Monday, December 8, 2014

Liquid Leap Fitness Tracker Untuk Hidup Sehat

Liquid Leap
Pertama kali melihat Liquid Leap pada akhir Oktober 2014 yang lalu. Waktu itu sempat memegang sebentar dan tidak sempat menanyakan kapan smartband (gelang pintar) tersebut akan dirilis Acer Indonesia untuk pasar Indonesia. Dan ternyata di akhir tahun 2014 (sekitar hampir dua bulan dari pertama kali saya lihat) Acer Indonesia resmi merilis gelang pintar mereka ke pasar. Gelang ini sebagaimana pada awalnya disebut Liquid Leap.

Bertempat di Double Bay (di samping) Taman Menteng, Acer Indonesia pada hari Sabtu yang lalu (6/12) merilis Liquid Leap untuk pasar Indonesia. Perangkat kecil minimalis ini cukup menarik karena berfungsi sebagai fitness tracker yang independen tidak tergantung kepada satu smartphone tertentu seperti kebanyakan wearable yang dirilis oleh produsen lainnya. Dengan independensinya tersebut, Liquid Leap diarahkan kepada tujuan yng lebih umum dan bisa digunakan siapa saja asal memiliki smartphone berbasis minimal Android Kitkat dan iPhone iOS 7 dan Bluetooth 4.0.

Spesifikasi Liquid Leap: 
Display : 1 inch OLED (128x32) touchscreen display
Waterproof csrtified: IPX7
Sensor: Accelerometer
Battery: Rechargeable (Non Replaceable)
Dimension: 243 x 17.3 x 9,9 mm
System Requirement: Android KitKat adn above, iOS 7 and above, Bluetooth 4.4, Acer Leap Manager (downloadable on PlayStore and AppStore)

Kalau melihat spesifikasi ini, gelang pintar Liquid Leap ini didesain minimalis dengan lebar hanya 17 milimeter dan layar OLED 1 inchi. Layar sentuh 1 inchi ini bisa menjadi navigator untuk berbagai aktivitas yang dilakukan seperti lari, jalan kaki, hiking, bahkan tidur. Sesuai dengan tujuannya, Liquid Leap didesain untuk men-track kegiatan apa pun yang dilakukan penggunanya, menampilkan notifikasi dari smartphone, menampilkan SMS (meskipun hanya nama pengirim dan dua baris pertama, dan sebagai kontrol musik.

Sebagaimana dipaparkan oleh Dimas Setyo, Product Specialist PT Acer Indonesia, Liquid memberikan ketahanan baterai hingga 7 hari. Dengan satu kali pengisian baterai, Liquid Leap akan merekam aktivitas pengguna termasuk jumlah langkah, jarak tempuh lari, kalori yang terbakar dan siklus tidur selama 24 jam 7 hari tanpa henti. 

Dengan menghubungkan Liquid Leap kepada smartphone melalui Leap Manager via Bluetooth, Liquid Leap akan memungkinkan pengguna terhubung dengan smartphone. Penerima bisa menerima notifikasi secara realtime melalui Liquid Leap.

Selain itu, Liquid Leap bisa memberikan kemudahan mengontrol lagu yang sedang dimainkan pada smartphone pengguna. Liquid Leap bisa memutar lagu, menghentkannya, memutar lagu berikutnya atau kembali ke track sebelumnya tanpa harus menyentuh layar smartphone.

Liquid Leap didesain tahan air hingga kedalam 1 meter selama 30 menit. Ini artinya Liquid Leap ini bisa dibawa untuk aktivitas air yang seperti berenang atau mandi. Itu artinya pada aktivitas basah  tersebut Liquid Leap masih bisa merekam kegiatan penggunanya. 

Hands On
Pada acara tersebut juga dilakukan hands on dengan melakukan berbagai kegiatan, terutama lari keliling Taman Menteng. Hands on dimulai dengan menghubungkan Liquid Leap ke Leap Manager yang telah di-download sebelumnya. Menghubungkan Liquid Leap dengan smartphone/leap manager sangat mudah dan tentunya Bluetooth harus dinyalakan terlebih dahulu.
Tampilan Leap Manager ketika dibuka

Leap akan menampilkan empat angka unik
Masukkan empat angka unik tersebut dan
Leap Manager akan tersambung dengan Liquid Leap
Setelah Liquid Leap tersambung dengan smartphone, Liquid Leap tersebut siap untuk dipakai ke mana pun pengguna pergi. Menariknya atau poin plus dari Liquid Leap ini ada pada universalitas pemakainnya yang tidak tergantung kepada smartphone atau software perangkat tertentu. Ini artinya jika Anda menggunakan iOS dan Android sekaligus keduanya bisa digunakan untuk memantau data kesehatan atau aktivitas yang anda lakukan sehari-hari.

Setelah Liquid Leap terpasang kegiatan apa pun bisa diukur, misalnya berlari keliling Taman Menteng seperti yang dilakukan Sabtu kemarin. Berapa jarak tempuh, berapa kalori yang dibakar akan ditampilkan  Liquip Leap ini.  Dalam hands on dilakukan berbagai kegiatan antara lain lari dan main bola. 

Tentu saja sebuah alat yang menarik plus tampilan Liquid Leap ini yang cukup bergaya dengan warna hitam yang bisa dipadupadankan dengan pakaian, baik untuk bekerja maupun untuk berolahraga.
Liquid Leap terpasang di tangan dan akan merekam kegiatan pengguna

Ketika bermain bola, Liquid Leap tetap dapat digunakan
Untuk hands on sambil olahraga renang tidak sempat dilakukan. Namun, demikian, Liquid Leap dapat dibawa mandi tanpa harus khawatir rusak karena sudah water proof (bukan water resistant).

Dari hands on yang hanya beberapa saat ini dilakukan, Liquid Leap ini cukup atraktif sebagai fitness tracker dan bikin penasaran untuk segera mencoba menggunakannya. Tampaknya tidak fully smart wearable dengan tujuan multi fungsi karena Liquid Leap tidak diberikan fungsi mengecek tekanan darah atau tool lainnya. Fungsi utama Liquid Leap adalah fitness tracker, penghubung dengan smartphone dan sekaligus pengendali smartphone pada beberapa keperluan serta bisa mengatur siklus tidur dengan memberikan notifikasi nada getar.

Akan tetapi tetap saja bagi yang suka gaya hidup sehat yang selama ini bergantung kepada berbagai aplikasi di smartphone  seperti Google Fit, Run Keeper dan lainnya tentu akan lebih mudah membawa Liquid Leap dibandingkan dengan membawa smartphone. Liquid Leap ini juga cukup keren untuk dijadikan asesoris pada pergelangan tangan. 

Tentunya hands on yang beberapa saat tersebut tidak akan memenuhi rasa penasaran bagaimana sebenarnya Liquid Leap bekerja untuk berbagai kegiatan, misalnya lari, fitness, Yoga, jalan kaki atau kegiatan lain yang ditujukan untuk membakar kalori. Semoga nanti akan ada full review yang bisa lebih menelaah sejauh mana kemampuan Liquid Leap ini.

Acer Indonesia mengatakan bahwa Liquid Leap ini sudah tersedia di Erafone tertentu. Untuk harga mungkin sebuah keunggulan tersendiri karena Acer hanya memberikan harga Rp999.000,00 dan bila konsumen membeli dalam masa promosi, tersedia opsi membeli Liquid Jade dengan Liquid Leap gratis. 

Nah tunggu apa lagi, dengan harga yang kurang dari satu juta rupiah, anda sudah dapat memperoleh sebuah fitness tracker yang keren dan canggih.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...