Friday, June 7, 2013

Acer Liquid E2 Smartphone Kelas Menengah Canggih dari Acer

Acer meramaikan pasar smartphone Indonesia dengan merilis smartphone seri Liquid E2 di Plaza Senayan pada hari Rabu tanggal 5 Juni yang lalu. Dalam peluncuran  yang diikuti oleh President Director Acer Indonesia, Mr. Jason Lim, Acer menjanjikan kinerja Liquid E2 tidak kalah, bahkan bisa mengungguli  beberapa smartphone sekelasnya yang telah ada di pasar. Patut dipuji, Acer yang bekerja sama dengan MediaTek bisa menghadirkan sebuah smartphone Quad Core yang bisa dikatakan murah, hanya sekitar 2,499 juta.

Dalam Press Release yang saya terima, Acer Liquid E2 merupakan smartphone quad core Acer pertama yang menggunakan prosesor MT6589 berkekuatan 1,2 GHz. RAM nya sebesar 1 GB dan ROM nya 4 GB yang bisa diekspansi hingga 32 GB. Acer Liquid E2 hadir dengan dukungan dual SIM Card. Baterai yang ada di Acer Liquid E2 berkekuatan 2.000 mAH menjanjikan talk time 9 jam dan masa stand by sebesar 450 jam.

Fitur lain yang sangat penting adalah kamera. Acer membenamkan kamera belakang sebesar 8 megapiksel Auto Focus pada Acer Liquid E2 dengan fitur zero shutter delay. Fitur ini memungkinkan pengambilan foto 10/20/40/99 dengan satu kali pengambilan. Menariknya Liquid E2 menawarkan 9 fitur lain di kameranya yang selama ini hanya ada pada smartphone high end. Fitur tersebut adalah Normal Mode, High Dynamic Range, Beauty Mode, Panorama Mode, Multiangle View, Autoscene, Smile Detection, Best Shot dan Exposure. Sedangkan kamera depan Acer Liquid E2  berkekuatan 2 megapiksel.

Layar qHD seluas 4,5 inchi yang terdapat di Acer Liquid E2 memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik. Menonton film dan bermain game akan lebih menyenangkan dengan layar smartphone Acer Liquid E2 yang lebih lebar dibandingkan smartphone sekelasnya seperti Galaxy Ace 2 dan HTC Desire V.

Acer Liquid E2 menggunakan Android Jelly Bean dengan UI Android Default. Ini artinya tidak ada skin seperti Sense yang terdapat di HTC atau Touchwiz yang ada di smartphone Samsung. Dengan demikian, anda bisa merasakan pengalaman menggunakan seri smartphone Nexus dari Google karena UI nya Android default.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Acer adalah kecanggihan sistem suara DTS. Kualitas suara yang dihasilkan Acer Liquid E2 luar biasa jernih dengan dukungan DTS Sound. Acer Liquid E2 menjanjikan jangkauan suara yang lebih luas, lebih jelas dan jernih serta natural. Ini tentu sangat bermanfaat sekali ketika mendengarkan musik atau menonton film.

Ketika saya merasakan langsung, Acer Liquid E2 memang enak dipegang. Pas di tangan dan tidak berat, hanya 140 gram. Layarnya cerah dan perpindahan antar layar ke layar berjalan dengan mulus.Bagian belakang atau back cover Liquid E2 terbuat dari plastik. Bagian atas back cover terdapat speaker yang cukup besar, lalu kamera. Di bagian bawah back cover terdapat lagi satu speaker besar. Kalau melihat desain speaker yang besar ini jadi ingat ponsel branded lokal. Namun tentu Acer punya alasan sendiri menggunakan dua speaker besar tersebut.


Dengan harga Liquid E2 yang sebesar 2,499 juta rupiah, sebenarnya Acer cukup berani karena akan bersaing dengan Samsung Galaxy Ace 2 dan HTC Desire V yang sudah memiliki nama di pasar. Saya rasa harganya mungkin bisa lebih murah lagi agar Acer bisa lebih mudah masuk ke pasar dan dibeli konsumen. Namun bila melihat fitur yang diberikan yang berada di atas para pesaingnya tersebut, harga Acer Liquid E2 cukup pantas.

Berikut ini beberapa foto dari Acer Liquid E2, enjoy!
Antutu Benchmark Acer Liquid E2

Acer menyediakan ROM 4 GB yang bisa diekspansi maksimal 32 GB

Back Cover Acer Liquid E2 dengan dua speaker besar

Layar qHD 4,5 inchi Acer Liquid E2

Jason Lim, President Director Acer Indonesia
memperkenalkan Liquid E2

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...