Tuesday, September 10, 2013

Facebook dan Proyek Akses Internet internet.org

Mark Zuckerberg, CEO Facebook mengumumkan proyek pemberian akses internet bagi sebagian besar penduduk yang belum tersentuh oleh koneksi internet beberapa waktu yang lalu. Melalui rilis di Facebook, Mark Zuckerberg yang didukung oleh konsorsium yang terdiri dari Samsung, Qualcomm, MediaTek dan Ericsson mengungkapkan keinganannya agar dua per tiga penduduk bumi yang belum tersentuh koneksi internet bisa menikmati internet.

Menurut Zuckerberg, hanya 2,7 miliar orang di bumi yang bisa menikmati koneksi internet. Ini artinya, hanya sepertiga dari penduduk bumi. Tujuan internet.org ini adalah untuk memberikan akses internet ke dua per tiga penduduk bumi yang belum tersentuh internet tersebut dan membawa kesempatan yang sama dengan sepertiga penduduk bumi lainnya.

Cara yang ditempuh agar dua pertiga penduduk bumi yang belum terkoneksi internet tersebut terkoneksi dengan internet adalah sebagai berikut.
1. Membuat akses yang terjangkau.  Mitra dalam internet.org akan berkolaborasi untuk mengembangkan dan mengadopsi teknologi yang membuat konektivitas mobile lebih terjangkau dan menurunkan biaya pengiriman data di seluruh dunia.
2. Menggunakan data yang lebih efisien. Mitra dalam internet.org akan berinvestasi di device yang secara dramatis mengurangi jumlah data yang diperlukan untuk menggunakan sebagian besar aplikasi dan pengalaman internet.
3. Membantu bisnis mengembangkan akses internet. Mitra dalam internet.org akan mendukung pengembangan model bisnis baru yang berkelanjutan dan layanan yang membuat lebih mudah bagi orang untuk mengakses internet. Termasuk pengujian model baru yang menyelaraskan insentif bagi operator seluler, produsen perangkat, pengembang dan usaha lain untuk menyediakan akses yang lebih terjangkau daripada sebelumnya.

Proyek ini jika diteliti lebih jauh penekanannya di negara sedang berkembang yang kesulitan untuk memperoleh akses internet. Mark Zuckerberg tentu berharap dengan makin banyak pengguna internet, media sosial Facebook miliknya bisa mendapatkan traffic lebih banyak yang pada akhirnya akan berdampak pada pendapatan Facebook.

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...