Monday, January 6, 2014

Apa Trend Teknologi di Tahun 2014?

Tahun 2014 baru berjalan beberapa hari, namun teknologi terutama d bidang gadget sudah berlari sangat kencang. Mulai tanggal 7 Januari ini, ada Consumer Electronics Show di Las Vegas sebagai ajang tahunan untuk melihat teknologi apa saja yang ditawarkan banyak perusahaan untuk tahun 2014.

Semestinyalah ajang CES bukan satu-satunya indikator tentang apa trend teknologi yang akan muncul dan banyak dipakai pengguna. Di tahun 2013 yang lalu, cukup banyak teknologi baru atau gadget baru yang mungkin akan menjadi trend di tahun 2014 ini. Salah satunya adalah Google Glass yang saya perkirakan akan memperlihatkan kemajuan signifikan, baik di bidang teknologinya, aplikasi yang kompatibel, maupun dari segi jumlah pemakai. Bukan sesuatu yang mengada-ada sebenarnya, dari jumlah pemakai Google telah memperlebar kesempatan untuk memiliki Google Glass dengan mengundang para pengguna Music All Access untuk membeli Google Glass. Dari segi aplikasi yang kompatibel, tentu akan semakin banyak developer yang berusaha membuat aplikasi untuk Google Glass. Sedangkan dari segi teknologi, saya rasa Google akan mengusahakan Google Glass makin ramah manusia dengan memberikan desain lensa dan bentuk Google Glass yang makin baik.

Di tahun 2013 yang lalu, Apple Inc. memperkenalkan iPhone 5S dengan prosesor 64 bit. Meskipun belum jelas benar apakah pengguna butuh sesuatu yang 64 bit, namun saya rasa akan makin banyak vendor yang mengikuti langkah Apple Inc. Vendor yang cukup kuat ingin merealisasikan prosesor 64 bit selain Apple Inc, tentu saja Samsung. Namun saya menyangsikan apakah pengguna cukup peduli dengan prosesor 64 ini apabila tidak banyak hal yang mereka rasakan manfaatnya secara nyata.

Di tahun 2013 yang lalu juga muncul gadget dengan dua sistem operasi yang berdampingan, umumnya dalam bentuk tablet, yaitu Android plus Windows. Asus merupakan salah satu vendor yang mencoba merilis gadget dengan spesifikasi OS kembar ini. Namun sejauh ini, gadget seperti ini tidak begitu terdengar, apakah cukup laku atau tidak. Saya rasa di tahun 2014 ini akan ada lagi gadget dengan OS kembar ini, namun saya meragukan konsumen cukup tertarik untuk membelinya. So, meski mungkin akan ada vendor yang mencoba membawa trend OS kembar ini, hal ini tidak akan begitu menarik bagi konsumen.

Perlu kita ketahui, melihat dari vendor yang memperkenalkan gadget baru mereka di CES, Android tampaknya semakin jadi pilihan dalam berbagai keperluan. Indikasinya adalah munculnya all in one pc berbasis Android dengan layar yang cukup lebar. Lenovo di ajang CES baru saja merilis Lenovo ThinkVision dengan layar 4k selebar 28 inchi berbasis Android KitKat. Layar kualitas 4k ini diperkirakan akan menjadi pilihan banyak vendor dan jika bisa diterima konsumen dengan harga wajar, bisa menjadi trend tersendiri di tahun 2014 ini, entah itu di smartphone, tablet maupun all in one pc.

Di laptop, tampakanya penurunan pengapalan PC desktop akan terus terjadi seiring dengan makin bergantungnya konsumen kepada perangkat mobile. Ini menjadi tantangan yang cukup berat bagi Microsoft dan Intel untuk segera lebih fokus ke mobile. Microsoft telah mencoba dengan merilis tablet Surface yang sudah memasuki generasi kedua. Namun tampaknya, di segi tablet ini iPad dan Android tablet masih akan melanjutkan trend positif di sepanjang tahun 2014. iPad meskipun pasarnya menunjukkan penurunan, sebenarnyalah tetap merupakan tablet pilihan nomor satu. Android merupakan pemimpin di pasar tablet, tetapi lebih kepada banyaknya vendor yang merilis tablet berbasis Android. Dari segi keuntungan, iPad tetap nomor satu dengan harga yang premium, sementara Android tablet akan terus menunjukkan trend positif. 

Bagaimana dengan Surface? Saya rasa, sebagaimana survei telah menunjukkan, segi hiburan di tablet merupakan fitur utama. iPad dan Android tablet telah menunjukkan bahwa mungkin hanya sebagian kecil dari pengguna yang menggunakan tablet mereka untuk menunjang pekerjaan. Hal ini berbeda dengan pendekatan Microsoft yang mencoba mengubah pengguna PC desktop/laptop untuk bekerja dengan tablet Surface. Tentu saja hal ini tidak akan berhasil. Oleh karena itu, trend negatif akan terus mengikuti perkembangan tablet Surface Microsoft, sampai muncul suatu solusi berdasarkan perilaku pengguna yang bisa menggiring pengguna untuk beralih ke Surface. Namun saya pun meragukan hal tersebut, sepanjang iPad masih sangat bagus dalam hal pengalaman pengguna.

Microsoft juga memperoleh tantangan yang cukup berat dari laptop berbasis Chrome Google. Di tahun 2013 yang lalu, selama penjualan diwaktu liburan, Amazon mencatat 2 dari 3 laptop paling laku adalah berbasis Chrome. Di tahun 2013 juga makin banyak vendor yang mencoba peruntungan di laptop berbasis Chrome, seperti Samsung, Acer, dan HP. Tampaknya tahun 2014 ini merupakan kesempatan bagi Chrome untuk lebih menekan Microsoft. 

Saya perkirakan, jika makin banyak pasar yang menyediakan laptop berbasis Chrome, bukan tak mungkin konsumen akan beralih ke Chrome dan meninggalkan latop berbasis Windows. Di tahun 2014 ini, trend laptop Chrome saya perkirakan akan meningkat. Syaratnya harus masuk ke pasar-pasar potensial seperti Indonesia atau China. Saya sendiri menginginkan laptop berbasis Chrome karena Windows bukanlah pilihan saya, sementara Linux tidak familiar. Selain itu harganya yang sangat terjangkau merupakan alasan yang lain yang membuat saya ingin membeli laptop berbasis Chrome dari Google.

Tentunya akan masih banyak trend teknologi yang akan muncul di tahun 2014. Apple Inc. dan Google tampaknya akan tetap memimpin trend teknologi tersebut, sementara Microsoft mencoba konsolidasi dan berubah fokus ke mobile lebih dari yang sudah-sudah. Perlu juga diketahui, mobil juga akan jadi bidang rebutan Apple Inc. dan Google. Android dan iOS akan berperang untuk melayani perusahaan pembuat mobil semacam Audi, BMW, Mercedes, Honda, Toyota, dalam menyediakan entertainment di mobil yang terintegrasi dengan smartphone berbasis Android dan iOS.

Tahun 2014 ini akan semakin asyik nantinya dengan munculnya trend baru di bidang teknologi. Mari kita nantikan dan ikuti.

Baru: Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502VM Silver Futuristik

ASUS ROG STRIX GL502VM Memasuki kuartal ketiga di tahun 2017, ASUS kembali menghadirkan produk baru di segmen laptop khusus untuk gamin...