Saturday, October 12, 2013

Google Play Siapkan Aplikasi Khusus Tablet Android

Apa yang paling menjengkelkan ketika memiliki tablet Android? Aplikasi khusus tablet yang miskin dibandingkan dengan aplikasi yang ada di App Store untuk iPad. 

Sebagai pengguna tablet Android, saya kesal karena hanya tersedia sedikit aplikasi yang benar-benar ditujukan untuk tablet. Di Google Play, jika kita browsing dari tablet, tidak ditemukan suatu kanal khusus yang langsung bisa dinikmati untuk mengunduh aplikasi yang cocok dengan ukuran tablet. 

Memang harus diakui bahwa kini ada satu juta aplikasi ada di Google Play. Namun 99% aplikasi tersebut ditujukan untuk smartphone dan Phablet. Kalaupun ada aplikasi yang ditujukan untuk tablet, namun bercampur dan tak terklasifikasi sehingga sulit untuk menemukannya. Hal ini membuat tablet Android menjadi anak tiri dan seperti kurang diperhatikan padahal kini ada sekitar 70 juta tablet Android yang beredar di pasar dan jumlahnya terus meningkat.

Hal yang lebih aneh lagi adalah, aplikasi bagus seperti Twitter juga tidak menyediakan aplikasi khusus untuk tablet. Meskipun dirumorkan sedang mempersiapkan aplikasi khusus tablet, namun diberitakan aplikasi itu khusus untuk Tablet Samsung berlayar 10 inchi.

Masalah-masalah di atas membuat pengalaman menggunakan tablet Android berkurang dan tidak sebaik iPad. Padahal jangka waktu penggunaan tablet sebenarnya lebih lama dibandingkan dengan smartphone karena layarnya yang lebih besar dan pengguna cenderung lebih mau bekerja di tablet dibandingkan dengan smartphone.

Untuk mengatasi hal ini, Google telah mengumumkan sebuah langkah baru kepada pengembang aplikasi di Google Play. Dalam rilis resminya, Google mengatakan bahwa mulai tanggal 21 November 2013 nanti, pengguna yang berkunjung ke Google Play akan langsung (by default) menemukan kanal Designed for Tablets

On November 21, the Play Store will make a series of changes so it’s even easier for tablet users to find those apps that are best for their devices. First, by default, users browsing Google Play on a tablet will now see apps and games that are designed for tablets on the top lists (Top Paid, Top Free, Top Grossing, Top New Paid, Top New Free, and Trending). Tablet users will still be able to switch the view so they can see all apps or games if they choose. Also starting November 21, apps and games that do not meet the “designed for tablets” criteria will be marked as “designed for phones” for users who browse the Play Store on tablets.

Kanal Designed fo Tablets berisi aplikasi-aplikasi yang khusus didesain untuk tablet sehingga akan memudahkan pengguna untuk membeli dan mendownload aplikasi tersebut. Bersamaan dengan hal itu, Google juga mengimbau para pengembang untuk fokus membuat aplikasi untuk tablet Android dengan memperhatikan beberapa Quality Checklist agar aplikasi tersebut memiliki kegunaan yang tinggi bagi para pengguna tablet.

Saya kira langkah ini sesuatu yang sangat bagus. Tablet Android secara over all kini sudah melampaui iPad dari Apple. Sangat disayangkan jika aplikasi yang cocok untuk tablet masih sedikit dan tidak terklasifikasi dengan baik. Dengan langkah ini, Google menunjukkan kepada para pengembang bahwa tablet Android kini sudah semakin banyak dan pengembang memiliki kesempatan yang sangat bagus untuk melakukan monetisasi dan memperoleh banyak pendapatan dari aplikasi yang didesain khusus untuk tablet.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...