Tuesday, August 27, 2013

SnapChat Digemari Pengguna iPhone di Amerika Serikat

Aplikasi yang banyak digemari remaja karena mampu mengirimkan gambar yang bisa terhapus secara otomatis setelah beberapa detik, Snapchat, ternyata cukup digemari pengguna iPhone di Amerika Serikat. Dalam kategori All Categories, Snapchat menduduki posisi 9 dengan penguasaan pasar 18,6% per bulan Juni 2013 yang lalu. Posisi Snapchat ini lebih baik dari Google Search yang hanya berada di posisi 12 dengan penguasaan pasar 17,3%. Data tersebut baru-baru ini dirilis oleh perusahaan analitis aplikasi Onavo. Snapchat juga makin dekat dengan aplikasi media sosial lainnya seperti Twitter yang berada di posisi 6 dengan penguasaan pasar 26,7%. Ini menunjukkan pertumbuhan bagus Snapchat di iPhone.

Beberapa waktu yang lalu, Snapchat mengemuka karena menawarkan kemampuan menghapus foto sekian detik setelah dikirimkan. Karena kemampuannya ini, banyak remaja yang menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan foto mereka yang kurang layak untuk dilihat publik. Kemampuan Snapchat ini kemudian difotokopi oleh Facebook dengan merilis Poke, namun sejauh ini tidak seberhasil Snapchat.

Tentunya hal ini menjadi bukti bahwa aplikasiSnapchat cukup populer bagi pengguna iPhone di Amerika Serikat. Bila data ini dikombinasikan dengan pengguna iPhone di negara lain, mungkin kita bisa melihat lebih jauh kepopuleran aplikasi Snapchat.

Dalam laporan Onavo juga merinci pengusaan pasar berbagai aplikasi lainnya. Facebook tetap sebagai aplikasi dengan pangsa pasar tertinggi, yaitu 72,5% diikuti oleh YouTube 48,8%, Instagram  36,6% dan Google Maps 34,5%.  Cukup aneh juga melihat posisi Google Search yang hanya berada di posisi 12 dengan penguasaan pasar 17,3%.

Sumber: Onavo

Monday, August 26, 2013

Cara Ambil Foto dengan Fitur PhotoSphere

Bila anda pengguna smartphone Nexus 4 dari Google, fitur Photo Sphere yang ada di smartphone tersebut merupakan sebuah fitur baru yang layak anda dalami. Dengan Photo Sphere anda bisa mengambil foto panorama 360 derajat. Namun belum banyak pengguna yang benar-benar cukup ahli dalam menggunakan fitur ini. Selain dengan Nexus 4, fitur Photo Sphere bisa juga anda install di perangkat Android lainnya, minimal Jelly Bean 4.2. Tentunya harus melalui file APK.

Untuk bisa menggunakan fitur Photo Sphere ini memang butuh sedikit keahlian. Untungnya Google memberikan cukup banyak petunjuk cara menggunakan fitur tersebut. Melalui sebuah forum diskusi, seorang Googler memberikan tips bagaimana mengambil foto dengan fitur Photo Sphere, yaitu sebagai berikut.
1. Pegang ponsel secara vertikal.
2. Usahakan ponsel sangat dekat dengan tubuh anda, taruh di sekitar wajah.
3. Jika ingin lebih bagus, berputarlah di sekitar ponsel anda, dengan posisi ponsel tak berubah.

Setelah mengambil foto panorama ala Photo Sphere anda bisa membaginya terutama ke Google Plus karena di Google Plus foto tersebut dapat dilihat sesuai dengan fitur Photo Sphere.

Tidak cukup hanya di Google Plus, Google baru saja merilis sebuah situs bagi mereka yang ingin foto Photo Sphere  mereka disubmit ke Google Maps. Nama situs tersebut adalah View. Di situs ini foto ala Photo Sphere yang anda buat bisa disubmit ke Google Maps dengan hanya login menggunakan akun Google Plus.
Bagi anda yang tertarik bisa mengunjungi View di link ini. Anda juga bisa menonton video YouTube di link ini.

BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...