Wednesday, December 24, 2014

Beli Aplikasi di Google Play Tidak Repot Lagi Berkat Indosat Billing

Indosat Carrier Billing
Membeli aplikasi di Google Play  tidak pernah saya lakukan. Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut terjadi. Pertama saya tidak memiliki kartu kredit, kedua saya tampaknya belum butuh aplikasi berbayar, masih terasa enak menggunakan aplikasi gratisan, meskipun tentu saja terbatas dan disertai oleh iklan.

Alasan lain adalah bagi saya sepertinya operator di Indonesia kurang kreatif atau kurang memaksa Google untuk bekerja sama dengan mereka dengan sistem potong pulsa. Padahal sistem ini lumayan mudah untuk dilakukan karena pengguna tinggal membebankan pembelian aplikasi tersebut ke tagihan bulanan atau potong pulsa langsung bagi mereka yang menggunakan prepaid.

Sampai dengan awal Desember yang lalu, sebelum Indosat mengumumkan kerja sama mereka dengan Google, tidak ada satupun operator yang berhasil mengajak Google untuk bekerja sama. Operator sepertinya hanya mengumbar janji dan tak pernah merealisasikan janji tersebut.

Demikianlah pada tanggal 8 Desember yang lalu, Indosat secara resmi mengumumkan kerja sama mereka dengan Google. Dengan kerja sama ini, pelanggan Indosat dalam membeli aplikasi kini dapat menggunakan Indosat Billing. Nantinya bila membeli aplikasi, jumlah pembayaran akan ditagihkan ke tagihan bulanan bagi pelanggan paska bayar dan akan dipotong pulsa untuk pelanggan prabayar.

Kerja sama ini tentu sangat menarik. Kerja sama ini merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia sejauh ini karena operator lain belum melakukan hal yang sama dengan Google. Selain itu, kerja sama ini memberikan efek pengganda yang cukup besar terkait dengan aplikasi buatan anak Indonesia yang kini bisa mengadu untung di Google Play dengan memberikan harga tertentu dan bisa dibeli banyak pengguna karena sistem pembayaran yang lebih mudah. Nantinya karena kemudahan yang ditawarkan oleh Indosat Billing akan semakin banyak pengguna Android yang ingin membeli aplikasi. Selama ini salah satu faktor banyak pengguna tidak mau membeli aplikasi adalah tidak adanya kartu kredit sehingga Indosat Billing merupakan solusi cerdas yang patut disyukuri.

Namun tentunya, kerja sama ini tidak sekaligus bisa dinikmati semua pelanggan Indosat. Saya sendiri setelah tiga minggu terus-menerus mencoba membeli aplikasi, belum juga tersedia Indosat Billing dalam pilihan pembayaran. Namun kebanyakan teman saya sudah bisa menggunakannya, bahkan satu hari setelah adanya pengumuman resmi kerja sama tersebut. Ini artinya tinggal menunggu waktu saja.

Tentunya pengguna akan memilih metode pembayaran yang paling mudah dan paling sederhana. Saya percaya Indosat Billing punya masa depan yang cukup baik karena pengguna Indosat akan terdorong untuk menggunakannya dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit. Jadi kartu kredit sudah tidak diperlukan lagi.



Sambil menunggu adanya pilihan Indosat Billing dalam metode pembayaran di akun saya, ada baiknya saya ceritakan pengalaman teman dalam membeli aplikasi dengan metode pembayaran Indosat Billing ini.

Pertama sekali tentu saja masuk ke Google Play. Kemudian tentukan akan membeli apa, misalnya membeli buku. Kliklah buku yang akan dibeli seperti terlihat seperti ini.



Setelah terlihat apa yang akan dibeli selanjutnya klik BUY IDR 22,500. Nantinya setelah mengklik akan muncul metode pembayaran seperti terlihat di atas. Klik Enable Indosat Billing seperti gambar berikut ini.



 Setelah klik Enable Indosat Billing nantinya akan terbuka jendela baru seperti berikut ini.


Setelah itu akan muncul jendela untuk mengisi data. Isilah data dengan lengkap dan kemudian klik SAVE.


Isi dengan data yang lengkap sehingga nantinya akan dilanjutkan ke langkah berikutnya. 



Klik Acceptdan akan terbuka jendela berikutnya seperti di bawah ini. 



Setelah mengisikan password akun Google dan klik CONFIRM akan ada pemberitahuan berikut ini.



Dari cara yang diterangkan di atas, ternyata memang sederhana bukan? Setelah konfirmasi tentu saja aplikasi, buku, atau berlangganan koran atau majalah sudah bisa dinikmati.

Metode pembayaran dengan Indosat Billing tentu saja mudah dan sederhana. Dengan kelebihan tersebut, saya percaya akan makin banyak pengguna yang memanfaatkan metode seperti ini.

Sumber Gambar: Atas Kebaikan Mataharitimoer

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...