Thursday, September 12, 2013

Teman di Facebook Sebabkan Kegagalan Pengajuan Kredit

Dengan siapa saja anda berteman di Facebook. Adakah di antara teman di jalur pertemanan anda yang menunggak cicilan bank? Hati-hati, bisa saja teman anda yang menunggak tersebut memengaruhi skor kredit anda sehingga anda kesulitan memperoleh pinjaman dari bank.

CNN melaporkan beberapa perusahaan yang bergerak dalam bisnis pinjaman keuangan telah menemukan bahwa hubungan sosial dapat menjadi indikator yang baik untuk skor kredit seseorang.

Salah satu perusahaan tersebut, Lenddo, bisa menentukan apakah Anda berteman di Facebook (FB) dengan seseorang yang terlambat membayar kembali pinjaman dari Lenddo sebagai indikator skor kredit. Jika teman anda telat membayar pinjaman dari Lenddo, berarti hal tersebut kabar buruk bagi Anda. Bahkan akan lebih buruk lagi  jika teman yang menunggak tersebut sangat sering berinteraksi dengan anda di Facebook.

Ini artinya pemberi pinjaman beranggapan orang yang berinteraksi dengan anda setidaknya akan mampu memengaruhi anda, termasuk dalam hal membayar kembali pinjaman. Jika anda berteman dengan orang yang suka menunggak pinjaman, dikhawatirkan jika memperoleh kredit, anda akan ikut-ikutan menunggak pembayaran.

Meskipun penerapan hal ini belumlah terlalu luas dan hanya perusahaan pemberi pinjaman tertentu yang melakukannya, ada baiknya anda harus pilih-pilih teman di Facebook. Setidaknya pengaruh teman di Facebook dianggap cukup besar dalam berbagai hal, seperti keputusan untuk membeli barang tertentu. Rekomendasi teman di Facebook menjadi pertimbangan dalam melakukan pembelian.

Demikian pula sebaliknya. Teman anda di Facebook yang rajin menunggak pembayaran pinjaman dikhawatirkan akan ikut memengaruhi anda jika anda menerima pinjaman sehingga anda lebih sulit untuk memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan.

Sumber:  CNN via Slate

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...