Tuesday, October 8, 2013

Dua Minggu Menjelang Forum Tata Kelola Internet (IGF 2013) di Bali

Dua minggu dari sekarang (saat blog ini dipublikasikan) akan berlangsung sebuah forum yang sangat besar di Bali, yaitu Forum Tata Kelola Internet (Internet Governance Forum, IGF 2013). Forum Tata Kelola Internet merupakan acara reguler yang berada di bawah naungan PBB. Tentunya acara ini sebuah acara yang sangat penting dan membahas isu-isu seputar tata kelola internet. 

Pelaksanaan Forum Tata Kelola Internet ini berlangsung dari tanggal 22 Oktober - 25 Oktober 2013 di Nusa Dua Bali. Sehari sebelumnya ada acara Pre Event. Nah kira-kira apa saja yang akan dibahas di Forum Tata Kelola Internet di Bali?

Perlu kita lihat tema besar acara IGF 2013 di Bali ini, yaitu
Building Bridges – Enhancing Multi-stakeholder Cooperation for Growth and Sustainable Development.
IGF 2013 ingin menjadi jembatan kerja sama multi stakeholder untuk pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan. Di Forum ini, baik pemerintah dari berbagai negara, pihak swasta, masyarakat sipil, akademisi, perusahaan besar semacam Google dan Facebook duduk dan berdebat demi menghasilkan sesuatu yang bisa dijadikan patokan tata kelola internet.

Ada beberapa subtema lain yang membangun tema besar tersebut, yaitu

1. Access and Diversity - Internet as an engine for growth and sustainable development
2. Openness - Human rights, freedom of expression and the free flow of information on the Internet
3. Security - Legal and other Frameworks: Spam, Hacking and Cyber-crime
4. Enhanced Cooperation
5. Principles of Multi - Stakeholder Cooperation
6. Internet Governance Principles

Semua tema yang dibahas sangat terkait dengan kegiatan sehari-hari pengguna internet. Untuk itu tentu butuh keterlibatan pengguna internet dari berbagai kalangan, terutama peserta dari Indonesia karena bertindah sebagai tuan rumah. Keterlibatan ini sangat penting agar forum Tata Kelola Internet 2013 memberikan sesuatu yang positif bagi aktivitas berinternet di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.

Panitia IGF 2013 di Bali pun membuka kesempatan untuk terlibat di Forum Tata Kelola Internet ini. Anda bisa mendaftar untuk ikut acara ini secara gratis. Gratis dalam arti acaranya, anda tak perlu membayar untuk bisa berdiskusi dan berdebat dengan pejabat negara lain atau perusahaan besar seperti Google atau Facebook. Kedudukan semua peserta sama tanpa dibedakan sehingga akan sangat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari acara ini.

Untuk bisa mengikuti Forum Tata Kelola Internet ini, sebelumnya anda harus mendaftar di link http://www.intgovforum.org/cms/igf-2013-registration   Pendaftarannya sangat mudah dan anda akan diberikan konfirmasi setelah pendaftaran anda diterima. Bagi yang bermukim di Bali, tentunya tak butuh biaya besar untuk terlibat di Forum Tata Kelola Internet ini.

Forum Tata Kelola Internet ini merupakan kesempatan besar bagi Indonesia untuk memperkenalkan lebih  jauh tata kelola internet di Indonesia. Indonesia harus bisa mengambil sebanyak-banyaknya manfaat dari forum ini. Indonesia harus bisa memasukkan banyak hal tentang berbagai isu seputar kebebasan berekspresi di internet agar diketahui dan disetujui peserta atau negara lain.

Keterlibatan multi stakeholder di acara ini sangat penting karena internet bukanlah milik satu negara atau perusahaan seperti Google dan Facebook. Internet haruslah jauh dari penguasaan pihak-pihak yang memiliki kepentingan sehingga bisa menjadi katalisator penting dan mampu mendorong pertumbuhan dan menegakkan hak asasi manusia.

Sebagai pengelola blog ini, saya turut menyempatkan diri untuk hadir di Acara Forum Tata Kelola Internet ini. Semoga nanti kita bisa bertemu dan berdiskusi di sela-sela acara. Sampai jumpa nanti di Bali.

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...