Wednesday, June 12, 2013

Aplikasi Traffic Mapping Waze Tambahan Bagus Bagi Google

Akhirnya, Google merampungkan pembelian aplikasi traffic Mapping Waze di angka 1,1 miliar dollar (sebagian ada yang menyebut 1 miliar dollar saja). Dalam blog resminya, semalam Google menyampaikan rampungnya pembelia Waze yang seperti terkatung-katung beberapa pekan terakhir.

Pada mulanya, perusahaan favorit yang bisa membeli Waze adalah Facebook. Facebook dikabarkan menawar Waze juga di angka 1 miliar dollar. Namun Facebook menginginkan karyawan Waze pindah ke Silicon Valley untuk bergabung dengan Facebook. Dikabarkan juga Facebook bisa memblok pihak lain karena menawar terlebih dahulu.

Tampaknya Waze tidak ingin pindah dari markasnya saat ini. Aplikasi social maps ini berbasis di Israel dan sudah cukup lama berdiri, yaitu hampir 6 tahun. Oleh karena negosiasi dengan Facebook mandeg, Google  masuk dan menawar Waze. Banyak pihak skeptis Google bisa membeli Waze karena ada Microsoft yang memiliki saham di Waze. Apalagi Facebook telah terlebih dahulu melakukan penawaran. Google menawar Waze di angka kurang lebih sama dengan Facebook dan mereka lebih fleksibel dengan membiarkan karyawan Waze untuk tetap berada di Israel. Apalagi Google punya kantor di Israel, hal ini mempermudah negosiasi.

Google membuktikan bahwa mereka cukup serius untuk membeli Waze. Dua hari yang lalu, sebuah harian di Israel mengabarkan bahwa Google dan Waze sudah hampir pada kata final pembelian Waze di angka 1,3 miliar dollar. Kabar tersebut ternyata menjadi kenyataan dua hari kemudian dengan konfirmasi Google.

Bila kita lihat, angka 1,1miliar dollar bukanlah angka yang kecil untuk sebuah aplikasi. Dulu Instagram dibeli Facebook senilai 1 miliar dollar (sebelum penyesuaian). Kira-kira apa yang diharapkan Google dari Waze karena pada dasarnya Google Maps sudah sangat superior. Dan lagi mungkin timbul kekhawatiran terkait aturan antitrust karena pemain di Maps sangat sedikit. 

Google dalam blognya mengatakan akan membiarkan Waze sementara ini tetap independen. Mereka diberikan kebebasan untuk terus memperbaiki produk dengan kolaborasi Google. Di masa depan Google berharap Waze bisa berkontribusi dan dimasukkan ke Google Maps dan mesin pencarian.

Saya rasa Waze merupakan tambahan bagus bagi Google. Dengan Waze produk Google Maps akan makin bernilai dan makin sulit disaingi oleh pemain lain. Kelebihan Waze yang memperoleh data dari 50 (28 juta aktif) juta pengguna yang terdaftar saat ini adalah kontribusi penggunanya dalam berbagi traffic. Saya sendiri menggunakan Waze dan saya rasa aplikasi ini cukup bagus dan detail.

The Verge memberikan alasan mengapa Waze merupakan aplikasi yang cukup berharga bagi Google.
 Waze also uses crowdsourcing to add context that many other mapping applications don't have. Drivers can upload information about traffic accidents, construction, gas prices, and detours, adding photos and flagging problem spots on the map to alert other drivers. The app also lets users see when their friends are driving to a common destination.
Intinya Waze adalah aplikasi user generated content yang bagus dengan menyediakan teknologi tepat bagi pengguna. Pengguna dapat melaporkan berbagai hal yang mereka alami di jalan dan berbagi informasi tersebut dengan teman mereka di media sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Hampir tidak ada aplikasi lain serupa Waze yang fokus di maps dan menggabungkannya dengan media sosial. 


Baru: Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502VM Silver Futuristik

ASUS ROG STRIX GL502VM Memasuki kuartal ketiga di tahun 2017, ASUS kembali menghadirkan produk baru di segmen laptop khusus untuk gamin...