Monday, August 18, 2014

Ikut Yuk, Dialog Nasional Tata Kelola Internet Indonesia

Agak terlambat untuk menuliskan hal ini karena hari Rabu besok tanggal 20 Agustus forum Dialog Tata Kelola Internet Indonesia berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta. Forum dialog ini mempertemukan pemangku kepentingan dalam tata kelola internet, yaitu  dari unsur pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan komunitas teknis. 

Para pemangku kepentingan majemuk tersebut akan berdialog mengenai tata kelola internet Indonesia. Tujuannya, menurut saya bukan untuk mencari satu kata sepakat, tetapi dialog yang egaliter untuk menentukan suatu kebersamaan sikap mengenai tata kelola internet Indonesia.

Di Indonesia, perlu adanya tata kelola Internet Indonesia yang dirumuskan bersama oleh pemangku kepentingan majemuk (multi-stakeholder), yaitu dari unsur pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan komunitas teknis. Harapannya, dengan semangat dialog yang kolaboratif, egaliter dan inklusif antarpemangku kepentingan, maka penyusunan, pelaksanaan dan pengawasan tata kelola Internet di Indonesia akan menjadi lebih baik ke depannya. Tata kelola Internet yang professional, transparan dan akuntabel akan dapat mendorong pemaksimalan potensi manfaat dan dampak positif Internet untuk masyarakat Indonesia, serta meminimalisir potensi kerugian dan dampak negatifnya.

Dari pengalaman, pengelolaan Internet yang sukses di beberapa negara di dunia, selalu melibatkan semua pemangku kepentingan, baik sebagai fasilitator, inisiator maupun motivator laju pertumbuhannya, yang disinkronkan dengan perencanaan strategi pembangunan bidang-bidang terkait lainnya. Oleh sebab itu, dalam rangka pengelolaan internet yang baik, diperlukan dibentuknya suatu organisasi nasional sebagai focal point pengelola yang mengendalikan dan memfasilitasi perkembangannya di tingkat nasional, pelaksanaan koordinasinya di tingkat regional maupun internasional.

Nah tentu saja peran serta semua pemangku kepentingan sangat diharapkan dalam dialog nasional tata kelola Internet Indonesia ini. Sampai dengan hari ini sudah cukup banyak peserta yang mendaftar untuk mengikuti acara dialog ini. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung bisa mendaftar secara online di tautan ini

Partisipasi aktif para pemangku kepentingan majemuk dalam tata kelola internet Indonesia tentu sangat diharapkan agar tidak ada suatu aturan di internet yang lahir yang berasal hanya dari satu pemangku kepentingan. Hal ini akan merusak semangat kebersamaan dalam mengelola internet Indonesia. Kita dapat mengambil contoh kasus, misalnya yang terbaru mengenai Peraturan Menteri Kominfo tentang Penanganan Situs Bermuatan Negatif yang hanya dilakukan secara sepihak dan menafikan saran dari pihak lain terutama organisasi masyarakat sipil.

Akibatnya aturan tersebut cenderung hanya memuaskan satu pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah yang diwakili oleh Menkominfo, sedangkan kepentingan pihak lain yang menyangkut kebebasan berpendapat online diabaikan. Lebih jauh lagi dasar yang digunakan untuk melakukan penanganan situs bermuatan negatif tersebut tidak akuntabel dan cenderung ilegal. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa pengabaian terhadap kepentingan pemangku kepentingan yang lain dalam tata kelola internet kontraproduktif. dan berujung sanggahan dan bahkan penolakan agar Permen tersebut dicabut.

Untuk itu, Anda perlu berpartisipasi dalam Dialog Nasional Tata Kelola Internet ini. Demi Internet Indonesia yang lebih baik di masa depan.


Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...