Thursday, March 21, 2013

Google Keep Aplikasi Taking Note Penantang Evernote

Setelah beberapa kali muncul rumornya, akhirnya aplikasi Google Keep secara resmi diluncurkan Google. Aplikasi untuk membuat catatan ini merupakan aplikasi kesekian kalinya yang mencoba peruntungan di ranah note yang sudah dikuasai oleh Evernote. Seperti saya tulis sebelumnya, Evernote merupakan aplikasi untuk membuat catatan, contekan, ide, atau apa pun mulai dari daftar belanja, jadwal  dan lainnya yang sangat laku dan memiliki pengguna yang banyak. Kesuksesan Evernote diganjar dengan Editor Choices Apps yang diberikan Google Play kepadanya.

Bisa dikatakan Evernote merupakan aplikasi taking note paling populer. Dengan fungsi yang banyak, cara kerja sederhana dan kelebihan lainnya, Evernote mampu mengalahkan banyak aplikasi serupa. Namun dengan lahirnya Google Keep, akahkah Evernote bisa ditandingi?

Pertama sekali, pagi ini seketika saya mengetahui bahwa Google Keep sudah dirilis, saya langsung menginstall aplikasi ini. Aplikasi ini cukup ringan, hanya 1,5 MB dan kompatibel dengan Android Ice Cream Sandwich atau yang di atasnya. Setelah di instal saya coba untuk membuat sedikit note, seperti terlihat di gambar berikut ini.

Seketika akan menempelkan gambar, ternyata aplikasi ini langsung ke kamera (atau saya yang belum begitu bisa menggunakan). Artinya Aplikasi ini (belum) bisa mengakses galeri foto yang telah kita ambil sebelumnya. Bagusnya, note yang sudah kita buat bisa diedit via Google Drive di dekstop. Ini artinya aplikasi ini terintegrasi dengan Google Drive.

Bila kita telusuri lebih jauh, saya rasa Google memang makin fokus membuat aplikasi-aplikasi baru yang lebih terintegrasi dan fokus utamanya adalah mobile.  Dalam rilisnya di Google Play, Google menyebutkan beberapa fungsi penting Google Keep, yaitu sebagai berikut.
• Keep track of your thoughts via notes, lists and photos
• Have voice notes transcribed automatically
• Use homescreen widgets to capture thoughts quickly
• Color-code your notes to help find them later
• Swipe to archive things you no longer need
• Turn a note into a checklist by adding checkboxes
• Use your notes from anywhere - they are safely stored in the cloud and available on the web at http://drive.google.com/keep
Dengan fungsi yang cukup banyak dan terintegrasi secara cloud, saya rasa Google Keep memberikan hal yang berbeda dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Sayangnya, aplikasi ini sangat banyak pesaingnya dan terutama tentu saja dari Evernote. Kita tunggu saja, apakah Google Keep bisa menyaingi Evernote

Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...