan jelas sehingga acara tersebut bisa berlangsung dengan sukses. 

Tidak dipungkiri, bahwa hadiah adalah faktor yang cukup menarik di setiap acara meet up. Bahkan mungkin untuk melakukan meet up itu sendiri butuh dukungan pihak lain karena komunitas belum tentu bisa melakukannya sendiri. Di sinilah peran entitas yang kuat seperti Indosat. Mi Fans Jakarta tentunya bisa lega dan bersyukur karena dua entitas, yaitu Xiaomi Official Indonesia dan Indosat mendukung acara meet up mereka.

Tentu Mi Fans di kota-kota lain di Indonesia atau bahkan komunitas lain tentu bisa berharap, dukungan yang sama bisa mereka peroleh dari Indosat jika melakukan kegiatan, entah itu meet up atau kegiatan lain. 

Foto lengkap acara Mi Fans Meet Up dapat dilihat di slideshow berikut ini.


Tuesday, October 7, 2014

Taktik Microsoft, Lisensi Paten dan OS Windows

Berbicara tentang Windows Phone selalu menarik. Bukan saja karena posisinya yang marginal di pasar smartphone global, tetapi juga taktik apa yang sebenarnya dijalankan oleh Microsoft untuk membuat OS ketiga di pasar smartphone ini menarik bagi pengguna untuk menggunakan. Terlebih setelah tuntasnya akuisisi Nokia oleh Microsoft dan rencana dibuangnya brand Nokia di smartphone yang kemudian akan dirilis dan digantikan oleh Windows.

Sebenarnya cukup banyak referensi atau review yang mengatakan bahwa secara OS, Windows tidak kalah bagus dibandingkan dengan Android dan iOS. Saya mungkin setuju dengan pernyataan tersebut. Namun, secara kedalaman dalam pilihan aplikasi Windows Phone harus mengakui mereka masih tertinggal jauh.

Taktik yang dijalankan oleh Microsoft adalah berdiri dua kaki, yaitu menekan vendor Android dan Chrome dengan lisensi paten dan sekaligus merilis handset OS sendiri. Taktik ini sepertinya lebih difokuskan untuk memaksa Android keluar dari arena. Membuat vendor Android membayar untuk lisensi paten memaksa harga handset Android mahal dan memaksa mereka untuk merilis smartphone windows sekaligus mengeluarkan windows milik sendiri.

Namun sayangnya sejauh ini strategi ini tidak berjalan mulus. Kita mengetahui bahwa Microsoft saat ini bersengketa dengan Samsung terkait pembayaran royalti paten yang ditandatangani pada tahun 2011 yang lalu. Dalam data pengadilan, Samsung membayar lebih dari 1 miliar dollar AS  lisensi paten di tahun 2013 yang lalu. Ini jumlah yang sangat besar, jauh lebih besar dari bisnis windows phone.

Hal ini diperkuat oleh artikel Quartz. Jumlah 1 miliar dollar  royalti paten dari Samsung tersebut melebihi pendapatan operasional yang diperoleh Microsoft dari divisi Entertainment and Devices, (konsol Xbox, Kinect,  Xbox Live , dan Skype) yang berjumlah hanya 848 juta dollar AS. Itu baru dari satu vendor Android, belum dari HTC, LG dan masih banyak vendor Android lainnya yang menggunakan lebih dari 200 paten Microsoft. 

Horace Dediu @asymco dalam tweet-nya mengatakan:
Microsoft’s purchase of Nokia could have been entirely paid by Android IP royalties.
Sebagaimana diketahui bahwa Nokia dibeli oleh Microsoft senilai 7,2 miliar dollar tahun lalu dan deal sudah diselesaikan sekitar bulan April 2014. Melihat tweet Horace Dediu tersebut, saya percaya bahwa harga akuisisi Nokia sudah dibayar lunas oleh Microsoft dengan royalti yang diperoleh dari vendor Android.

Ini artinya pendapatan royalti dari Android sudah sangat besar. Microsoft tinggal menunggu pembayaran setiap tahun yang jumlahnya sangatlah besar. Akan tetapi hal ini belum membuat Microsoft puas. Mereka merilis OS sendiri sebagai senjata berikutnya untuk mengancam keberadaan Android yang sayangnya sejauh ini selalu gagal.

Taktik Microsoft ini tentu saja membuat beberapa vendor Android keberatan dan Samsung merilis keengganan mereka membayar lisensi paten terkait dengan akuisisi Nokia yang juga memiliki sangat banyak paten di bidang mobile. Samsung jelas khawatir akuisisi tersebut akan meningkatkan royalti paten yang harus mereka bayar. Ini adalah ancaman nyata bagi bisnis smartphone mereka yang kini tengah terpuruk.

Saya rasa taktik memaksa vendor Android untuk membayar paten ini berimbas kepada tidak menariknya OS Windows Phone bagi banyak vendor Android. Dengan membayar paten mereka sudah digerogoti oleh Microsoft sehingga merilis smartphone berbasis windows yang sulit laku hanya akan menambah beban.

Oleh karenanya, meskipun membuka lebar-lebar pintu bagi vendor yang ingin merilis smartphone Windows, tetap saja ada keengganan bagi vendor karena mereka kena dua kali. Hal ini membuat pasar windows tetap tidak beranjak di bawah 5% secara global.

Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...