Wednesday, October 22, 2014

Ada Yogurt untuk Kesehatan dan Yogrt untuk Pertemanan

Banyak orang yang ingin sehat sehingga mau mengonsumsi Yogurt. Yogurt sebagaimana Anda ketahui adalah susu masam atau susu fermentasi yang baik untuk kesehatan, terutama pencernaan. Namun jika ingin pertemanan sehat adakah yang seperti Yogurt? Artinya pertemanan itu baik untuk kesehatan?

Kecenderungan pengguna media sosial saat ini adalah suka menerima pertemanan dari siapa saja. Namun kemudian menyesal karena yang dijadikan teman tersebut, bukan teman seperti yang diharapkan. Selain itu, karena cenderung menerima pertemanan dari siapa saja, news feed sangat ramai dan membuat sibuk dan habis waktu hanya untuk berkomentar atau menanggapi status dari teman.

Pertemanan seperti yang banyak dilakukan pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter cenderung membuat pengguna terlalu terkuras waktu dan kecanduan dan kurang bermanfaat. Tambah lagi melihat banyak yang pamer membuat iri, cemburu atau malah kemudian memutuskan pertemanan. Hal ini tidak baik bagi kesehatan, terutama kesehatan emosi.

Nah untuk itu, pengguna media sosial membutuhkan jejaring sosial yang bisa menyaring teman, sebelum pertemanan dilakukan. Di sinilah pintu masuk sangat terbuka bagi Yogrt. Layaknya Yogurt yang baik untuk kesehatan, Yogrt berkeinginan sebagai media sosial yang baik untuk pertemanan. Benarkah demikian? 

Mendaftar di Yogrt
Hampir tidak ada kesulitan untuk mendaftar di Yogrt. Pengguna bisa menggunakan akun Facebook atau mendaftar langsung via email. Pertama kali mendaftar, saya menggunakan email (karena i am not on Facebook). Pengguna diwajibkan mengisi data pada bagian yang diwajibkan lalu kemudian setelah konfirmasi, Yogrt dapat langsung digunakan. Jangan lupa mengaktifkan penanda lokasi karena Yogrt berbasis lokasi.

Menurut pembuat aplikasi ini, Yogrt bisa mencari teman sesama pengguna dari jarak 10 km. Untuk itulah pentingnya penanda lokasi harus selalu aktif jika menggunakan Yogrt.

Menggunakan Yogrt
Setelah masuk ke Yogrt, tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari teman. Pemilihan pencarian teman dapat dilakukan berdasarkan filter jenis kelamin yang bisa dirinci lagi berdasarkan lokasi terdekat (nearest), most viewed, most liked, dan most active. Setelah itu tekan Apply dan akan ada hasil beberapa profi pengguna Yogrt sesuai kriteria yang diinginkan.

Pengguna dapat memilih-milih profil mana saja yang akan dijadikan teman dengan mengklik profil. Namun sebelum bisa berteman satu sama lain, terlebih dahulu ada ice breaking atau semacam pengenalan yang akan dijadikan pertimbangan oleh calon teman, apakah Anda akan diterima atau ditolak. Untuk melakukan hal ini klik lingkaran kecil di bawah profil yang akan dijadikan teman sehingga nantinya akan muncul beberapa permainan.

Ice breaking ini diwujudkan dalam bentuk permainan yang sangat mudah untuk dilakukan. Ada empat jenis permainan yang dapat dilakukan, yaitu Match 7 Yes/No, Match 7 Pick One, Teka Teki dan Tebak Kata. Pilih salah satu permainan, jawab yang sesuai setelah selesai akan dikirimkan ke calon teman secara otomatis. Seberapa banyak anda mengirimkan tantangan ke calon teman akan terlihat di bagian HistoryNantinya setelah mengirimkan banyak tantangan, tantangan yang diterima atau ditolak dapat dilihat di bagian History ini.  

Menurut Yogrt tantangan sebelum menjadi teman penting agar calon teman yang hendak dijadikan teman bisa dikenali terlebih dahulu, apakah cocok atau tidak. Cara ini tentu bagi sebagian orang mungkin menyulitkan, namun untuk pertemanan yang baik, pengenalan sebelum berteman yang lebih intim adalah hal yang disarankan.

Dari tantangan melalui permainan mudah tersebut, dapat dilihat apakah seseorang cocok untuk berteman dengan Anda atau apakah Anda cocok untuk berteman dengan satu pengguna tertentu. Namun bila sekali Anda sudah dijadikan teman dan saling me-love foto  profil akun anda dapat melakukan chatting satu sama lain dan saling berkomentar. Ini artinya Yogrt mengharuskan penggunanya untuk menyaring teman mereka. Berteman dengan orang yang kemungkinan cocok saja dan mengabaikan sisanya.

Secara ide, Yogrt memberikan cara baru untuk berteman. Jika selama ini ada kesan sembarangan dalam memilih teman, Yogrt membantu penggunanya menyeleksi teman yang cocok sehingga pertemanan tersebut bisa awet dan tidak menimbukan efek negatif seperti yang sering dialami pengguna Facebook.

Saya rasa ide menyeleksi teman tersebut adalah upaya yang patut diapresiasi. Dengan hanya berteman dengan orang yang cocok, anda mungkin bisa lebih intim dan bisa membagi hal-hal pribadi dengan lebih baik.

Namun demikian, ada kecenderungan pengguna media sosial selama ini sembarangan dalam melakukan pertemanan sehingga ketika ada jejaring sosial yang mengharuskan menyeleksi teman terlebih dahulu dinilai menyulitkan. Terlebih sebagai jejaring sosial baru, user base yang banyak adalah langkah awal yang penting. Namun jika pertemanan dibatasi kemungkinan user base-nya tidak akan bertambah dalam waktu cepat.

Misalnya, saya setelah seminggu menggunakan Yogrt, dari sekian banyak tantangan yang saya kirimkan, tak ada yang menerima tantangan tersebut. Bila banyak orang yang mengalami hal ini, tentu mereka berpikir terlalu sulit untuk memperoleh teman.

Selain itu, Yogrt belumlah sebuah aplikasi yang lengkap. Meskipun ada filter pencarian teman berdasarkan 4 kriteria detail, namun tidak ada fitur untuk mencari nama seseorang secara sembarangan yang mungkin saja sudah menggunakan Yogrt. Misalnya teman saya Anna, mungkin ia sudah menggunakan Yogrt, namun berdasarkan 4 kriteria pencarian yang dilakukan, tak satupun ia muncul di hasil pencarian. 

Kemudian perlu juga dipertanyakan sejauh mana privasi pengguna bisa dilihat oleh orang lain. Misalnya ketika saya berteman dengan seseorang, apakah hanya dia yang bisa melihat apa yang saya lakukan di Yogrt, misalnya chatting atau apakah pengguna Yogrt yang menjadi teman saya bisa melihat aktivitas chatting tersebut.

Selain itu, tidak ada pilihan untuk menghapus akun. Ini sangat penting karena ketika seseorang dengan mudah mendaftar ke Yogrt, ia juga seharusnya bisa dengan mudah untuk keluar atau menghapus akunnya. 

Perlu juga dipikirkan untuk menambah mini games yang kini hanya tersedia 4 jenis untuk ice breaking. Mungkin untuk mereka yang suka lucu-lucuan ada games lucu yang bisa dijadikan tantangan sehinga akan makin menarik.

Terakhir, aplikasi Yogrt baru tersedia untuk Android. Mungkin sekitar bulan November nanti pengguna iOS Apple dapat menikmatinya.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...