Friday, July 11, 2014

Review: ZTE Nubia Z5S Mini, Smartphone Tipis nan Menawan

ZTE Nubia Z5S Mini
Berbicara tentang smartphone Android tak ada habis-habisnya. Hampir setiap saat smartphone terbaru dirilis. Hal ini merupakan salah satu kelebihan Android yang diisi oleh banyak vendor. Bila kita lihat saat ini, puluhan vendor, dari yang besar seperti Samsung sampai vendor lokal seperti Cross ikut meramaikan pasar smartphone Android.

Di antara vendor Android tersebut terselip nama besar yang kurang bergema karena terlalu sibuk melayani vendor lain, yaitu ZTE. ZTE merupakan vendor besar Android, namun perangkat yang mereka buat diperuntukkan untuk vendor lain seperti Smartfren di Indonesia. Namun, kini berbekal kemampuan yang sangat lebih dari cukup mereka membuat brand mereka sendiri dengan nama Nubia.

Smartphone yang saya review kali ini merupakan sebuah smartphone flagship dari ZTE, yaitu Nubia Z5S Mini. Sebelum terlalu jauh, ada baiknya saya cantumkan spesifikasi penting Nubia Z5 S Mini terlebih dahulu.

* Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G Network HSDPA 
* SIM  Micro SIM
* Dimensi 134.8 x 65.8 x 7.6 mm (5.31 x 2.59 x 0.30 in)
* Berat 120 gram
* Tipe Layar IGZO capacitive touchscreen, 16M colors
* Ukuran Layar 720 x 1280 pixels, 4.7 inches (~312 ppi pixel density)
* Slot Kartu memori microSD up to 32 GB
* ROM 16 GB, RAM 2 GB
* Kamera Utama 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, Features Geo-tagging,        touch focus, face detection, panorama, HDR, Video 1080p@30fps
* Kamera Depan 5 MP
* OS Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean) (Tersedia Update KitKat)
* Chipset Qualcomm Snapdragon 600
* CPU Quad-core 1.7 GHz Krait 300
* Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
* Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
* GPS with A-GPS, GLONASS

Kalau dilihat dari spesifikasi tersebut, ZTE Nubia Z5S Mini memang merupakan sebuah smartphone andalan atau flagship dari ZTE. Namun bagaimana kemampuannya? Kita akan segera tahu dengan membaca review berikut ini.

1. Rancang Bangun yang Cantik
Sudah seminggu terakhir ini saya menggunakan ZTE Nubia Z5S Mini sebagai smartphone utama yang menemani keseharian saya, baik ketika bekerja maupun bermain. Satu hal yang saya lihat sangat bagus dari ZTE Nubia Z5S Mini ini adalah rancang bangunnya sangat cantik. Smartphone ini sangat tipis, ringan dan memiliki layar yang sangat bagus berteknologi IGZO. Jika anda belum kenal dengan IGZO bisa saya informasikan bahwa layar IGZO terdapat di iPad Air. Dengan teknologi IGZO dimungkinkan body smartphone/tablet menjadi sangat tipis. 

Jika dilihat sepintas, bentuk ZTE Nubia Z5S Mini ini mirip dengan iPhone seandainya iPhone memiliki layar yang sama besarnya. Bodinya memanjang ramping dengan bagian belakang berlapis plastik yang sedikit agak licin jika dipegang. Bagian belakang smartphone ini sangat mudah dibuka, jadi jika anda hendak mengganti SIM Card atau menambahkan memory card akan sangat mudah melakukannya. 

Baterai smartphone tidak bisa dipisahkan dari tubuh smartphone alias menyatu dengan smartphone. Hal ini menjadikan kerugian tersendiri ketika hendak mengganti baterai, namun menurut saya hal ini lebih baik karena pengguna akan terbiasa mengganti baterai dengan baterai asli, bukan yang aspal dengan cara membawanya ke pusat layanan ZTE.

Di bagian belakang ini terdapat kamera utama berkekuatan 13 MP. Pada bagian bawah terdapat speaker dan colokan untuk mengisi baterai. Bagian atas terdapat tombol on/off dan apad bagian kiri terdapat tombol volume. Foto dapat dilihat berikut ini.





Bagian layar depan seperti sudah dituliskan sebelumnya berteknologi IGZO. Layar seluas 4,7 inchi sangat cerah, namun tidak membuat mata cepat lelah. Kecerahan layar dapat diatur secara cepat dengan mengetuk bagian atas layar smartphone sehingga muncul shortcut pilihan kecerahan layar, mulai dari paling rendah, otomatis hingga paling terang.

Bagian depan ini terdapat speaker atas dan kamera depan beresolusi 5 MP dengan fitur AutoBeauty. Nantinya fitur AutoBeauty ini akan dibahas lebih jauh pada bagian kamera. Dengan kamera 5 MP Nubia Z5S Mini sangat cocok untuk yang suka selfie apalagi dengan tambahan fitur AutoBeauty.

2. Kinerja
Sebagai smartphone flagship tentu saja kinerja merupakan ukuran yang sangat penting untuk dilihat. Dalam lebih dari seminggu menggunakan ZTE Nubia Z5S Mini ini saya merasakan kinerja yang sangat baik. Hal ini terutama ditunjang oleh prosesor Quardcore 1,7 Ghz-nya yang cukup powerful dalam menjalankan multitasking. 

Sebagai orang yang technology minded, saya lebih mengarahkan penggunaam smartphone saya untuk selalu terhubung dengan banyak aplikasi news terutama soal teknologi. Berbagai aplikasi news saya pasang seperti Flipboard, Scoop, News 360 dan pastinya Playnews Stand. Membaca artikel dan membaginya ke berbagai media sosial seperti Twitter dan Google Plus merupakan hal yang rutin saya lakukan.

Saya juga pengguna Twitter yang sangat aktif. Ambil foto dan menguploadnya ke Twitter merupakan bagian keseharian yang saya lakukan di smartphone. Selain itu, membaca link-link berita yang dibagi teman-teman ke Twitter merupakan hal yang sangat saya sukai. Hal ini bisa dilakukan dengan sangat baik oleh Nubia Z5S Mini. 

Selain itu, tentunya menulis dan mengirimkan email, menggunakan Google Maps, bermain Games, dan nonton video di YouTube. Dalam menonton video YouTube sangat terbantu dengan layar Nubia Z5S Mini yang brilian. Layarnya sangat bagus sehingga ketika menonton video terasa sangat enak.

Tentunya fungsi multitasking merupakan fungsi yang penting dari sebuah smartphone. Menonton video, dan membaginya ke Twitter bisa dengan mudah dilakukan tanpa jeda. Layarnya cukup responsif dan enak sekali ketika mengetikkan huruf demi huruf. Sering saya membagi foto-foto bagus yang saya temukan di Google Plus ke Twitter. Perpindahan dari Google Plus ke Twitter lalu dari Twitter kembali ke Google Plus sangat nyaman. Kinerja Nubia Z5S Mini bisa saya berikan nilai 8 dalam rentang 1-10. Sangat responsif, bekerja cukup kuat dalam multitasking. 


3. Kamera
Saya kira hal yang paling positif dari Nubia Z5S Mini ada di sisi kamera, baik kamera belakang maupun kamera depannya. Kita akan mulai dengan kamera belakang yang berkekuatan 13 MP. 

Kamera belakang memiliki tiga opsi yang sangat menarik, yaitu Auto, Fun, dan Pro. Ketiga opsi ini dilengkapi ditur-fitur yang bisa membuat foto yang diambil semakin menarik. Dalam fitur Pro misalnya, kita bisa menentukan seberapa besar file foto yang akan dihasilkan. Fitur pro ini juga menyediakan fungsi HDR. Selain itu, tanpa harus banyak belajar, fitur Pro ini bisa membuat pengguna seolah-olah seorang fotografer Pro. 

Hasil bidikan dengan fitur Pro ini bisa dilihat pada foto-foto berikut ini yang kebanyakan merupakan foto HDR (High-dynamic-range).







Saya sangat terkesan dengan hasil foto bidikan kamera 13 MP dari Nubia Z5S Mini ini. 

Fitur Auto adalah fitur otomatis yang disediakan Nubia Z5S Mini ini. Jadi jika Anda ingin mengambil foto tinggal tekan tombol shutter di layar. Bagi saya fitur ini kurang menarik, jadi jarang saya gunakan.

Fitur Fun justru sangat menarik. Bila Anda menggunakan Instagram tentu akrab dengan efek-efek yang ditawarkannya. Pada Instagram foto diberikan efek setelah foto tersebut jadi atau diambil. Namun pada Nubia Z5S Mini ini berlaku sebaliknya. Untuk mendapatkan efek tertentu dalam sebuah foto Anda terlebih dahulu efek apa yang anda gunakan. Jadi efek yang akan ada di sebuah foto ditentukan sebelum pengambilan gambar. Hal ini cukup menarik menurut saya. Apalagi bagi pengguna yang tidak suka Instagram, mereka masih bisa menghasilkan efek bagus pada foto dengan menggunakan fitur Fun yang ada di Nubia Z5S Mini.

Secara garis besar ada 7 fitur penting dalam fitur Fun yang disediakan oleh Nubia Z5S Mini, yaitu Intervalo, Multi, Object, Trajector, video, Panorama dan Special. Dalam fitur Special inilah terdapat efek-efek yang menarik yang bisa disematkan kepada foto yang hendak diambil. Efek-efek tersebut adalah Lomo, Country, Bake, Warm, Select Color, Miniature, Nature, dan FishEye. Untuk mengambil foto dengan efek tertentu, tinggal ketuk efek yang diinginkan lalu ambil foto sehingga foto yang dihasilkan bisa memiliki efek tersebut.

Fitur-fitur seperti Intervalo, Object, Multi, Trajector, Video, Panorama dan Special juga patut dielaborasi lebih jauh karena memberikan beberapa hasil yang menarik. Fitur Object contohnya bisa digunakan untuk menghilangkan objek yang tidak dikehendaki dari sebuah foto. Misalnya ketika anda difoto ternyata ada orang lain yang lewat dibelakang Anda. Objek orang yang dibelakang Anda tersebut dapat dihilangkan dengan fitur Object ini. Foto berikut ini menggunakan beberapa efek yang disediakan dalam fitur Special.



Dari pemakaian yang saya lakukan, fitur kamera di Nubia Z5S Mini ini sangat menarik, baik kamera belakang maupun kamera depan. Saya harus akui bahwa saya tidak suka menggunakan kamera depan untuk melakukan Selfie. Namun kamera depan Nubia Z5S Mini ini telah mengubah kepercayaan saya tersebut. Pada dasarnya, saya bukanlah orang yang percaya diri untuk ber-Selfie. Namun dengan kamera depan Nubia Z5S Mini yang berkekuatan 5 megapiksel dan fitur AutoBeauty-nya membuat saya senang melakukan Selfie.

Fitur AutoBeauty yang ada di kamera depan Nubia Z5S Mini ini sangat membantu karena bisa membuat wajah begitu bersih. Jadi foto Selfie yang Anda mabil akan terlihat sangat mulus, bersih serta mampu menghilangkan titik-titik minyak yang ada di wajah. 

Saya percaya, banyak pengguna smartphone yang kurang percaya diri untuk ber-Selfie ria. Salah satu alasannya mungkin karena jerawat atau kulit wajah yang berminyak. Namun, dengan fitur AutoBeauty yang ada di Nubia Z5S Mini ini hal tersebut bukan lagi alasan. Foto Selfie yang dihasilkan dengan fitur AutoBeauty ini sangat bagus, Percaya nantinya Anda akan kecanduan untuk ber-Selfie ria setiap saat.

4. Baterai
Hal yang sangat saya khawatirkan dalam setiap membeli smartphone adalah daya tahan baterai. Terlebih kekuatan sinyal operator di Indonesia menurut saya rata-rata tidak baik. Masih sangat banyak ditemui blank spot, area dengan hanya maksimal 2G atau bahkan 3G, namun sulit sekali untuk melakukan koneksi. Hal ini menuntut kinerja baterai yang lebih besar sehingga daya tahan baterai menjadi pertimbangan penting ketika membeli smartphone.

Di Nubia Z5S Mini ini baterai terintegrasi dengan tubuh smartphone dan tidak bisa dilepas dengan mudah. Baterai berkekuatan 2.000 mAh. Untuk sebuah smartphone flagship baterai yang hanya 2.000 mAh ini terlalu kecil dan akan cepat sekali terkuras karena fitur yang ada di Nubia Z5S Mini yang sangat banyak.

Pengalaman saya dalam menggunakan Nubia Z5S Mini, baterai menunjukkan kinerja kurang maksimal. Dalam arti jika dalam rentang waktu tertentu anda terus-menerus menggunakanya, baterainya cepat habis. Dalam tes yang saya lakukan, dengan pemakaian normal, seperti email, media sosial, nonton YouTube, ambil foto, upload foto ke media sosial, dan bermain game, baterai menujukkan angka 15% dalam waktu 4-5 jam jika layar menggunakan pengaturan otomatis. 

Jika pengaturan layar diubah ke kondisi paling terang, saya rasa mungkin hanya berkisar maksimal 4 jam dan akan bertambah jika kecerahan layar sangat rendah. Setelah saya teliti, ternyata konsumsi layar terhadap baterai sangat besar, padahal secara teknologi layar IGZO semestinya lebih hemat baterai.

Persoalan baterai yang kurang mendukung ini tidak melulu karena kinerja baterai itu sendiri. Seperti saya uraikan, pengaruh sinyal operator cukup besar terhadap baterai. Untuk itu, sebaiknya baterai Nubia Z5S Mini ini lebih besar, mungkin sekitar 2.500-3.000 mAh. Dengan kapasitas yang lebih besar, tentu daya dukungnya lebih besar.

5. Smartphone for Everyone
Sesuai dengan tagline-nya, Nubia Z5S Mini adalah smartphone for everyone. Hal ini dibuktikan dengan kemudahan dalam pengoperasiannya. Pada Nubia Z5S Mini, semua aplikasi ditempatkan di depan. Jadi pada home page terdapat semua aplikasi. Penggunan tinggal menggeser-geser layar untuk memilih dan menggunakan aplikasi.

Pada bagian paling bawah terdapat satu baris aplikasi yang merupakan aplikasi utama yang akan berada di setiap layar, meskipun layar digeser-geser. Pendekatan ini membuat Nubia Z5S Mini sangat mudah digunakan.  Saya rasa tidak butuh waktu lama untuk dapat beradaptasi dengan baik ketika menggunakan Nubia Z5S Mini. Contohlah bila menggunakan fitur Fun pada kamera, semua pentunjuk penggunaan diberikan di layar, jadi bisa dengan mudah digunakan.

6. Harga
Harga yang dipatok ZTE untuk Nubia Z5S Mini ini sangat bersaing. Nubia Z5S Mini dibanderol dengan harga Rp3.999.000,00. Untuk smartphone flagship harga ini tergolong murah. Apalagi kelebihan yang ditawarkan cukup banyak di sisi kamera yang berkuatan 13 megapiksel dengan fitur Pro yang mungkin tidak ada pada smartphone lain. Tambahan lagi fitur AutoBeauty yang terdapat pada kamera depan berkekuatan 5 megapiksel merupakan bonus yang sangat penting. Bagi pengguna yang sangat senang ber-Selfie ria, Nubia Z5S Mini merupakan pilihan terbaik saat ini.

6. Kesimpulan
Dalam kesimpulan ini akan dirangkum kelebihan dan kekurangan dari Nubia Z5S Mini.
* Kelebihan
1. Ramping dan ringan, sangat pas di tangan, tidak terlalu kecil. tidak terlalu besar
2. Prosesor dan kinerja yang kencang
3. Kamera dan fitur-fiturnya yang sangat menawan
4. Harga bersaing

* Kekurangan
1. Bagian back cover (belakang) agak licin (slippery)
2. Daya tahan baterai 
3. Sistem operasi masih Jelly Bean

Berikut ini beberapa shortcut yang perlu diketahui.
Konsumsi Layar

Mengatur Kecerahan

Telungkupkan smartphone agar silent

Motion Answer

Menghindarkan tekanan yang tak sengaja ketika di saku

Motion dial

Guncangkan untuk mengganti lagu

Tiga jari untuk screen capture

Flash Light

Guncangkan untuk update

Storage

Demikian review Nubia Z5S Mini. Semoga bisa menjadi pertimbangan penting untuk membeli smartphone impian Anda.

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...