Thursday, December 4, 2014

Oktober 2014, Android Terus Memimpin, iOS Apple Mendekat

Data penguasaan pasar terbaru yang dirilis oleh Kantar World Panel menjadi bukti sahih betapa bagusnya penjualan iPhone 6. Di negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia,  penguasaan pasar iOS naik menjadi menjadi 40%. Hal ini makin mendekatkan iOS ke pesaing mereka, yaitu Android di beberapa pasar seperti AS dan Inggris meskipun jaraknya masih terlalu lebar.

Kantar World Panel seperti biasa merilis data penguasaan pasar di beberapa pasar terkemukan dunia seperti Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, China, Australia, dan Jepang.

Di Jerman, per Oktober 2014 pasar masih dikuasai oleh Android dengan penguasaan pasar sebesar 74,9% turun sebesar 2,6% dibandingkan Oktober tahun lalu. iOS Apple justru  mengalami kenaikan hingga 3,1% dan menguasai 16,9%. Windows mengalami kenaikan tipis, sebesar 0,7% dengan penguasaan pasar 7%.

Di Inggris, iOS Apple mengalami peningkatan sangat pesat hingga 10,4% dibandingkan tahun lalu hingga mampu menguasai 39,5% pasar. Android mengalami penurunan sebesar 2,3% dan menikmati 52,3% pasar. Windows juga mengalami penurunan penguasaan pasar cukup besar, yaitu 4,3% dari 12% menjadi hanya 7,7%.

Di Amerika Serikat tampaknya iOS Apple dengan rilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tidak begitu berpengaruh karena Apple hanya memperoleh tambahan penguasaan pasar 0,7%, yaitu dari 40,8% menjadi 41,5%. 

Pasar Jepang merupakan pasar yang sangat menarik dan dikabarkan penjualan iPhone 6 dan iPhone Plus di sana juga cukup bagus. Namun jika dibandingkan dengan angka tahun lalu, iOS Apple justru mengalami penurunan yang cukup drastis dari pemimpin pasar yang menguasai 61,1% pasar kini tersisa hanya 48%. Ini artinya iOS Apple mengalami penurunan sebesar 13,1%. Di sisi lain, Android mengalami peningkatan penguasaan pasar di Jepang, yaitu dari 36,2% menjadi 48,1% dan berhasil mengalahkan iOS untuk menjadi pemimpin pasar Jepang.

Bila kita perhatikan, Android dan iOS terus mendominasi pasar dan makin mengukuhkan terjadinya duopoli di pasar smartphone. Windows dari Microsoft pada sebagian pasar yang diteliti oleh Kantar World Panel mengalami penurunan yang cukup siginifikan seperti di Inggris, Perancis, Italia, Amerika Serikat, dan China. Bahkan hampir di seluruh pasar yang diteliti oleh Kantar World Panel menunjukkan penguasaan pasar kurang dari 15%. Posisi Windows cenderung stagnan atau mengalami penurunan.

Duopoli Android dan iOS ini sepertinya akan terus berlangsung beberapa tahun ke depan mengingat Windows tidak menunjukkan perlawanan yang berarti dan keengganan beberapa produsen untuk menghasilkan smartphone berbasis Windows, seperti Huawei.

Sumber: Kantar World Panel

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...