Thursday, September 12, 2013

Facebook Didenda 20 Juta Dollar AS

Keputusan final telah dibuat oleh pengadilan di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu. Keputusan tersebut mengharuskan Facebook mengeluarkan uang 20 juta dollar AS karena kalah dalam class actionClass Action tersebut terkait dengan kasus sponsored stories yang terjadi di tahun 2011 yang lalu.

Perlu diketahui, pada tahun 2011 yang lalu lima orang penggugat mengajukan class action atas fitur sponsored stories di Facebook. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi LIKE terhadap pengiklan tertentu dengan teman-teman di jaringan pertemanan mereka. Misalnya jika anda melakukan LIKE terhadap page McDonald, maka LIKE anda, nama anda dan profil anda akan muncul di news feed teman anda. Hal ini terjadi tanpa sepengetahuan pengguna dan tidak ada tombol yang memungkinkan pengguna keluar dari fitur ini.

Tentu saja hal ini menguntungkan bagi Facebook dan pengiklan, namun menjadi masalah privasi bagi pengguna. Ada kesan Facebook memanfaatkan penggunanya untuk untuk memperoleh manfaat finansial. Tambahan lagi pengguna yang masuk ke dalam fitur Sponsored Stories ini tidak dibayar oleh Facebook untuk menciptakan spread terhadap pengiklan.

Lima orang penggugat tersebut dimenangkan oleh pengadilan. Keputusan pengadilan adalah mengharuskan Facebook membayar 20 juta dollar AS dan berjanji memberikan kontrol kepada pengguna atas apa yang mereka bagi. Perinciannya, 9 juta dollar untuk 614 ribu pengguna yang terlibat di sponsored stories dan selebihnya untuk pengacara dan organisasi seperti seperti Electronic Frontier Foundation.

Sumber: The Next Web, Gigaom, dan Reuters

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...